Mengenal Masa Kehamilan

by Ummi on December 30, 2013

Setelah menemukan tanda awal kehamilan dan kamu dinyatakan positif hamil, baik berkat alat tes kehamilan atau petunjuk dokter ahli, hal yang perlu kamu ketahui adalah perubahan pada bentuk fisik pada masa kehamilan. Hal yang paling jelas kentara perubahannya adalah membesarnya ukuran rahim, yakni sekitar 1 cm setiap minggunya. Ukuran rahim yang normal adalah sebesar buah alpukat yang pipih dengan berat antara 30-50 gram. Selain itu payudara juga akan membesar karena memproduksi air susu. Secara umum, masa kehamilan dibagi menjadi tiga tahapan triwulan atau yang biasa disebut dengan trimester kehamilan. Berikut adalah beberapa perubahan yang terjadi pada ibu hamil di setiap tahapannya:

Mengenal tahap-tahap kehamilan

  • Trimester pertama kehamilan

Masa ini dimulai pada usia 1 hingga 13 minggu pertama masa kehamilan. Pada tahap ini, perubahan fisik yang mungkin terjadi adalah menurunnya berat badan. Hal itu disebabkan oleh adanya gangguan kesehatan berupa rasa pusing, mual, bahkan muntah. Nah, keluhan-keluhan ini tentunya akan memengaruhi pola makan. Untuk mengatasinya, disarankan untuk mengkonsumsi makanan dengan porsi kecil, tetapi dengan intensitas sering. Makanan tersebut juga harus memiliki kandungan protein, zat besi, dan kalsium yang tinggi. Di samping itu, sebaiknya beristirahat yang cukup agar tubuh tetap kuat dan fit. Payudara juga akan mulai mengalami pembesaran. Untuk itu, pilih bra yang khusus untuk ibu hamil dan menyusui dengan ukuran satu nomor di atas ukuran bra sewaktu belum hamil.

  • Trimester kedua kehamilan

Tahap ini berlangsung dari minggu ke-14 hingga minggu ke-26. Ogan-organ janin akan mulai matang pada trimester ini, oleh karenanya perut bumil akan terlihat mulai membesar. Pada masa ini, biasanya bumil sudah tidak mengalami mual dan muntah lagi, sehingga pola makan tidak lagi terganggu. Jadi, tidak heran jika pada masa ini berat badan bumil mulai mencapai setengah dari total kenaikan berat.

Pada trimester kedua akan terjadi perubahan pada kulit dan rambut. Kulit wajah bumil akan berubah menjadi cokelat kekuningan atau disebut dengan istilah kloasma. Keluhan seperti munculnya varises dan wasir pun mulai terjadi. Perubahan dalam pembuluh darah pun terlihat sangat jelas dengan adanya jalinan garis ungu membentang di dada dan sepanjang paha.

  • Trimester ketiga kehamilan

Tahapan terakhir kehamilan ini ini dimulai dari minggu ke-27 hingga ke-40. Ini merupakan masa yang paling mendebarkan bagi bumil karena semakin mendekati dengan waktu kelahiran. Posisi bayi biasanya sudah tetap dengan kepala di bawah serta tangan dan kaki menekuk di dada.

Jika berat bedan bumil meningkat drastis pada masa ini, sangat disarankan untuk mengurangi konsumsi karbohidrat. Sebaiknya konsumsilah makanan berupa sayuran dan buah-buahan segar agar tidak mengalami sembelit..