≡ Menu
werno-werno.com

Mengenal Teh Hitam & Manfaatnya Bagi Kesehatan

Teh adalah minuman yang sudah lazim di kalangan kita, namun tahukah anda teh yang benar-benar berkualitas itu adalah teh yang dipetik dari ujung atau pucuk teh yang masih muda. Tapi untuk mendapatkan teh dengan kualitas tinggi tidak semudah saat anda beli teh di toko atau warung. Hanya untuk mendapatkan 0,45 kg teh dengan kualitas terbaik diperlukan lebih dari 80.000 petikan. Silakan bilang Wow..! :). Produksi teh memang suatu proses yang ribet sekaligus menyibukkan. Dan setiap tahap pembuatannya merupakan tahap yang penting untuk mendapatkan teh kualitas terbaik.

Manfaat  teh untuk mencegah kanker, katarak dan menjaga kesehatan gigi dan gusi

Teh hitam adalah teh yang difermentasi sebelum pengeringan dan merupakan variasi dari teh hijau. Teh hitam ini juga dikenal dengan sebutan teh merah atau hong cha. Beberapa merek terkenal yang berasal dari Cina adalah Dianhong dari daerah Yunnan, Chuanghong dari daerah Sechuan, Qihong dari daerah Anhui. Sedangkan di Indonesia, saya lebih mengenal dan lebih suka Teh Poci yang merupakan ciri khas dari Tegal Jawa Tengah.

Sejumlah peneliti menyebutkan bahwa mengkonsumsi teh hitam dapat melindungi tubuh dari sel kanker. Hal ini dikarenakan teh hitam mengandung senyawa Tehaflavin-3-monogallate atau yang disingkat dengan istilah TF-2. Ini adalah salah satu senyawa yang berfungsi memerangi kanker.

Sel normal (bukan kanker) yang menerima pasokan TF-2 tidak rusak dan tetap dapat berkembang, namun sel kanker yang menerima senyawa ini tidak bisa berkembag, bahkan mati. Hal ini telah dibuktikan di laboratorium dalam penelitian, di mana masing-masing sel diberi suntikan TF-2, dan hasilnya adalah seperti yang telah saya katakan tadi.

Hasil penelitian di India menyebutkan kesimpulan yang menambahkan manfaat dari konsumsi teh hitam ini. Para pakar kesehatan di India menyatakan bahwa mengkonsumsi teh hitam secara teratur dapat membantu mencegah timbulnya penyakit katarak. Tim yang terdiri dari 6 orang menyatakan bahwa baik teh hitam atau pun teh hijau memiliki khasiat mencegah penyakit katarak, namun teh hitam lebih efektif untuk tujuan itu.

Selain manfaat-manfaat tersebut di atas, teh hitam juga dipercaya (berdasarkan penelitian) dapat mengatasi serangan bakteri yang berbahaya bagi mulut yang biasanya menjadi biang keladi dari sakit gigi dan gusi. Selain itu, teh juga mampu menghentikan plak pada gigi dan juga memproduksi asam yang berfungsi untuk membunuh bakteri-bakteri yang tumbuh pada daerah gigi.

Dengan begitu banyak manfaat dan khasiat teh, jadi tunggu apalagi, mari budayakan ‘Ngeteh Yuk’ bersama keluarga atau rekan kerja di manapun anda berada.

.

5 comments… add one

Leave a Comment