Menghilangkan Karang Gigi

by Siti Eka Kurniyati on October 31, 2015

Karang gigi atau plak gigi merupakan salah satu masalah pada gigi yang diakibatkan oleh kotoran dari sisa-sisa makanan yang menempel pada gigi. Bagi seorang yang malas sikat gigi, karang gigi akan semakin meluas. Dan apabila hal ini dibiarkan maka tanpa disadari  karang gigi akan membuat gigi kita terlihat kuning dan menimbulkan bau tidak sedap. (baca : Cara Menghilangkan Bau Mulut)

menghilangkan plak gigi Selain gigi menjadi kuning dan juga tidak sedap dipandang mata, plak gigi juga akan merusak gigi apabila dibiarkan terlalu lama. Nah, langkah apa saja yang bisa kita lakukan untuk mencegah karang gigi atau plak gigi ini? Lalu, bagaimana kita mengatas karang gigi telah terlanjur melekat pada gigi kita? Berikut kami akan membagikan tipsnya.

Mencegah Karang Gigi

  • Yang pasti, karena plak gigi atau karang gigi disebabkan oleh sisa makanan yang menempel di gigi maka kamu harus rajin membersihkan gigimu dengan menyikat gigi sehabis makan juga sebelum tidur. Pastikan pasta gigimu mengandung fluoride. Kandungan Flouride yang ada dalam pasta gigi bisa membantu mengatasi bakteri penyebab karang gigi.
  • Jika kamu tidak sempat untuk menyikat gigi tiap habis makan, kamu bisa mengakalinya dengan minum air mineral sehabis makan makanan berat maupun camilan. Hal ini bisa membantumu membersihkan sisa makanan yang menyelinap di antara gigimu. Kamu juga bisa berkumur dengan air mineral tersebut untuk lebih membersihkan sisa makanan yang terselip.
  • Makanlah buah atau sayuran sebagai pencuci mulutmu. Buah bisa membantu perbaikan email gigi juga bisa menghilangkan bau mulut.
  • Hindari makanan atau minuman penyebab karang gigi. Hal itu termasuk kopi dan teh karena mengandung kafein. (baca : Dampak Buruk Kafein). Kafein merupakan salah satu zat yang mampu mempercepat pertumbuhan karang gigi. Jadi alangkah baiknya kamu tidk mengkonsumsi kedua minuman tersebut secara berlebihan. Hindari juga makanan manis, makanan manis identik dengan permen dan cokelat yang lengket dan sering tertinggal di sela-sela gigi yang bisa dengan cepat menumbuhkan plak gigi
  • Kurangi merokok. Tembakau serta asap dari rokok mampu menimbulkan karang gigi juga menguningkan warna gigi. (baca : cara memutihkan gigi secara alami)
  • *Lanjutannya, klik page 2 yang ada di bawah

    Page: 1 2