≡ Menu
werno-werno.com

Mengungkap Kebenaran Tentang Kolagen

Bagi sebagian orang, pil kolagen dianggap sebagai ramuan obat kerut untuk kulit dan pejuang untuk rambut dan kesehatan kuku. Tapi apakah mereka benar-benar bekerja, atau apakah itu hanya fenomena kosong belaka? Penasaran dengan fakta yang sebenarnya dari kolagen?  Simak ulasan lengkapnya berikut ini :

Apa itu kolagen ?

Kolagen adalah salah satu protein paling melimpah di dalam tubuh, yang membentuk sebagian besar kulit, rambut, dan kuku kita, jadi tidak mengherankan jika kata itu sangatlah besar dalam dunia kecantikan. Kolagen adalah polipeptida, mengandung campuran asam amino seperti prolin dan glisin yang ada di semua jaringan ikat, tulang rawan, tulang, dan kulit. “Tubuh membutuhkan kolagen, tapi kamu benar-benar bisa membuatnya sendiri, jadi kebanyakan dari kita sebenarnya tidak perlu menambahkan bubuk kolagen ke makanan atau mengkonsumsinya sebagai suplemen,” kata Nicole Osinga, RD. Jadi apakah semua kegembiraan seputar kolagen itu hanya salah paham?antara Iya dan tidak. Mari kita telusuri sampai ke bagian bawah.

Kaitan Kolagen dan tubuh

Tubuh manusia tidak menyerap keseluruhan kolagen, jadi gagasan bahwa mengonsumsi suplemen secara langsung dapat mendorong pertumbuhan tulang dan kesehatan kulit atau rambut itu tidaklah benar, kata Osinga. Apa yang tubuh Anda lakukan adalah menghancurkan kolagen ke dalam sistem pencernaan menjadi asam amino yang digunakan tubuh di manapun mereka dibutuhkan, namun tidak secara otomatis akan memberimu kulit yang bercahaya. Di sisi positifnya, mengambil suplemen kolagen dapat membuat tubuhmu menghasilkan lebih banyak kolagen. Penelitian setuju: Salah satu studi menemukan bahwa kolagen bermanfaat untuk tulang dan persendian dengan membantu produksi alami kolagen tubuh dengan menyediakan sumber bioavailable dari asam amino ini.

Kaitan kolagen dan kulit

Sebelum kamu mengambil suplemen kolagen dengan harapan memperbaiki kulitmu, pertimbangkan dulu hal ini : “Sebenarnya ada data yang sangat terbatas, atau studi ilmiah yang ketat, tentang kolagen buatan atau oral pada saat ini,” kata Whitney Bowe, MD, seorang ahli kulit bersertifikat. “Konsekuensinya, dewan juri masih belum mengetahui apakah suplemen ini benar-benar memiliki manfaat yang berarti pada kulit pada wanita yang sudah mengkonsumsi makanan seimbang dengan berbagai sumber protein, seperti ayam, ikan, telur, kacang-kacangan, dan yogurt.” Dari data yang ada, sebuah studi plasebo double-blind menemukan bahwa wanita yang memakai kolagen bentuk peptida secara teratur selama delapan minggu melihat pengurangan 20 persen keriput.

Kolagen dan kesehatan rambut

Seiring bertambahnya usia, tingkat alami kolagen dalam tubuh akan menurun, itulah sebabnya mengapa mengkonsumsi suplemen kolagen menjadi menarik untuk dicoba. Menurut penelitian, kolagen telah terbukti dapat mendukung dan meningkatkan protein pembentuk rambut tubuh, yang dapat mencegah rambut rontok, mendorong pertumbuhan rambut, dan mengurangi tampilan rambut abu-abu dengan mendukung struktur sehat folikel rambut, tempat pigmen diproduksi. Selanjutnya, suplemen kolagen telah terbukti sangat efektif dalam pengobatan rambut rapuh kering dengan mendukung tingkat kelembaban yang sehat di rambut. Jika ingin mengambil kolagen untuk rambutmu, Qilib, Viviscal, dan Phillip Kingsley Trichotherapy adalah bebrapa contoh merek ternama.

Kolagen, diet, dan gaya hidup

Itu tidak cukup dengan hanya meminum suplemen kolagen. Menurut Osinga, vitamin C dan kolagen harus dikonsumsi secara bersamaan, karena jika Anda memiliki terlalu sedikit vitamin C di tubuh, maka tidak akan ada cukup kolagen yang bisa diproduksi. Kubis, buah berwarna merah, dan wortel secara alami meningkatkan produksi kolagen. Seiring dengan produksi kolagen alami tubuh yang menurun seiring bertambahnya usia, faktor gaya hidup modern seperti stres, diet yang buruk, dan ketidakseimbangan kesehatan usus juga dapat menurunkan kemampuan tubuh untuk membuat kolagen.

Jenis-jenis kolagen

Ada tiga jenis kolagen: kolagen tipe I terdiri dari 90 persen kulit, rambut, kuku, organ, tulang, ligamen, menjadikannya yang terbaik untuk kulit dan kecantikan, kolagen tipe II dikaitkan dengan tulang rawan; Sedangkan kolagen tipe III berlaku untuk protein berserat di tulang, tulang rawan, dentin, tendon, dan jaringan ikat lainnya.

Sumber kolagen

Kamu bisa mendapatkan kolagen dalam berbagai bentuk: Pil kolagen mengandung satu gram kolagen per pil dan dapat menggabungkan berbagai jenis kolagen bersama dengan vitamin C, yang membantu tubuh Anda menghasilkan lebih banyak kolagen. Ada juga bubuk kolagen dan cairan, yang sangat bagus untuk individu yang tidak mau minum pil atau mengalami kesulitan menelannya. Penelitian terbatas keluar dari hal ini. Jika Anda seorang vegetarian atau vegan, ada suplemen kolagen vegetarian dan vegan yang tersedia sekarang yang dapat mengandung campuran asam amino, ekstrak gandum, dan vitamin dan bukan produk sampingan hewan. Anda juga bisa mendapatkan sumber makanan kolagen dari ikan, sapi, dan ayam.

Apa yang harus dihindari dalam suplemen kolagen

Sementara inklusi vitamin C dan asam hyaluronic sangat bagus untuk memaksimalkan manfaat suplemen kolagen, ada beberapa bahan yang harus dihindari, di antaranya CoQ10, glucosamine, dan arginine. Meski bermanfaat bagi mereka sendiri, mereka menawarkan nilai rendah untuk suplemen kolagen, dan hanya menambahkan biaya pengeluaran suplemen. Anda juga harus memastikan untuk menghindari suplemen kolagen dengan pengisi seperti maltodekstrin, rasa atau gula, minyak, dan bahan buatan. Ada berbagai bahan lain yang tidak perlu yang mungkin tidak Anda perlukan, seperti asam amino rantai cabang, yang dapat membantu pemulihan dari trauma otot, namun tidak akan membantu meningkatkan keseluruhan kolagen tubuh.

0 comments… add one

Leave a Comment