Menjaga Kesehatan Mulut Agar Tidak Bau

by Ummi on July 3, 2013

Cara mudah menghilangkan bau mulut

Bau mulut…? Aha, tentu siapapun tak ingin mengalaminya. Selain membuat tidak percaya diri jika sedang berkonumikasi dengan orang lain, bau mulut juga membuat orang yang kita ajak bicara menjadi tidak nyaman.

Jika anda mengajak bicara dengan seorang laki-laki tampan tapi bau mulut, tentu kesenangan dan kenikmatan anda menatap wajahnya akan terusik dengan rasa yang tidak nyaman. Begitu pula sebaliknya, sekalipun anda berwajah cantik, tetapi jika memiliki mulut yang bau, orang lain akan enggan berbicara dengan anda dan kecantikan itu seperti tiada artinya.

Untuk menjaga kesehatan dan kebersihan mulut agar tidak bau sebenarnya cukup sederhana, cuman perlu sebuah konsistensi saja, nah di sinilah yang sulit. Karena terkadang kesibukan kita melupakan hal-hal yang seharusnya perlu diperhatikan. Berikut beberapa hal yang harus dilakukan agar mulut tidak bau;

  1. Gosoklah gigi setiap selesai makan. Ini juga berfungsi untuk menjaga kesehatan dan kebersihan gigi dari sisa-sisa makanan yang menempel. Jadi gosok gigi tidak hanya setelah bangun tidur saja.
  2. Jangan mengkonsumsi makanan yang dapat membuat mulut bau, seperti jengkol dan petai. Jika kebetulan anda penggemar kedua makanan ini, usahakan segera menggosok gigi setelah selesai makan. Khusus untuk petai, ada cara alami untuk menghilangkan bau setelah menyantapnya, yakni mengunyah kulit petai yang masih mentah. Memang rasanya cukup pahit seperti jamu, tapi ini sangat manjur untuk menghilangkan bau mutut setelah memakan petai.
  3. Lakukan pemeriksaan gigi dan mulut secara berkala, setidaknya dua kali dalam satu tahun.
  4. Memperbanyak mengkonsumsi air putih, selain dapat mencegah dan mengurangi bau mulut. Mengkonsumsi air putih juga banyak manfaatnya. Hal ini sudah dijelaskan dalam artikel ‘Manfaat Air Putih untuk Kesehatan & Kecantikan’.
  5. Bersihkan lidah bersamaan dengan saat menggosok gigi. Ini dilakukan untuk menghilangkan bakteri dan kuman yang bersarang di permukaannya. Karena salah satu penyebab bau mulut adalah adanya bakteri dan kuman tersebut.
  6. Berkumurlah dengan cairan pembersih mulut setelah selesai menggosok gigi. Saat ini telah tersedia cukup banyak di pasaran produk pembersih mulut khususnya jenis kumur dengan beragam keunggulan. Anda pun memiliki banyak pilihan bagi kesehatan mulut anda.
  7. Tinggalkan kebiasaan merokok.
  8. Kurangi mengkonsumsi makan berminyak.
  9. Perbanyak mengkonsumsi makanan berserat seperti sayuran dan buah-buahan. Selamat mencoba…!!

Kesimpulannya, menjaga kesehatan dan keberishan mulut adalah cara terbaik untuk menghilangkan bau mulut secara alami.

Leave a Comment

Previous post:

Next post: