Menu Makanan Bayi 6 Bulan

by Siti Eka Kurniyati on February 15, 2016

Bayi mulai diperbolehkan makan makanan padat sebagai pendamping ASI atau lebih sering disebut MPASI (Makanan Pendamping Air Susu Ibu) pada usia 6 bulan. Karema di usia 6 bulan, ASI saja tidak cukup untuk memenuhi kebutuhan bayi dalam hal protein, energy juga mikronutrien seperti zat besi, seng, kalsium, vitamin A, magnesium dan fosfor. Untuk itu, diperlukan MPASI untuk bayi supaya kebutuhannya terpenuhi. (baca : manfaat ASI bagi ibu)

menu makanan MPASI bayiPemberian MPASI bagi bayi tidak boleh sembarangan dan harus bertahap. Dimulai dari makanan dengan tekstur yang cair, agak kental, kental baru kemudian makanan padat. Dan untuk bayi berusia 6 bulan, bubur halus atau pure sangat disarankan untuk dikonsumsi oleh bayi. Bubur halus bisa diberikan bertahap dengan tekstur yang sudah disebutkan tadi. Lalu bubur apa saja yang boleh dikonsumsi oleh bayi saat pertama kali, berikut kami akan berikan tips cara membuat makanan bayi pertama dan juga bahan apa saja yang boleh dipergunakan.

  • Bubur halus yang terbuat dari tepung beras atau beras merah yang dibuat atau dimasak dengan menggunakan air kaldu daging atau sayuran. Selain menggunakan air kaldu, ibu juga bisa menggunakan susu formula atau ASI atau hanya air saja.
  • Bubur buah. Buah yang boleh dikonsumsi bayi untuk pertama kali adalah ┬ápisang, papaya, apel, melon dan alpukat. Ibu tinggal menghaluskan salah satu dari buah-buahan tersebut dengan menggunakan blender dan juga menambahkannya dengan ASI.
  • Bubur sayur. Cara membuat bubur sayur untuk makanan bayi pertama adalah dengan merebus sayuran atau kacang-kacangan kemudian memblendernya hingga lembut. Sayuran dan kacang-kacangan yang boleh dikonsumsi oleh bayi adalah wortel, tomat, kentang, kacang hijau dan labu kuning.

Nah, itu dia tadi beberapa bahan makanan yang boleh dikonsumsi oleh bayi untuk pertama kalinya sebagai asupan pendamping ASI. Jika yang di atas makanan yang derekomendasikan untuk bayi, maka di bawah ini adalah makanan yang tidak dianjurkan atau sebaiknya jangan dulu diberikan kepada bayi usia 6 bulan. Apa saja makanan yang sebaiknya tidak dikonsumsi oleh bayi? Berikut ini daftarnya.

  • Makanan dengan rasa terlalu pedas atau dengan bumbu berasa tajam.
  • Makanan yang mengandung protein gulutein yang bisa membuat perut bayi kembung, mual dan diare seperti biji gandum, tepung terigu dan barley.
  • Buah-buahan yang terlalu asam seperti jeruk dan sirsak.
  • Kacang tanah karena dikhawatirkan bisa menyebabkan alergi pada tenggorokan bayi sehingga bayi akan kesulitan bernafas.
  • Makanan berlemak
  • Buah-buahan yang mengandung banyak gas seperti durian, cempedak dan juga sayuran yang memiliki kandungan terlalu banyak gas seperti lobak, kol, kembang kol. Sayur atau buah yang mengandung banyak gas bisa membuat bayi kembung.
  • Jangan dulu menggunakan garam, gula serta bumbu masak lain untuk membuat makanan bayi.