≡ Menu
werno-werno.com

Menu Makanan Bayi Sehat Bergizi Sesuai Usianya

Bagi ibu muda yang pertama kali memiliki momongan, sudah saatnya memikirkan resep makanan bayi sehat dan begizi sebagai pendamping ASI. Memang, resep makanan bayi ini diberikan saat bayi menginjak usia 6 bulan (setelah selesai pemberian ASI eksklusif) sebagai pendamping ASI untuk melatih sistem pencernaan dan kekebalan tubuhnya. Jadi, nutrisi tidak hanya diberikan saat si kecil masih dalam kandungan saja, nutrisi dan gizi harus terus diberikan.

Menu Makanan Bayi Sehat Bergizi Sesuai Usianya

Selain sebagai gizi tambahan, resep makanan bayi juga berfungsi untuk melatih motorik pada mulut bayi yang disesuaikan dengan usinya. Berikut ini resep makanan bayi sehat bergizi berdasarkan usia;

Resep makanan bayi umur 6 bulan

Pada tahap permulaan, sebaiknya resep makanan bayi diberikan dengan menu yang bertekstur lembut. Misalnya, roti biscuit yang dicampur dengan susu. Pada satu minggu pertama, makanan bayi ini cukup diberikan satu kali sehari. Selanjutnya pada minggu kedua, dua kali sehari menyesuaikan terhadap kemampuan si kecil.

Resep makanan bayi umur 7 sampai 8 bulan

Pada usia ini bayi mulai diberikan menu yang memiliki tekstur kasar semi padat, misalnya nasi tim. Sedangkan sayurannya bisa diberikan seperti dari sayuran wortel, brokoli, bayam, asparagus. Untuk menunjang gizi pada makan bayi,  bisa diberi lauk pauk ikan, daging, tempe dan telur.

Resep makanan bayi umur 9 sampai 10 bulan

Pada umur ini, intensitas pemberian makanan semakin meningkat seiring dengan berkurangnya jumlah ASI yang diberikan. Air putih juga harus diberikan untuk memudahkan si kecil dalam mencerna makanannya.

Pada usai ini, bayi sudah mulai bisa mengambil makanan sendiri. Pilihlah makan seperti stick kentang, roti atau buah yang sudah diiris tipis-tipis.

Resep makan bayi umur 12 bulan

Pada saat menginjak usia 1 tahun, bayi sudah bisa mengkonsumsi makanan seperti layaknya orang dewasa, hanya saja nasi yang diberikan berupa nasi lembek (bukan nasi tim) dengan kombinasi sayuran sop misalnya. Saat usi ini, juga merupakan waktu yang tepat untuk mengajak si kecil makan sendiri.

Pada usai satu tahun, tentunya ibu sudah bisa mulai mengerti makanan apa yang menjadi kesukaan si kecil, tawarkan berbagai jenis makan bervariasi yang disukai si kecil agar ia tetap mau makan dengan teratur mengingat pada usia ini biasanya si kecil sudah mulai malas makan. Si kecil lebih senang bermain dan berinteraksi dengan teman seusianya, jadi sampai malas makan..

0 comments… add one

Leave a Comment