‚Č° Menu
werno-werno.com

Menu Sarapan Terburuk Untuk Memulai Hari

Memang benar jika para pakar mengatakan bahwa sarapan pagi adalah makanan terpenting untuk memulai hari bagi semua orang dari segala usia, namun apa yang kamu pilih untuk dijadikan sebagai menu sarapan di pagi hari juga tak kalah pentingya. Sarapan pagi yang sehat telah dikaitkan dengan banyak sekali manfaat, termasuk mengendalikan berat badan, meningkatkan kinerja, metabolisme yang baik, konsentrasi yang lebih baik, dan keseluruhan kesehatan yang baik pula.

menu sarapan terburuk

Namun tahukah kamu, memakan sarapan yang tidak sehat sama buruknya dengan melewatkan sarapan. Jadi, rencanakan menu sarapanmu dengan tepat dan perhatikanlah untuk selalu makan dengan cara yang sehat. Berikut akan kami ulas tentang menu srapan terburuk untuk mengawali harimu ;

Sereal manis

Sereal memang dianggap sebagai menu makanan sarapan yang ideal, tetapi kamu harus memilih yang terbaik. Pasalnya, pasar kini dibanjiri dengan sereal manis, yang tidak sehat bagi tubuh. Sereal ini rasanya enak karena produsen telah menambahkan gula dan rasa buatan ke dalamnya. Jadi ketika kamu makan sereal ini, tubuh akan mengubah tambahan kalori gula menjadi lemak, sehingga meningkatkan risiko obesitas.

Selanjutnya, gula menyebabkan kadar gula darah meningkat tajam, membuat kita lapar lagi dan mulai berkeinginan untuk makan makanan yang lebih tidak sehat, manis dan berlemak. Plus, pewarna makanan yang digunakan dalam sereal berwarna juga tidak sehat. Menurut analisis terbaru yang dilakukan oleh Environmental Working Group dari 1.556 sereal yang beredar di pasar AS, menemukan bahwa banyak dari produk sereal tersebut ternyata sama manisnya dengan kue dan tidak harus dianggap sebagai bagian dari sarapan sehat.

Untuk itu, pilih sereal sarapanmu dengan hati-hati. Carilah sereal yang dibuat dengan biji-bijian utuh, karena serat akan membantumu tetap kenyang lebih lama. Plus, vitamin, antioksidan dan mineral yang ditemukan dalam sereal gandum dapat melindungi terhadap masalah seperti obesitas, masalah pencernaan, kanker dan penyakit jantung.

Jus buah

Jus buah adalah menu sarapan pokok yang lain. Tapi masalahnya terletak dengan jus buah yang diproses (buatan pabrik), yang mengandung gula tambahan dan pengawet. Plus, jus buah olahan sering rendah nilai gizinya, kurang akan serat sehat, enzim, mineral, antioksidan dan vitamin. Faktanya, untuk bisa mendapatkan manfaat kesehatan optimal dari buah-buahan, disarankan untuk lebih memilih buah-buahan utuh daripada dijadikan jus buah. Meskipun jus memiliki banyak gula seperti buah utuh, tapi tidak mengandung daging buah yang kaya akan serat makanan.
Berbeda dengan jus yang akan diserap lebih cepat, buah utuh yang disertai dengan kandungan serat dapat membantu menjinakkan rasa lapar sampai waktu makan siang.

Sebuah studi 2013 yang dipublikasikan dalam European Journal of Clinical Nutrition melaporkan bahwa asupan buah apel utuh atau jus apel memiliki efek yang kontras pada kesehatan. Sementara buah apel utuh kaya akan polifenol dan pektin, konstituen ini akan terpisahkan secara berbeda selama pemrosesan pembuatan jus, sehingga jus yang murni tidak memiliki konstituen ini.

Pilihlah buah-buahan utuh daripada jus buah untuk menu sarapan yang sehat. Buah utuh akan memberikan tubuh dengan semua vitamin, mineral dan serat yang diperlukan. Beberapa contoh pilihan buah yang lezat dan rendah kalori untuk sarapan diantaranya adalah apel, grape fruit, pepaya, dan semangka.

Daging asap

Pastikan kamu tidak makan sesuatu yang kaya lemak jenuh seperti daging asap sebagai bagian dari menu makanan sarapan pagi yang penting. Memulai hari dengan daging asap dapat meningkatkan risiko penyakit jantung dan kanker karena kandungan lemak jenuh, sodium, nitrat dan nitritnya.

Menurut American Heart Association, makan makanan tinggi lemak jenuh bisa meningkatkan kadar kolesterol darah, yang pada gilirannya dapat meningkatkan risiko penyakit jantung dan stroke. Organisasi Kesehatan Dunia mengatakan bahwa konsumsi daging merah yang tinggi meningkatkan risiko kanker kolorektal, pankreas dan prostat. Sebuah studi 2005 yang diterbitkan dalam Journal of National Cancer Institute menunjukkan adanya hubungan antara asupan tinggi daging merah dan daging olahan dengan peningkatan risiko kanker pankreas. Pastikan untuk makan sesuatu yang bergizi dan memuaskan untuk sarapan agar menjagamu tetap enerjik sepanjang hari.

Sereal bar

Sereal bar, atau yang juga dikenal sebagai bar sarapan, sering dianggap merupakan pilihan sarapan lezat dan sehat, namun pada kenyataannya beberapa dari mereka adalah mimpi buruk gizi. Kebanyakan sereal bar tinggi kalori, gula, lemak jenuh yang tidak sehat dan garam. Berhubung sarat dengan tambahan gula, sereal bar dicerna dengan cepat dan tidak memuaskan rasa lapar untuk waktu yang lama. Ada juga perhatian khusus atas nilai gizi buruk dalam makanan sarapan tertentu yang ditujukan untuk anak-anak.

Sebuah studi 2013 yang dilakukan oleh University of Hertfordshire melaporkan bahwa ¬†makanan ‘sehat’ khusus untuk anak-anak, seperti yogurt, sereal bar dan makanan siap pakai, ternyata jauh lebih tinggi lemak, gula dan garam daripada yang dipasarkan untuk masyarakat umum. Ketika berbicara tentang bar sarapan, pilihlah bar yang mengandung biji-bijian yang dapat memberikan jumlah karbohidrat penghasil energi yang diinginkan. Sereal bar yang diperkaya kalsium juga merupakan pilihan yang baik. Sebuah studi 2015 yang diterbitkan dalam PLoS ONE menekankan bahwa memakan sereal bar yang diperkaya kalsium secara signifikan bisa meningkatkan asupan kalsium, terutama di kalangan wanita.

Donat

Banyak orang secara teratur menikmati donat untuk dijadikan menu sarapan, tetapi donat adalah salah satu makanan sarapan terburuk. Donat merupakan kue goreng penuh gula, tepung putih dan lemak trans. Kandungan gula yang tinggi akan meningkatkan tingkat gula darah dan dapat menyebabkan kenaikan berat badan yang signifikan dari waktu ke waktu. Bahkan, orang-orang dengan diabetes harus menghindari makanan bergula ini sebanyak mungkin.

Donat terbuat dari tepung putih, karbohidrat sederhana yang mengandung hampir tidak ada serat. Serat sangat penting untuk kesehatan pencernaan, dan membantu menurunkan kolesterol dan mengendalikan kadar gula darah. Donat siap saji yang dibeli di toko terdiri dari sekitar 35 sampai 40 persen lemak trans. Sebuah studi 2015 yang diterbitkan dalam BMJ melaporkan bahwa asupan lemak tak jenuh trans dikaitkan dengan peningkatan risiko penyakit kardiovaskular, penyakit jantung koroner, stroke iskemik dan diabetes tipe 2. Sama saja seperti donat, muffin, dan kue-kue lainnya juga bukan pilihan yang baik untuk sarapan. Alih-alih sarapan dengan barang-barang manis, bahkan segelas susu tawar sekalipun (plain) adalah cara yang lebih baik untuk memulai harimu.

*Lanjutannya, klik page 2 yang ada di bawah

0 comments… add one

Leave a Comment