≡ Menu
werno-werno.com

Menurunkan Kadar Gula

Gula darah adalah istilah yang digunakan mengacu pada jumlah atau tingkat glukosa (gula) dalam darah. Setiap sel dalam tubuh memerlukan gula darah sebagai sumber utama energy. Sebagai sumber utama energy, untuk itu kadar gula dalam darah seseorang haruslah stabil. Tidak boleh terlalu rendah atau terlalu tinggi karena bisa menyebabkan berbagai permasalahan pada tubuh seperti rasa lelah dan lemas, emosi yang tidak stabil bahkan bisa menghilangkan kesadaran seseorang.

menurunkan kadar gula dalam darah

Kadar gula dalam darah seseorang dinyatakan normal apabila mengandung 90 mg / 100 ml. Selain pemeriksaan oleh dokter, kamu bisa mengecek kadar gula dalam darah menggunakan sebuah alat cek kadar gula darah yang bisa kamu beli di apotik. Permasalah yang paling sering terjadi berkaitan dengan jumlah kadar gula dalam darah adalah tingginya gula darah. Nah, bagaimana mengatasi gula darar tinggi atau menurunkan gula dalam darah? Simak ulasannya berikut ini.

  • Lakukan diet rendah karbohidrat. Ganti makanan berkarbohidrat tinggi yang biasa kamu konsumsi seperti nasi dan umbi-umbian (kentang, ketela dll.) dengan makanan yang lebih rendah lemak seperti sereal, roti atau kacang kedelai.
  • Berolahraga yang secara rutin meski hanya olahraga ringan atau kardio seperti jogging atau jalan kaki. Olahraga mampu membakar gula darah pada tubuh yang berlebih.
  • Terapkan gaya hidup sehat dan hindari stress dan jaga agar berat badan tetap stabil.
  • Hindari makanan manis terutama yang mengandung gula
  • Konsumsi jus pare. Sayuran dengan rasa pahit ini diklaim mampu membantu sel untuk menggunakan glukosa lebih efektif lagi. Kamu hanya perlu meminum jus pare sebanyak 50 – 100 ml / 3 – 6 sendok makan sehari.
  • Bawang putih. Mungkin kamu menganggap jika mengkonsumsi salah satu bumbu masak ini mulut akan terasa bau. Tetapi, hasil studi mengatakan bahwa bawang putih mampu menurunkan kadar gula darah dan meningkatkan insulin pada penderita diabetes. Dan bawang putih telah digunakan sejak dulu untuk menurunkan gula darah secara alami.
  • Sarapan dua butir telur tiap pagi. Mengkonsumsi telur bisa mengurangi rasa lapar (kenyang bertahan lama) dengan mengurangi insulin setelah memakannya. Terkendalinya nafsu makan ini bisa mencegah fluktuasi antara kadar gula dan insulin.
  • Alpukat. Buah hijau ini mengandung unsure hara asam lemak tak jenuh yang berperan penting untuk mengatur kadar gula dalam darah.
  • Ada camilan yang bisa kamu konsumsi tanpa perlu khawatir meningkatkan kadar gula dalam darah yaitu dengan memakan kacang almond. Almond memiliki kandungan magnesium yang tinggi serta serat dan protein dibanding dengan kacang-kacangan yang lain. Kromium yang berfungsi mengatur kadar gula dalam darah juga terkandung dalam jenis kacang yang satu ini.

Itu dia tadi hal-hal yang bisa dilakukan untuk menurunkan kadar gula darah dan juga makanan yang bisa menurunkan kadar gula darah. Yang terpenting adalah periksalah ke dokter setiap 6 bulan sekali untuk memonitor kadar gula darahmu.

0 comments… add one

Leave a Comment