Mewarnai Rambut Sendiri, Yuk!

by Ummi on September 20, 2013

Untuk mewarnai rambut, tentunya membutuhkan cat rambut yang sesuai dengan model pewarnaan rambut yang kamu inginkan. Selain itu, pastikan kondisi rambut kamu bersih, tapi nggak perlu dicuci dulu pakai shampoo, karena akan membuat kutikula rambut terbuka dan warna tidak bisa menyerap sempurna.

Cara mengecat rambut sendiri

Selain cat rambut, bahan yang dibutuhkan untuk mewarnai rambut adalah jepit rambut bergigi jarang, kain gelap penutup baju, kuas, sarung tangan plastik dan shower cap. Pastikan kamu sudah tahu hal-hal yang harus dilakukan sebelum mengecat rambut, baru ikuti langkah-langkah cara mengecat rambut sebagai berikut;

  1. Rambut harus dalam keadaan kering dan tidak lembab.
  2. Siapkan kemasan rambut kemasan. Sebelumnya, baca intruksi pencampuran produk secara teliti.
  3. Pakai sarung tangan plastik untuk menghindari iritasi dan kain gelap penutup baju supaya tidak ternoda oleh cat rambut.
  4. Belah rambut jadi dua bagian secara horizontal, dan jepit bagian atas. Gunakan cat rambut, dimulai dari rambut bagian bawah selapis demi selapis. Pastikan tidak mengenai kulit kepala kamu.
  5. Setelah rambut diberi pewarna secara merata, tutup dengan shower cap supaya suhu stabil, biarkan selama 35 menit.
  6. Setelah selesai, bilas rambut dengan air yang mengalir sampai wananya benar-benar bening, lalu gunakan shampoo dan kondisioner.

Kalau kamu pengen membuat cat rambut sendiri, kamu bisa membuatnya dengan bahan-bahan berikut ini;

  1. Bleaching powder, bisa dibeli di toko kosmetik besar khusus perlengkapan salon.
  2. Oxidant, ini adalah cairan ammonia dengan berbagai macam tingkat presentase, mulai dari 2,7% – 12% tergantung level terang yang ingin dicapai. Level 3% dirasa sudah cukup terang, jadi tidak perlu tinggi-timggi.
  3. Mangkuk cat dan masker untuk melindungi aroma tajam yang dihasilkan campuran bleaching.

Setelah semua bahan siap, saatnya membuat cat rambut sendiri dengan cara; masukkan satu sendok makan bleaching powder dan oxidant kedalam mangkung dengan perbandingan 1:2, lalu aduk hingga rata. Setelah itu, cat rambut bisa digunakan untuk rambut kamu sebagaimana penjelasan di atas..