Minuman Terbaik VS Terburuk Untuk Diet

by Ummi on July 3, 2015

Bukan makanan saja yang harus kita perhatikan dan batasi selama menjalani program diet. Namun minuman yang kita konsumsi juga bisa berpengaruh pada perkembangan diet kita ke depannya. Ada beberapa jenis minuman yang harus kita hindari selama diet, karena bisa menambah jumlah kalori, dan sebaliknya ada minuman yang harus kita minum untuk membantu proses pembakaran lemak. Ingin tahu minuman apa yang baik diminum dan harus dihindari demi suksesnya program dietmu? Simak ulasannya berikut ini :

jenis minuman untuk diet

Minuman perusak

  • Soda

Setiap kali kamu menenggak sebotol soda, kamu akan mendapat ratusan kalori. Beralih ke minuman diet soda adalah cara nyata untuk mengurangi kalori, tapi hasil penelitian dalam masalah ini masih beragam, pada apakah beralih ke diet soda bisa menyebabkan penurunan berat badan atau tidak. Beberapa penelitian menunjukkan adanya manfaat jangka pendek, sedangkan yang lain justru menemukan bahwa orang yang minum diet soda malah bertambah berat badannya. Jika kalori yang kamu minum / makan jumlahnya lebih banyak daripada yang kamu bakar, hanya dengan beralih ke diet soda tidak mungkin bisa melakukan trik ini.

  • Energy drinks

Kebanyakan minuman berenergi dan minuman olahraga adalah berupa bom kalori seperti soda. Mereka mungkin saja memiliki tambahan nutrisi, namun kamu juga bisa menemukan vitamin dan mineral yang sama pada makanan rendah kalori. Saat kamu berusaha menurunkan berat badan, tetaplah terhidrasi dengan menggunakan air putih, bukannya sport drink. Kecuali kamu butuh nutrisi ekstra karena berlatih keras dan banyak berkeringat.

  • Kopi istimewa

Saat kamu menambahkan krim berat, syrup berperisa atau seonggok whipped cream, maka gelas kopi hitammu akan dipenuhi dengan lemak dan gula. Kopi dengan paduan spesial bisa memiliki kalori 570 kal setiap cangkirnya dan itu bisa melebihi dari jumlah kalori makanan utamamu! Jika kamu tidak suka kopi pahit, tambahkan sedikit susu skim dan pemanis buatan untuk menjaga kalorinya tetap rendah.

Minuman penolong

  • Air putih

Mengganti minuman ringan bersoda yang berbahaya dengan air putih akan memangkas ratusan kalori setiap harinya. Meminum 2 gelas air sebelum makan mungkin juga akan membantumu lebih cepat merasa kenyang sehingga kamu tidak akan banyak makan. Minum cukup air juga memiliki efek positif pada metabolismemu.

  • Jus sayuran

Jus sayuran sama bergizinya dengan jus buah. Bahkan jumlah kandungan kalorinya separuh dari jus buah, namun jumlah sodiumnya lebih banyak. Satu gelas jus tomat mengandung 41 kalori, dibanding dengan jus jeruk yang 122 kalori. Memilih jus beserta bijinya juga memberikan tambahan serat, yang dapat membantu mengontrol rasa lapar.

  • Teh hijau

Teh hijau adalah pilihan cerdas saat kamu mencari sedikit peningkatan. Teh hijau tidak hanya bebas kalori, namun beberapa penelitian menduga ekstrak teh hijau bisa merangsang penurunan berat badan. Ini berkat kafein dan mikronutrien yang disebut Katekin dalam teh hijau yang berperan besar. Perlu diingat manfaat yang ada mungkin hanya bertahan beberapa jam, jadi sebaiknya minumlah teh hijau paling tidak 2-3 kali sehari.

  • Kopi pahit

Jika kamu perlu bantuan kafein, kopi adalah pilihan yang lebih baik daripada soda atau energy drinks. Kopi pahit, bebas kalori dan kaya antioksidan. Penelitian menunjukkan bahwa meminum kopi dalam jumlah yang wajar (sekitar 1-2 cangkir sehari) dapat meningkatkan mood dan konsentrasi dan menurunkan resiko diabetes tipe 2 dan beberapa jenis kanker.

Saran dari para pakar

  • Susu rendah lemak (low fat)

Mengkonsumsi makanan kaya kalsium sangat baik bagi tubuh, dan dapat membantu menurunkan berat badan. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa konsumsi minuman susu/ produk turunan susu dalam jumlah yang lebih tinggi bisa membantu menurunkan berat badan. Untuk mendapatkan manfaat terbaik, jatuhkan pilihanmu pada susu skim atau susu rendah lemak.

  • Jus buah

Jus mungkin akan memiliki kalori sebanyak soda, namun bedanya jus lebih bernutrisi. Hal ini menimbulkan dilemma. Kamu ingin manfaat vitamin dan antioksodan, tanpa harus ada tambahan gula. Solusinya, cari jus yang 100% buah asli. Hindari minum jus dengan tambahan pemanis. Cek label nutrisi untuk melihat presentase dari jus asli. Kamu juga bisa memangkas kalori dengan meminum air dengan tambahan sedikit jus (perasan buah).

  • Smoothie

Blenderlah pisang, strawberry dan blueberry menjadi smoothie yang sehat dan lezat. Buatlah sendiri smoothie sehatmu, sehingga kamu bisa mengontrol bahan-bahannya, seperti menambah susu skim atau susu almond dan buah-buah segar atau beku. Restoran yang menyediakan menu smoothies biasanya menyertakan es krim, madu atau pemanis lain yang malah membuat jumlah kalorimu melesat tinggi.