Pakaian atau item yang tidak boleh dimasukkan ke mesin pengering

by Ummi on October 26, 2015

Kita tentu sudah tahu pasti, bahwa mesin pengering pakaian akan sangat membantu kegiatan kita dalam mencuci baju dan item lainnya, terutama di musim penghujan. Baju atau benda lain bisa segera kering dengan cepat setelah dicuci tanpa harus menjemurnya di bawah terik sinar matahari. Setelah dimasukkan mesin pengering, cukup diangin-anginkan saja, baju favoritmu sudah siap pakai. Namun perlu kamu tahu, ada beberapa item yang tidak akan baik jika dimasukkan kedalam mesin ini. Jika kamu tidak ingin baju atau benda kesayanganmu menjadi mengkerut, bengkok, atau malah rusak, maka perhatikan daftar beberapa hal yang tidak boleh dimasukkan ke dalam mesin pengering pakaian berikut ini :

tips mesin pengering

Pakaian renang

Meski baju renang bisa menahan panas saat digunakan di pantai, namun suhu yang tajam dalam mesin pengering akan membuat baju berbahan spandeks ini menjadi mengkerut dan mudah sobek. Namun jangan khawatir, baju dengan jumlah material spandeks yang tergolong kecil, tidak akan apa-apa jika dimasukkan dalam mesin pengering.

Celana dalam berbentuk panthyhouse atau tights

Material bahan yang sangat rapuh ini, akan mengkerut dalam suhu yang panas, sementara gerakan berputar-putar dalam mesin pengering juga bisa membuatnya menjadi kusut.

Keset berbahan karet

Memang, keset yang biasa kita letakkan di depan kamar mandi agar mencegah kita dari terpeleset ukurannya cukup kecil untuk dimasukkan kedalam mesin pengering. Namun bahan karetnya tidak akan kuat bertahan dalam suhu panas yang intens, dan bahkan bisa saja membuatnya rusak berantakan.

Bra

Pakaian dalam wanita yang berbahan lembut ini, akan terlalu rapuh jika dimasukkan kedalam mesin pengering. Panas dan pergolakan dari mesin pengering bisa merusak elastisitas dan bentuk dari bra. Dan saat kamu menggantungnya, bisa membuat bra menjadi molor. Sebagai gantinya, lebih baik cukup jemur bra dalam posisi mendatar hingga kering.

Pakaian dengan banyak ornamen atau hiasan

Pikirkan jika kamu memiliki baju yang penuh dengan hiasan payet, manik-manik, atau bebatuan. Gerakan memutar dan berguling dalam mesin pengering bisa merusak baju atau atasan favoritmu, sekaligus juga akan menggores item yang lain. Cara yang lebih mudah untuk mengeringkannya adalah, dengan menggantungnya di hanger hingga kering, atau jika bahan kainnya tipis atau rapuh, lebih baik letakkan di atas handuk di udara terbuka.

Setiap hal dengan label peringatan tidak boleh dimasukkan mesin pengering

Hal ini memang tampak jelas sekali, namun bahkan veteran laundry sekalipun tidak boleh begitu saja melemparkan baju ke mesin pengering tanpa mengecek label peringatannya terlebih dulu, terutama jika kamu tidak yakin dengan pakaianmu terbuat dari jenis bahan kain apa (karena campuran bahan yang asing tidak mudah diidentifikasi hanya dengan melihat atau menyentuh kainnya begitu saja). Misalnya saja, pakaian atau item lain yang berbahan sutra atau wol, seringkali tidak bisa dimasukkan dalam mesin pengering. Jadi, jika di pakaianmu terdapat anjuran untuk mengeringkannya di udara terbuka atau dicuci kering (dry cleaning), maka ada alasan yang baik dibalik itu. Hal ini akan membantu membuat itemmu bertahan lebih lama, dan mencegahnya dari mengkerut, kusut, atau yang lainnya.

Sepatu lari

Panas dalam mesin pengering bisa menciutkan karetnya, merusak bantalan sol sepatu, dan melemahkan lem perekatnya, sehingga membuat sepatu olahraga atau sneakermu menjadi rapuh dan tidak berguna lagi. Meski begitu, sepatu khusus tennis yang tidak memerlukan perlakuan ekstra masih bisa dimasukkan ke dalam mesin pengering dengan syarat ditambahi dengan beberapa handuk dan disetel pada posisi cool air cycle.