Panas Atau Dingin? Cara Terbaik Untuk Mengatasi 8 Jenis Nyeri Badan

by Ummi on February 8, 2017

Terapi air panas atau pack air es, sangat berguna untuk meredakan nyeri, namun bagaimanakah kamu bisa tahu, mana yang lebih baik? Panas atau dingin? Apakah panas ideal untuk nyeri punggung? Akankah pack air es akan meredakan otot-otot kaku? Berikut adalah cara mengetahui perawatan yang manakah yang akan bekerja terbaik untuk mengatasi nyeri yang kamu alami :

Cidera punggung

Jika kamu mengalami cidera punggung, mandi air panas mungkin terdengar seperti obat yang paling ampuh. Namun menurut keterangan Neel Anand, MD, profesor klinis operasi dan direktur trauma tulang belakang di Cedars-Sinai Spine Center di Los Angeles, California, hal tersebut hanya akan meningkatkan peradangan, membuat rasa sakit menjadi lebih buruk. “Dokter menyarankan menerapkan es ke daerah yang cidera selama 20 menit pada suatu waktu selama dua atau tiga hari untuk mengurangi peradangan dan nyeri.” Solusi alami untuk sakit punggung juga dapat membantu.

Kram menstruasi

Menurut keterangan Yvonne Bohn, MD, ob-gyn di Pusat Kesehatan Providence Saint John di Santa Monica, California, tidak ada dukungan definitif untuk menggunakan panas pada kram menstruasi, tetapi dia merekomendasikan hal ini. “Untuk kram menstruasi, biasanya kami merekomendasikan panas baik dari mandi atau bantal pemanas ke daerah panggul untuk nyeri haid bukannya es,” katanya. “Salah satu studi membandingkan panas dengan plasebo dan menunjukkan perbaikan dengan panas daripada plasebo. Mekanismenya tidak sepenuhnya dipahami, tetapi teori tersebut meliputi adanya relaksasi otot polos rahim dan meningkatkan aliran darah rahim.”

Nyeri sendi

“Sebagai aturan umum, saya sarankan melakukan pemanasan pada sendi seperti lutut atau pergelangan kaki sebelum olahraga, kompetisi, atau terapi. Tujuan utama dari pemanasan adalah untuk mempersiapkan tendon, ligamen, otot, dan sendi kita untuk ledakan tekanan yang diterapkan pada jaringan ini selama aktivitas berat, “kata Luga Podesta, MD, direktur kedokteran olahraga di St Charles Ortopedi di Port Jefferson, New York.

Sakit punggung kronis

Es mungkin menjadi pilihan yang ideal daripada panas untuk sakit punggung, tetapi Dr Anand mengatakan bahwa pengobatannya bisa berbeda ketika rasa sakitnya menjadi kronis. “Orang-orang yang menderita sakit punggung kronis tanpa peradangan dapat menemukan kelegaan dengan mandi air hangat,” katanya.

Keseleo

Ketika pergelangan kakimu mengalami keseleo, mengakibatkan perdarahan dan peradangan, maka membutuhkan es, bukan panas, untuk membatasi pembengkakan dan menyempitkan pembuluh darah. Ken Jung, MD, seorang ahli bedah kaki dan pergelangan kaki di Kerlan-Jobe Orthopaedic Clinic di Los Angeles, California, menjelaskan:. ” Pergelangan kaki keseleo adalah cedera akut pada ligamen yang memberikan dukungan dan stabilitas pada sendi pergelangan kaki. Ini terwujud sebagai rasa sakit dan bengkak. Es akan menurunkan pembengkakan dan peradangan sembari juga menyediakan pereda nyeri dengan cara memati rasakan daerahnya. ”

Arthritis

Arthritis adalah masalah kesehatan yang dapat diobati dengan secara bergantian antara panas dan es. Panas akan mempromosikan aliran darah dan melemaskan sendi sementara es dapat mematikan rasa sakit serta mengurangi pembengkakan. Menggonta ganti anatara panas dan es membutuhkan kesabaran karena kamu akan perlu untuk mencari tahu kombinasi mana yang terbaik untukmu.

Efek pasca olahraga

Jika kamu baru saja menyelesaikan latihan yang berat dan mengalami nyeri sakit dan bertanya-tanya apakah akan menggunakan panas atau es, maka gunakan es pada daerah yang terkena untuk mengurangi peradangan. Lakukan hal ini dengan cara yang benar pergi dan batasi sesi icing sampai 20 menit untuk menghindari menyebabkan iritasi pada kulit. Panas tidak dianjurkan untuk nyeri pasca latihan dan nyeri otot karena dapat meningkatkan pembengkakan dan membuat cedera parah. Ketika mencoba mengingat apakah akan menggunakan es atau panas untuk cedera otot yang tertarik, perlu diingat bahwa panas akan memperluas sementara es akan mengkerutkan. Dan kamu ingin menghindari peradangan otot yang semakin meluas.

Ligamen robek

Untuk ligamen yang robek, Dr. Podesta merekomendasikan es, bukan panas. “Biasanya saya akan merekomendasikan penerapan es atau perendaman dalam bak es selama 15 menit setiap dua sampai tiga jam untuk pertama 24 sampai 36 jam setelah cedera. Icing akan membantu untuk mengurangi aliran darah ke jaringan yang terluka, membatasi pembengkakan, peradangan, dan rasa sakit . Saya tidak menyarankan panas pada tahap awal setelah cedera karena takut meningkatkan respon inflamasi, pembengkakan, dan nyeri. “