Pengertian Bakteri & Perbedaannya Dengan Virus

by Ummi on September 6, 2015

Sering kita mendengar tentang infeksi bakteri yang membahayakan kesehatan, entah itu bakteri E.coli, salmonella, atau listeria. Lalu, apa sebenarnya pengertian dari bakteri itu? Kalian sudah pada tahu belum?

pengertian bakteri

Pengertian bakteri

Bakteri adalah organisme bersel tunggal yang berukuran mikroskopik (hanya bisa dilihat dengan mikroskop) yang bisa hidup hampir di setiap tempat. Bakteri bisa hidup disetiap iklim dan daerah di belahan bumi ini. Beberapa ada yang hidup di udara, dan sedangkan yang lain di air atau tanah. Bakteri bisa hidup didalam tumbuhan, hewan, dan manusia. Kata ‘bakteri’ memiliki konotasi yang negatif, padahal bakteri sebenarnya juga ada yang menjalankan banyak fungsi vital di tanah untuk menggemburkan tanah serta menumbuhkan tanaman.

Memang, kebanyakan jenis bakteri itu berbahaya bagi manusia, namun ada juga bakteri baik yang hidup di saluran usus besar yang membantu system pencernaan dan memproduksi vitamin. Mereka juga membantu daya tahan tubuh, membuat tubuhmu lebih tahan terhadap serangan bakteri berbahaya dan jenis patogen yang lain. Jadi, tidak semua bakteri itu jahat lo. Bahkan, jika kita mempertimbngkan semua jenis bakteri yang ada didunia ini, hanya relatif sedikit yang bisa membuat orang sakit.

Apa itu infeksi bakteri?

Lalu apa itu infeksi bakteri? Infeksi bakteri adalah istilah untuk perkembangbiakan jenis bakteri yang berbahaya pada atau didalam tubuh manusia. Bakteri bisa menginfeksi setiap area dari tubuh manusia. Pneumonia, meningitis, dan keracunan makanan adalah hanya sedikit dari beberapa jenis penyakit yang disebabkan oleh bakteri berbahaya. Bakteri hadir dalam tiga bentuk dasar : berbentuk batang (basil), bulat (cocci), atau yang spiral (spirilia). Bakteri juga diklasifikasikan sebagai bakteri gram positif dan gram negatif. Bakteri gram positif memiliki dinding sel yang tebal sementara yang gram negatif tidak. Warna gram, kultur bakteri dengan keteguhan terhadap sensitivitas antibiotik, dan pengujian lainnya digunakan untuk pengidentifikasian jenis bakteri dan membantu menentukan arah yang tepat bagi pengobatan infeksi bakteri.

Bakteri vs Virus

Kamu juga tentu pernah mendengar tentang istilah infeksi virus. Lalu, apa perbedaan antara bakteri dengan virus? Bakteri dan virus merupakan jenis patogen (organisme yang bisa menyebabkan penyakit) yang berbeda. Bakteri ukurannya lebih besar daripada virus, dan mampu untuk mereproduksi (memperbanyak) dirinya sendiri. Sedangkan virus ukurannya lebih kecil dan tidak bisa mereproduksi dirinya sendiri. Sebagai gantinya, virus akan berkembangbiak dengan cara menginfeksi inangnya, dan menggunakan perbaikan DNA inangnya serta system tiruannya untuk membuat salinan dirinya sendiri.

Gejala dari infeksi bakteri atau virus pun juga bisa berbeda-beda, tergantung pada area tubuh mana yang terinfeksi. Terkadang, gejala baik dari infeksi bakteri atau virus, bisa sangat mirip. Misalnya saja, hidung meler, batuk, sakit kepala, dan kelelahan bisa terjadi bersamaan dengan pilek (infeksi virus) atau sinus (infeksi bakteri). Jika gejalanya hampir sama, seorang dokter mungkin akan menggunakan gejala lain yang ada seperti demam atau sakit tubuh yang lain, lamanya waktu sakit, dan beberapa tes laboratorium untuk menentukan apakah penyakit itu disebabkan oleh bakteri, virus, atau patogen lain atau merupakan proses dari suatu penyakit.