Pengertian dan Manfaat Terapi Microneedling

by Ummi on October 16, 2017

Microneedling merupakan salah satu terobosan teknik perawatan kulit yang sedang trend akhir-akhir ini. Microneedling yang juga dikenal sebagai terapi induksi kolagen adalah teknik perawatan kulit yang melibatkan penggunaan jarum halus untuk menciptakan ratusan luka tusukan kecil yang tak terlihat di lapisan atas kulit. Meski kedengarannya mengerikan, namun perawatan invasif minimal ini, entah itu dilakukan di klinik oleh ahli kecantikan, dokter spesialis kulit, atau ahli bedah plastik yang terlatih, atau di rumah menggunakan dermaroller (sebuah cat roller genggam kecil yang dilapisi jarum mungil), tidak menimbulkan rasa sakit dan sangat efektif.

Manfaat microneedling

“Cedera mikro yang Anda ciptakan akan menstimulasi proses penyembuhan luka alami tubuh, menghasilkan perputaran sel dan meningkatkan produksi kolagen dan elastin, sehingga membalik dan mencegah tanda penuaan,” kata ahli kesehatan bersertifikat dan kontributor RealSelf, Sejal Shah, MD. Cara kerjanya hampir sama dengan laser, hanya saja kamu sendirilah yang melukai kulit secara mekanis bukannya menggunakan panas atau cahaya. Percaya atau tidak, microneedling telah menjadi sangat populer di kalangan penggemar fanatik perawatan kulit, dan bahkan majalah Vogue menyebutnya sebagai ‘the next big thing’ dalam anti- penuaan. Penasaran dengan manfaat menakjubkan apa saja yang ditawarkan oleh microneedling ? simak ulasannya berikut ini :

Microneedling mengurangi garis halus dan kerutan mendalam

Daya tarik utama dari microneedling adalah kemampuannya untuk merangsang pertumbuhan kolagen dan elastin, yang merupakan kunci kulit baru yang tampak muda. Beberapa dokter bahkan akan mengatakan bahwa prosedur tersebut adalah cara paling ampuh untuk menghentikan penuaan di jalurnya dan mencegah garis-garis halus dan keriput baru terbentuk. Dengan kemampuannya untuk memicu pembentukan sel kulit baru, dengan hanya beberapa sesi microneedling akan mengurangi garis-garis halus, kaki gagak, dan keriput mendalam di dahi. “Ini adalah salah satu alasan mengapa saya menyukai microneedling – karena dapat memanfaatkan mekanisme penyembuhan alami tubuh, jadi hasilnya sangat alami,” kata Dr. Shah. “Juga karena adanya waktu penghentian sementara (downtime) yang minimal, saya sering merekomendasikannya sebagai perawatan untuk orang-orang yang mencoba untuk menghentikan tanda-tanda penuaan.” Untuk merawat keriput, sebaiknya panjang jarum yang digunakan tidak lebih dari 1,5 mm.

Microneedling memperbaiki bekas luka yang tampak

Dalam sebuah penelitian di tahun 2009 mengenai efek dari microneedling, hampir 100 persen partisipan yang mengalami luka jerawat melaporkan adanya peningkatan yang nyata dalam visibilitas bekas jerawat mereka. Dengan microneedling di rumah, sebuah roller genggam 1,5 mm sudah cukup panjang untuk memperbaiki munculnya bekas jerawat. Namun, untuk bekas jerawat yang parah, Anda mungkin memerlukan jarum yang lebih panjang untuk hasil maksimal, jadi Anda pasti ingin mendatangi dermatologis atau facialis yang melakukan perawatan terapi microneedle. Perangkat microneedling kelas profesional bisa sepanjang 3 mm, yang dua kali lebih efektif dan akan mengobati bekas jerawat dalam yang terjadi di bawah permukaan kulit. Jika Anda bertanya-tanya bagaimana microneedling dibandingkan dengan perawatan laser fraksional saat mengatasi masalah bekas jerawat, perbandingan head to head yang dipublikasikan dalam jurnal Dermatologic Surgery pada tahun 2016, menemukan bahwa kedua perlakuan tersebut sebanding dan efektif, namun memberi penghargaan pada microneedling karena bisa ditoleransi dengan lebih baik, dengan efek samping yang lebih sedikit dan waktu jeda penggunaan (downtime) yang lebih sedikit.

Microneedling membalikkan kerusakan akibat sinar matahari dan pigmentasi

Sekali lagi, kolagen bisa dibilang merupakan cara paling vital untuk memperbaiki tampilan kulit, dan ini jauh melampaui mengurangi keriput. Dengan merangsang pertumbuhan kolagen dengan microneedling, Anda juga bisa membalikkan kerusakan akibat sinar matahari dan perubahan warna, termasuk hiperpigmentasi yang disertai melasma. Sebuah studi tahun 2015 menunjukkan bahwa microneedling menjadi pengobatan yang menjanjikan untuk pigmentasi wajah berwarna coklat muda yang disertai dengan kondisi kronis ini. Untuk meningkatkan pigmentasi ekstra dari kulit yang rusak akibat sinar matahari, jarum suntik Anda harus berkisar antara 1,0 mm – 1,5 mm panjangnya. Guru kecantikan Rachel Zoldan menulis bahwa setelah beberapa sesi kecil, kulitnya bias bersih dan bersinar meski sudah melewatkan banyak musim panas di bawah sinar matahari.

Microneedling membantu mengurangi tanda penuaan kulit

Di atas kemampuan microneedling untuk menghaluskan dan memperbaiki kerusakan kulit, itu juga memiliki bonus tambahan untuk mengencangkan kulit yang kendor, yang membuatnya sangat bagus untuk pria dan wanita yang lebih tua. (Ingat: Semakin Anda tua, semakin sedikit kolagen yang Anda produksi secara alami.) Sebuah studi tahun 2015 di International Journal of Dermatology menegaskan bahwa microneedling adalah cara baru untuk mencapai “peremajaan kulit, pengetatan, dan remodeling bekas luka”, dan bahwa hal itu menawarkan “perawatan sederhana dan efektif untuk kulit yang menua” dengan efek samping dan downtime minimal. Kulit yang lebih tua juga bisa mengambil manfaat dari bahan bakar yang tepat, jadi tambahkan ‘makanan kecantikan’ ini ke diet Anda untuk mendapatkan cahaya itu.

Microneedling mengecilkan pori-pori

Ini memang sedikit kontra-intuitif, tapi microneedling tidak benar-benar memperbesar pori-pori seperti yang mungkin Anda bayangkan karena metode ini menusuk kulit Anda ratusan kali. Sebaliknya, satu manfaat utama dari menggunakan dermaroller adalah membantu pori-pori tampak jauh lebih kecil. Microneedling merangsang kolagen di dalam dan sekitar pori-pori Anda, yang menyebabkannya merekah dan tampak mengerut, jika tidak ditutup. Dan mari kita jujur, siapa yang tidak ingin pori-porinya menjadi lebih kecil?

Microneedling membuat produk kecantikanmu bias bekerja dengan lebih baik

Tahukah kamu bahwa hanya 4 sampai 8 persen saja dari serum mahal yang kamu gunakan di wajah yang bisa benar-benar menembus kulit? Salah satu daya tarik tambahan microneedling adalah meningkatkan daya serap produk. Studi memastikan bahwa pengobatan tersebut benar-benar dapat membantu pengobatan topikal menembus kulit lebih efisien, memungkinkan Anda untuk menuai manfaat penuh dari setiap produk. Ini masuk akal mengingat fakta bahwa microneedling menciptakan ribuan lubang tak terlihat di kulit yang siap menyerap produk dengan cara yang tidak bisa dilakukan oleh pori-pori yang tersumbat. “Tusukan kecil itu benar-benar bertindak seperti saluran kecil, memungkinkan produk topikal untuk menembus lebih baik dan bekerja lebih efektif,” kata Dr. Shah.

Microneedling bisa dilakukan di seluruh tubuh

Akhirnya, manfaat mengagumkan dari microneedling adalah bahwa perawatan ini tidak eksklusif pada wajah saja. Hal itu bisa dilakukan pada area kulit mana pun yang perlu diperbaiki-terutama area yang menampilkan stretch mark atau bekas jerawat, seperti kaki, dada, punggung, dan pantat. Sedikitnya empat sampai enam sesi bisa membuat perbedaan di area bermasalah ini.