Pentingnya Magnesium Bagi Tubuh

by Ummi on October 1, 2016

Apakah kamu sedang mengalami menstrual kram yang parah, konstipasi, atau bahkan kegelisahan? Jika iya, maka kamu tidak perlu harus membeli obat-obatan sintetis untuk mengatasinya. Cukup penuhi kebutuhanmu akan magnesium, mineral esensial yang ternyata kebanyakan dari kita tidak cukup mengkonsumsinya.

makanan sumber magnesium

Mengapa banyak orang yang menderita kekurangan magnesium?

“Pada umumnya, orang-orang tidak mengkonsumsi cukup sayuran, terutama sayuran berdaun hijau, yang beberapa diantaranya merupakan salah satu sumber magnesium terbaik, dan terlalu banyak mengkonsumsi biji-bijian olahan dan diperkaya, yang ditiadakan mineralnya.” Ujar Katie Shields, seorang pakar diet nutrisi terdaftar. Padahal, magnesium berperan dalam lebih dari 300 reaksi enzim dalam tubuh.

Manfaat penting magnesium

Karena magnesium berperan penting dalam begitu banyak reaksi dalam tubuh, memiliki kandungan mineral magnesium yang rendah bisa menyebabkanmu merasa payah dalam berbagai cara. Magnesium membantu dalam relaksasi otot dan aliran darah, sehingga kekurangan mineral ini menyebabkan segala sesuatu mulai dari kram saat menstruasi yang bertambah buruk hingga sakit kepala berdenyut, mulai dari lelah otot hingga konstipasi, ujar Shields. Mineral ini juga berperan dalam regulasi gula darah dan memiliki efek menenangkan pada system saraf, sehingga kekurangan magnesium seringkali memicu keinginan besar akan gula dan bisa berkontribusi pada kegelisahan dan susah tidur.

Tips memenuhi kebutuhan magnesium melalui makanan

Meskipun magnesium mungkin bukan menjadi penyembuh bagi setiap sakit, nyeri, dan penyakit misteriusmu, membuat poin untuk memukul kuota harianmu dengan makanan yang tepat bisa membantu memastikan bahwa tubuhmu memiliki apa yang dibutuhkan untuk berfungsi optimal. Secara umum, makanan yang tinggi serat merupakan sumber magnesium yang baik, kata Shields: Pikirkan sayuran berdaun seperti kale, sawi, bayam, dan rumput laut. Sumber lain termasuk brokoli, labu, kacang-kacangan (terutama almond), biji-bijian, polong-polongan (terutama edamame dan kacang hitam), dan bahkan bubuk kakao murni.

Cara lain untuk mendapatkan dosis magnesium: berendamlah dalam bak mandi yang ditaburi dengan garam Epsom, yang tinggi magnesium sulfat. Lakukan mandi air panas, tambahkan secangkir garam Epsom, dan berendamlah selama 20 sampai 30 menit dua atau tiga kali per minggu. Tidak ada bak? Bahkan merendam kakimu akan melakukan trik, kata Shields.

Apakah kamu butuh suplemen?

“Mendapatkan nutrisi dari seluruh sumber makanan selalu lebih baik, tetapi bisa sulit untuk mendapatkan cukup magnesium melalui makanan saja,” kata Shields. “Jadi saya sarankan untuk mengambil suplemen magnesium.” Berapa banyak? suplemen magnesium cenderung aman bagi kebanyakan orang dewasa ketika diambil dalam dosis rendah (yakni 100-300 mg / hari). Shields biasanya merekomendasikan mengambil magnesium glisinat, berhubung bentuk ini mudah diserap di saluran pencernaan, dan membagi asupanmu sepanjang hari (misalnya, 100 mg sampai tiga kali sehari). Jika kamu mengambil magnesium secara berlebih, kamu mungkin mengalami mencret, mual, atau muntah. Bicaralah dengan dokter atau ahli diet terdaftar yang dapat menilai diet dan obat-obatan yang lain, suplemen, atau herbal yang kamu konsumsi untuk mengantisipasi interaksi potensial atau efek samping.