Pentingnya Vitamin K Bagi Tubuh

by Ummi on March 13, 2017

Vitamin K, yang merupakan vitamin penting yang larut dalam lemak, memainkan peran penting dalam kesehatan tulang dan jantung. Istilah vitamin ‘K’ mengacu pada keluarga senyawa dengan struktur kimia umum 2-metil-1, 4-naphthoquinone. Senyawa ini termasuk phylloquinone (vitamin K1) dan serangkaian menaquinones (vitamin K2). Menjadi vitamin yang larut dalam lemak, tubuhmu menyimpan vitamin K dalam jaringan lemak dan hati.

Tanda-tanda kekurangan vitamin K

Kekurangan vitamin K dapat menyebabkan pembekuan darah yang merusak, meningkatkan perdarahan dan osteoporosis. Beberapa tanda dan gejala defisiensi vitamin K yang lain termasuk mudah memar, mengalirnya darah dari hidung atau gusi, periode menstruasi yang berat, perdarahan gastrointestinal, darah dalam urin dan perdarahan yang berlebihan dari luka, tusukan, suntikan atau sayatan bedah.

Asupan harian yang direkomendasikan dari vitamin K

USIA

PRIA

WANITA

0-6 bulan

2.0 mcg

2.0 mcg

7-12 bulan

2.5 mcg

2.5 mcg

1-3 tahun

30 mcg

30 mcg

4-8 tahun

55 mcg

55 mcg

9-13 tahun

60 mcg

60 mcg

14-18 tahun

75 mcg

75 mcg

19 tahun ke atas

120 mcg

90 mcg

Orang dengan kondisi malnutrisi yang kronis, ketergantungan alcohol, atau kondisi kesehatan yang menghambat penyerapan vitamin dari makanan berada pada resiko lebih tinggi untuk menderita kekurangan vitamin K.

Sumber vitamin K Terbaik

Untuk mendapatkan vitamin K, kamu selalu bisa mengambil suplemen vitamin K setelah berkonsultasi dengan doktermu. Meskipun begitu, masih ada banyak sumber vitamin K alami yang bisa kamu pilih. Sayuran berdaun hijau ( seperti bayam, sawi, kangkung, dan kale) dan keluarga kubis-kubisan ( seperti brokoli, kubis, dan kembang kol ) adalah dua sumber terbaik vitamin K.

Sumber makanan lain termasuk daun bawang, plum, mentimun, hati sapi, teh hijau, sayuran laut, ikan, telur, kemangi kering, dedak gandum, dan produk susu fermentasi seperti yoghurt dan keju.

Berikut adalah manfaat penting vitamin K bagi tubuh :

Meregulasi pembekuan darah

Salah satu fungsi utama dari vitamin K adalah untuk mengatur pembekuan darah, yang membutuhkan satu set dari molekul tertentu yang terus menerus beredar melalui aliran darah. Vitamin K memainkan peran kunci dalam penggabungan dari prothrombium, sebuah proses otomatis yang terjadi di masa injury akibat adanya koyakan atau robekan di dalam pembuluh darah.

Vitamin K membantu pengangkutan kalsium ke seluruh tubuh, yang diperlukan untuk mengatur pembekuan darah. Pada saat yang sama, vitamin ini membantu meningkatkan kelainan darah yang disebut sindrom myelodysplastic. Hal ini juga digunakan untuk membalikkan efek dari obat pengencer darah jika terlalu banyak diberikan. Selain itu, mencegah masalah pembekuan darah pada bayi baru lahir yang memiliki kadar vitamin K yang rendah.

Meningkatkan kesehatan tulang

Vitamin penting ini memainkan peran utama dalam meningkatkan kesehatan tulang dan mengurangi risiko patah tulang. Vitamin K sangat penting bagi wanita menopause yang berisiko osteoporosis. Tubuhmu membutuhkan vitamin K untuk menggunakan kalsium untuk membangun tulang. Jumlah vitamin K yang cukup, khususnya K2, diperlukan untuk mengaktifkan osteocalcin, protein yang beredar dalam darah yang mengikat ion kalsium ke matriks tulang, sehingga membuat tulang lebih kuat.

Sebuah studi 2001 yang diterbitkan di Nutrition melaporkan bahwa selain gamma karboksilasi dari osteocalcin (protein yang terlibat dalam mineralisasi tulang), vitamin K juga positif mempengaruhi keseimbangan kalsium, mineral penting dalam metabolisme tulang.
Bahkan, orang-orang dengan jumlah vitamin K yang cukup memiliki kepadatan tulang yang lebih besar, sementara tingkat vitamin K yang rendah terkait dengan osteoporosis.

Mendukung kesehatan jantung

Vitamin K juga baik untuk kesehatan jantungmu. Pertama-tama, vitamin K membantu menurunkan tekanan darah dengan mencegah penumpukan mineral dalam arteri (mineralisasi). Hal ini memungkinkan jantung untuk secara bebas mendorong darah ke seluruh tubuh.
Sebuah studi 2009 yang diterbitkan dalam Atherosclerosis melaporkan bahwa asupan tinggi diet menaquinone (vitamin K2) dikaitkan dengan kalsifikasi koroner yang berkurang. Sehingga asupan menaquinone yang memadai dapat menjadi penting untuk mencegah penyakit kardiovaskular.

Kedua, vitamin ini membantu dalam mengurangi peradangan dan melindungi sel-sel yang melapisi pembuluh darah, termasuk baik vena dan arteri. Hal ini pada gilirannya mengurangi kemungkinan berhentinya jantung atau serangan jantung.

Melawan kanker

Vitamin K efektif dalam memerangi kanker usus, lambung, hati, mulut, prostat dan hidung, karena efek antikanker-nya. Sebuah studi tahun 2003 yang diterbitkan dalam Alternative Medicine Review mempelajari 30 pasien dengan jenis kanker hati. Para pasien mengambil vitamin K1 oral, dan ditemukan bahwa penyakit ini stabil dalam enam pasien, tujuh pasien memiliki respon parsial dan tujuh lainnya telah meningkat fungsi hatinya.
Jika kamu memiliki kanker atau riwayat keluarga, maka kamu harus memastikan bahwa kamu mendapatkan vitamin K yang memadai dan bahkan mungkin ingin mempertimbangkan menambahkan suplemen vitamin K untuk dietmu.

*Lanjutannya, klik page 2 yang ada di bawah

Page: 1 2