Penyebab Bayi Begadang Di Malam Hari

by Ummi on June 4, 2016

Menjadi orang tua baru, tentu menjadi pengalaman indah tersendiri, namun juga merupakan trugas yang berat. Kamu akan mengalami berbagai pengalaman baru setiap hari seiring bertumbuhnya bayimu. Beberapa pengalaman mungkin akan tampak seperti harta karun, namun yang lain bisa memberimu mimpi buruk. Salah satunya adalah masalah tidur. Biasanya, bayi yang baru lahir akan tidur sepanjang siang hari dan akan terjaga di malam hari. Ini adalah kondisi yang normal dan sehat. Namun, seiring mereka tumbuh, pola tidur mereka akan berubah dan mereka akan belajar untuk tidur di malam hari.

Namun pada suatu waktu, bayi bisa menjadi rewel dan tidak merasa ngantuk sama sekali. Orangtua pun menjadi frustasi dan putus asa mengatasi masalah anak mereka yang susah tidur di malam hari. Jika kamu penasaran dengan apa yang menjadi penyebab bayi susah tidur di malam hari? Berikut adalah alasan umum mengapa bayi tak bisa tidur di malam hari ;

Lapar & haus

Sebagian bayi bangun di malam hari karena mereka merasa lapar. Entah sang bayi di beri minum susu formula, ASI, di beri minum tergantung permintaan, atau diberi minum setiap beberapa jam sekali, bayi bisa merasa lapar saat malam atau sebelum waktu tidur. Bayi baru lahir perlu disusui setiap beberapa jam sekali, khususnya ketika bayi disusui ASI karena ASI akan sangat mudah dicerna. Jika bayimu berusia lebih dari 6 bulan dan belum di beri makan makanan yang solid, maka mereka kaan cenderung sering terbangun di malam hari.

Jika bayimu akan mengalami lonjakan pertumbuhan, ia mungkin merasa lapar dan membutuhkan lebih banyak makanan daripada yang normal. Umumnya, ledakan pertumbuhan terjadi pada usia 7 sampai 10 hari, 3 minggu, 6 minggu, 3 bulan, 6 bulan dan 9 bulan. Beri makan bayimu sesuai pada permintaan. Beri susu yang lebih banyak lagi, jika kamu memberikan susu formula. Jika kamu sedang menyusui, beri makan tanpa usah khawatir tentang pasokan ASI. Pasokan susu ibu akan bisa memenuhi permintaan bayi. Kamu mungkin hanya perlu mengambil cairan tambahan, karena kamu mungkin merasa haus setelah proses menyusui.

Sama seperti lapar, haus juga bisa menjadi salah satu penyebab utama bayi susah tidur di malam hari. Jaga agar bayimu tetap terhidrasi sepanjang hari dan, jika diperlukan, cobalah untuk memberikan bayi minum air selain susu seperti air gula atau teh, jika ia lebih tua dari 6 bulan.Untuk bayi usia kurang dari 6 bulan, konsultasikan lebih dulu dengan dokter sebelum menawarkan air.

Butuh alat bantu tidur

Ini merupakan salah satu penyebab paling umum mengapa bayi begadang di malam hari. Jika bayimu sudah dikondisikan untuk tidur dengan bantuan properti tidur, mungkin ia sedang membutuhkannya ketika terbangun di malam hari. Properti tersebut bisa berupa dot, botol susu, atau payudara.

Jika bayimu terbiasa dengan properti tidur, seperti langsung bisa jatuh tertidur saat menyusu atau dengan botol atau dot di mulut, maka bayimu kemungkinan besar bayimu sulit untuk tertidur kembali dengan sendiri. Ini adalah alasan utama untuk tidur siang yang singkat dan sering terjaga  di malam hari.Ada banyak cara agar bayi dapat menenangkan diri untuk tidur. Ajarkan anakmu untuk tidur sendiri dengan cara menempatkan dia di tempat tidur ketika sudah mengantuk tapi masih terjaga.

Perubahan dalam rutinitas jam tidur reguler

Konsistensi adalah kunci jika berhadapan dengan anak-anak, terutama ketika berbicara masalah tidur. Setiap perubahan dalam rutinitas tidur bayimu dapat membuat sulit baginya untuk menikmati tidur yang nyenyak.Hal ini penting untuk menjaga jadwal tidur yang sama untuk pengaturan jam internal bayi, yang akan mengatur siklus hormon siang dan malam. Hal ini membantu bayi mengantuk dan tertidur sekitar waktu yang sama setiap hari.

Jangan mencoba untuk menempatkan bayimu untuk tidur terlalu dini (ketika anak tidak lelah) atau terlalu telat (ketika anak lelah). Jangan menyuruh tidur siang di sore hari atau malam karena nanti bayi akan merasa sulit untuk tidur lagi di malam hari ketika ia baru terbangun dari tidur siang.Sebuah studi 2005 yang diterbitkan dalam International Journal of Nursing Studies melaporkan bahwa bayi kecil kurang begitu memerlukan bantuan agar bisa jatuh tertidur di malam hari ketika orang tua memperpanjang waktu antara tidur siang terakhir hari dan waktu tidur malam.

Terlalu lelah atau terlalu terangsang

Orang dewasa akan mengalami kesulitan untuk tidur ketika mereka merasa lelah dan memikirkan banyak hal di otak mereka. seperti halnya orang dewasa, ketika bayi merasa super lelah, mereka tidak bisa tidur dengan nyenyak. Ketika terlalu lelah, bayi akan tidur sebentar, lebih banyak terjaga, dan menjadi rewel.

Lingkungan yang terlalu menstimulasi juga bisa membuat bayi susah untuk tidur nyenyak dengan mudah. Kebisingan, mainan, orang yang ramai serta benda elektronik lain bisa membuat bayimu untuk susah tidur. Inilah mengapa, latihan fisik dan bentuk kesenangan lain sebaiknya dihindari sesaat menjelang tidur.

Cobalah untuk membuat rutinitas tidur yang damai untuk bayi. Mandi hangat yang santai, pijat, dekapan dan pelukan, cerita pengantar tidur, digendong, dibawa berkeliling sebelum tidur, bisa membantu si kecil merasa tenang sebelum tidur.Ini akan membantu sang buah hati untuk bisa tidur nyenyak sepanjang malam, jarang bangun di malam hari dan bangun dalam suasana hati yang lebih baik di pagi hari.Berpegang teguhlahpada rutinitas tidur yang teratur dan meletakkan bayi tidur lebih awal jika ia menunjukkan isyarat kelelahan.