Penyebab Buang Angin Berlebihan & Cara Mengatasinya

by Ummi on May 10, 2015

Baik kamu mau mengakui atau tidak, setiap orang pasti memiliki gas. Buang angin alias kentut akan terjadi saat makananmu terurai di usus. Dan hal ini normal, karena kebanyakan orang mengalaminya rata-rata 10-15 kali sehari. Namun, jika kamu terlalu sering kentut, bahkan dengan bau yang menyengat, ini bisa menjadi pertanda tubuhmu sedang mencoba memberitahumu sesuatu. Dan berikut ini adalah beberapa penyebab orang sering buang angin dan bagaimana cara untuk mengatasinya:

penyebab sering kentut

  • Kamu makan terlalu banyak serat

Meskipun system pencernaanmu memerlukan makanan sehat yang kaya serat untuk bisa berfungsi dengan baik, namun memakanannya dengan porsi yang berlebihan bisa membuatmu kembung. Lebih baik tambahkan fiber secara perlahan dalam porsi yang wajar, dan cobalah untuk jalan-jalan sebentar setelah makan agar ususmu bisa bergerak dengan lancar.

  • Kamu alergi terhadapa susu

Buang angin adalah salah satu cara bagi tubuhmu untuk memberikan tanda intoleransi terhadap produk susu atau gluten. 40 juta orang warga Amerika tidak memiliki enzim yang dibutuhkan untuk mencerna produk susu, dan sekitar 90% warga ketu runan Asia-Amerika alergi terhadap susu. Dan, 75% orang memiliki penurunan kemampuan untuk memproses laktosa seiring bertambahnya usia. Hentikan segera pemakaian susu yang mungkin tidak ditoleransi oleh tubuhmu.

  • Kamu memakan makanan pemicu gas dan perut kembung

Kacang-kacangan terkenal karena efeknya yang mengandung gas. Namun, sayuran lain seperti brokoli, kembang kol, dan kubis juga bisa menyebabkan gas dan kembung. Tersangka utama yang lain adalah makanan dengan pemanis buatan, khusunya gula dalam alkohol seperti maltitol. Begitu juga dengan makanan yang mengandung tepung seperti aneka camilan dengan bahan tepung, ubi jalar, singkong, dan kentang. Mengawasi semua reaksi makanan yang kamu makan dan menemukan pola makan yang tepat untukmu benar-benar merupakan hal yang harus dilakukan. Menentukan pemicu spesifik dari tubuhmu bisa membantumu menentukan makanan apa yang perlu untuk dikurangi.

  • Kamu makan terlalu cepat

Bukan beberapa jenis makanan tertentu saja yang bisa menimbulkan gas pada saluran pencernaanmu. Makan dengan terlalu cepat, mengunyah permen karet, minum dengan seotan, dan merokok juga bisa menjadi penyebab seseorang sering buang angin. Untuk itu, makanlah dan kunyahlah makanan secara perlahan untuk mengurangi produksi gas yang berlebih.

  • Kamu mungkin punya masalah dengan usus besarmu

Masalah perut juga bisa menunjukkan kondisi yang lebih parah speerti Sindrome Iritasi Usus (IBS). Kunjungilah ahli pencernaan jika kamu mengalami gejala lain seperti diare, sakit perut, perbedaan dalam ttinja, dan penurunan berat badan yang tidak diharapkan. Jika kamu mengalami kembung atau buang gas berlebihan yang tak kunjung sembuh, ide yang baik adalah dengan mengunjungi seorang spesialis.