Penyebab dan Cara Alami Mengatasi Lidah Berwarna Putih

by Ummi on October 1, 2017

Setiap tahunnya, jutaan orang pernah mengalami sensasi terbakar dan lapisan putih yang terasa asam di bagian lidah mereka. Dan meski hal itu jarang sekali berakibat fatal, namun masih bisa mengkhawatirkan dan harus segera diatasi. Kondisi ini mungkin juga merupakan indikasi masalah mendasar yang lebih serius, terutama jika sulit diobati dalam waktu satu atau dua minggu.

penyebab lidah putih

Apa itu kondisi lidah berwarna putih?

Lidah putih adalah suatu kondisi yang ditandai dengan terbentuknya lapisan atau plak putih di bagian atas lidah. Penampilan putih tersebut berasal dari akumulasi sel-sel mati, bakteri dan kotoran lainnya yang telah terkumpul di antara papilla lidah. Papila ini akan menjadi terpisah atau meradang akibat berbagai faktor risiko atau kondisi. Peradangan ini seringkali hanya terjadi dalam waktu singkat dan tidak berbahaya, tapi seharusnya tidak diabaikan.

Bahaya lidah putih tidak terbatas pada penampilan lidah saja, tapi juga bisa membuat mulut Anda lebih rentan terhadap infeksi lainnya. Bakteri dan virus yang dapat menempel di tempat antara papilla yang meradang juga dapat menyebabkan efek samping yang lebih serius.

Penyebab lidah berwarna putih

Penyebab dasar dan faktor risiko lidah putih termasuk merokok, penyalahgunaan alkohol, pilihan makanan, penyakit jantung, dehidrasi, iritasi lingkungan, sariawan oral, makanan pedas, kanker mulut, penggunaan obat tertentu dan iritasi berulang di lidah.

Merokok: Konsumsi tembakau bisa membakar mulut karena asap dan bahan kimia yang kuat yang terkandung dalam setiap serabut rokok. Hal ini dapat menyebabkan iritasi pada lidah, menyebabkan papila terangkat dan menjadikannya kondisi ideal untuk timbulnya lidah putih.

Alkohol: Konsumsi alkohol yang berlebihan bisa mengeringkan mulut, karena alkohol memang bisa membuat tubuh mengalami dehidrasi. Bila lidah mengalami dehidrasi, ia bisa menjadi meradang dan teriritasi, yang merupakan waktu yang tepat bagi kotoran dan sel-sel mati lainnya untuk mengisi celah di antara papilla.

Pilihan Diet: Orang yang makan banyak makanan lembek atau lunak, dan kekurangan gizi dalam makanan mereka, sering menumpuk lapisan kotoran di lidah. Makanan yang lebih keras atau lebih kaku bekerja untuk mengikis lidah saat pengunyahan, menghilangkan kotoran dan bakteri dari permukaan lidah.

Penyakit Jantung: Ada lagi kondisi yang disebut lidah merah, di mana ujung lidah berubah merah, sedangkan sisanya berwarna cukup pucat; Kondisi ini terkait dengan masalah jantung, seperti lidah putih, dimana terlalu sedikit darah yang sampai ke lidah, menyebabkan radang di lidah.

Dehidrasi: Jika Anda tidak mengkonsumsi cukup air setiap hari, tubuh akan mengalami banyak gejala yang tidak menyenangkan, seperti peradangan pada bagian tubuh tertentu termasuk lidah.

Iritan Lingkungan: Jika kamu menghirup pemicu iritasi lingkungan tertentu atau polutan, mereka dapat tersangkut di lidah dan merangsang respons kekebalan tubuh. Peradangan yang berkelanjutan akan membuat lidahmu rentan terhadap segala macam kotoran dan bakteri.

Cedera atau Iritasi: Jika kamu menggunakan sikat gigi listrik atau mengikis lidah dengan terlalu keras menggunakan sikat gigi, maka kamu mungkin bisa meninggalkan lecet atau bekas kecil di lidah, yang dengan mudah bisa menyebabkan lidah putih.

Obat-obatan: Beberapa antibiotik atau steroid dapat menyebabkan lidah putih, karena akan membahayakan keseimbangan bakteri dalam tubuh dan mulut, yang akan membuatnya lebih sulit bagi mulut untuk melawan bakteri patogen.

Makanan Pedas: Jika kamu secara teratur menambahkan cabe dan rempah-rempah yang menyengat ke makanan Anda, ini bisa menyebabkan peradangan pada reseptor di lidah. Untuk mencegah peradangan ini, penting untuk minum banyak air untuk membersihkan sisa kotoran atau sel-sel mati di mulut.

Kanker Mulut: Berbagai jenis kanker mulut, serta berbagai penyakit autoimun, dapat menyebabkan sistem kekebalan tubuh terganggu di mulut, membuat lidah Anda rentan terhadap berbagai infeksi pada papilla, yang dapat menyebabkan lidah putih.

Perawatan lidah berwarna putih

Jika kamu mengalami lidah putih, ada sejumlah cara sederhana untuk menghilangkan masalahnya, diantaranya tablet stimulasi air liur, penyikatan fisik, dan berkumur kumur. Selanjutnya, menghilangkan salah satu faktor risiko di atas juga dapat membantu mengobati atau menghindari gejala lidah putih secara alami.

Tablet saliva

Ada beberapa obat bebas yang dirancang untuk membantu meringankan mulut kering, yang merupakan faktor risiko utama untuk lidah putih. Dengan merangsang pelepasan air liur, bersamaan dengan sifat antibakterinya, tablet rehidrasi ini dapat membantu membersihkan mulut dari kotoran berlebih.

*Lanjutannya, klik page 2 yang ada di bawah

Page: 1 2