Penyebab & Gejala Wasir atau Ambeien

by Ummi on March 5, 2014

Menurut wikipedia, wasir atau ambeien adalah kondisi patologis membengkak atau meradang-nya hemoroid, struktur vaskular dalam saluran anus yang membantu kontrol buang air besar. Pengertian ini sangat cocok bila dikaitkan dengan jenis-jenis wasir seperti keterangan di bawah.

Penyebab wasir atau ambeien

Banyak sekali faktor penyebab wasir atau ambeien, di antaranya adalah; terlalu banyak duduk, berdiri terlalu lama, kurang minum, kurang serat, diet menahun (sebelum memutuskan untuk melakukan diet, kamu harus tahu tips diet yang benar dulu), faktor keturunan, mengangkat beban terlalu berat, meningkatnya tekanan pembuluh darah balik di sekitar rektum atau dubur.

Gejala wasir atau ambeien

Seseorang yang terkena penyakit wasir atau ambeien ini biasanya ada beberapa gejala yang ditimbulkan, di antaranya;

  1. mengeluarkan darah saat buang air besar
  2. susah buang air besar atau sembelit
  3. muncul benjolan di sekitar anus yang di dalamnya terdapat pembuluh darah balik (vena), otot, jaringan ikat elastis. Benjolan tersebut bisa membesar saat kamu melakukan aktifitas (tidak dalam posisi istirahat dengan cara rebahan).
  4. timbul rasa nyeri pada saat buang air besar akibat rangsangan saraf di sekitar anus.
  5. bila wasir terjadi pergesekan dengan feses atau tinja yang keras, maka akan menimbulkan iritasi, bahkan bisa terjadi pendarahan.
  6. penderita wasir biasanya kurang nyaman saat duduk karena ada pembengkakan rektum yang menyebabkan rasa nyeri
  7. biasanya wanita hamil rentan terkena wasir atau ambeien karena adanya perubahan hormon kehamilan sehingga terjadi pelebaran dan penambahan pembuluh darah serta peningkatan aliran darah ke kandungan.

Jenis-jenis wasir atau ambeien

Pada dasarnya, jenis wasir yang dalam istilah kedokteran disebut hemoroid itu dibagi menjadi dua bagian, yakni hemoroin eksternal dan hemoroid internal. Hemoroid eksternal sangat mudah dikenali karena ada benjolan di sekitar anus. Sedangkan hemoroin internal dikelompokkan lagi berdasarkan tingkat keparahannya;

  1. tingkat yang pertama ini muncul pendarahan, namun tak ada benjolan di recktum
  2. ada benjolan, tapi benjolan tersebut bisa masuk kembali atau kempes dengan sendirinya.
  3. ada benjolan yang hanya bisa masuk kembali dengan bantuan adanya pendorongan, misalnya dengan tangan.
  4. terjadi benjolan disertai pembekuan darah sehingga menutupi muara anus.

Itulah beberapa gejala dan penyebab wasir sekaligus jenis-jenisnya. Sedangkan untuk pencegahan dan pengobatan wasir secara alami akan dibahas pada sesi selanjutnya..