Penyebab Jerawat Batu dan Cara Mencegahnya

by Siti Eka Kurniyati on February 6, 2016

Salah satu jenis jerawat yang paling ditakuti oleh para wanita adalah jerawat batu. Kenapa jerawat ini sangat dihindari dari jenis jerawat lainnya? Karena jerawat ini sangat bandel dan susah dihilangkan atau diatasi juga bentuknya yang besar dan terasa menyakitkan di wajah.

cara mencegah jerawat batuKami mempunyai beberapa tips untuk cara mencegah jerawat batu agar wajah kamu terhindari dari jerawat batu. Namun sebelum kita membahas cara mencegah jerawat batu, ada baiknya kita bahas dulu apa saja sih penyebab jerawat batu? Simak ulasannya di bawah Ini

Penyebab Jerawat Batu

Faktor Keturunan atau Gen

Jika orang tua atau kakek nenek pernah memiliki riwayat jerawat batu, ada kemungkinan kamu juga akan mengalami jerawat batu. Jerawat batu disebabkan kelenjar minyak berlebih yang ada di bagian wahah dan kelenjar tersebut memproduksi minyak secara overaktif.

Kulit Sensitif

Jerawat batu bisa juga disebabkan karena kulit yang terlalu sensitive karena suatu rangsangan. Hal ini bisa terjadi karena apabila kulit sensitive terserang jerawat biasa akan menyumbat pori dan menimbulkan peradangan pada kulit. Hal tersebutlah yang menyebabkan tumbuhnya jamur batu.

Jarang Membersihkan Wajah

Kosmetik maupun kotoran dari debu dan polusi bisa menyebabkan jerawat batu jika tidak dibersihkan secara menyeluruh. Rajinlah membersihkan wajah saat malam hari sebelum tidur. (baca : cara membersihkan wajah yang benar)

Regenerasi Kulit Abnormal

Kulit mati pada kulit normal akan segera digantikan dengan yang baru. Namun, ada juga regenerasi ini tidak langsung terjadi. Terhambatnya regenerasi kulit inilah yang akan menyebabkan sel kulit mati menumpuk dan memunculkan jerawat batu. (baca : tips mengelupas sel kulit mati dan 10 bahan alami untuk mengelupas sel kulit mati)

Pembersih Jerawat yang Tidak Higienis

Sebagian wanita sering tidak sabar jika menghadapi jerawat. Terkadang mereka memencet atau mencabut jerawat dengan sebuah alat. Namun, beberapa wanita kurang memperhatikan kebersihan alat tersebut sehingga alat tersebut tidak lagi higienis dan menimbulkan jerawat batu.

Salah Memilih Kosmetik dan Perawatan Wajah (Obat)

Jika kamu ingin memakai kosmetik maupun perawatan wajah, sebaiknya cobalah sedikit dulu apakah kulitmu cocok atau tidak. Selain menyebabkan jerawat batu, kosmetik yang tidak cocok juga akan menyebabkan peradangan bahkan kanker kulit.

Cara Mencegah Jerawat Kulit

Ada beberapa hal yang bisa kamu lakukan untuk mencegah jerawat batu. Apa sajakah hal tersebut? Mari kita simak ulasan di bawah ini.

  • Hindarilah makanan berkolesterol tinggi, mengandung banyak minyak, gorengan serta minuman beralkohol.
  • Perbanyak  makan sayuran dan buah-buahan.
  • Sebelum dan sesudah menggunakan kosmetik sebaiknya kamu membersihkan terlebih dahulu wajahmu.
  • Perbanyak minum air putih dan jika bisa minumlah the herbal di pagi hari
  • Jaga kebersihan wajah dengan mencuci muka sebelum tidur
  • Pakailah masker alami untuk merawat kulit wajahmu. (baca : cara membuat masker alami sesuai jenis kulit)

Itu dia tadi beberapa penyebab jerawat batu dan cara pencegahannya. Untuk cara mengatasi jerawat batu kita akan membahasnya pada artikel berikutnya 😀