≡ Menu
werno-werno.com

Penyebab Jerawat

Sebelum membahas tentang cara alami mengatasi jerawat, kita ketahui dulu penyebab jerawat atau mengapa jerawat muncul..? Jerawat adalah penyakit yang tidak membutuhkan diagnosis lebih lanjut sebab penyakit ini mudah dikenal oleh masyarakat atau orang awam, oleh dokter, apalagi dokter spesialis kulit. Meskipun demikian, sampai saat ini masih banyak silang pendapat tentang kepastian peyebab jerawat. Hal ini dimungkinkan sebab setiap orang memiliki hal-hal yang spesifik, yang mungkin bisa dijadikan alasan penyebab jerawat.

Penyebab munculnya jerawat di wajah

Jerawat ini oleh sebagian masyarakat masih dianggap penyakit biasa, misalnya sebagai permulaan masa pubertas. Memang diakui bahwa penyakit jerawat ini tidak jarang nongkrong di wajah anak-anak menjelang masa usai remaja, sehingga jerawat disebut dengan ‘bisul asmara’. Pada masa permulaan ini, si penderita jerawat masih menganggap hal yang umum terjadi sehingga membiarkan begitu saja tumbuh di wajah. Keadaan yang berlarut-larut tanpa ada penanggulangan dan pengobatan secara dini dapat berakibat buruk pada kulit wajah.

Memang, ada sebagian orang yang pada masa tertentu tumbuh jerawat di wajahnya, tetapi dapat sembuh tanpa perawatan dan pengobatan secara khusus, seperti pertanda menjelang remaja, wanita tertentu yang mengalami menstruasi atau datang bulan, dan juga kadang-kadang ibu hamil. Akan tetapi akan lebih baik jika penanggulangan dan pengobatan dilakukan secara dini sehingga menghindari terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan, yakni saat jerawat telah meradang. Dengan demikian penyembuhan akan semakin sulit.

Perlu kita ketahui bahwa penyebab jerawat sangat kompleks dan tentu saja berbeda bagi setiap individu. Oleh sebab itu, belajar dari diri sendiri merupakan tindakan yang baik. Misalnya, penyebab jerawat adalah faktor makanan, namun sekarang banyak ahli yang tidak memperhitungkan menu makanan sebagai faktor utama penyebab jerawat.

Terus bagaimana dengan makanan yang amis seperti telur, ayam, makanan pedas atau kacang-kacangan sudah sangat populer sebagai pemicu atau penyebab jerawat. Menurut dr. gloria Novelita, SpKK,  menjelaskan bahwa meskipun sudah sering diadakan penelitian tentang makanan yang bisa memicu tumbuhnya jerawat, namun tidak ada yang pasti jenis makanan apa yang bisa menimbulkan jerawat. Seandainya penyebab jerawat adalah faktor makanan, tentunya kita pun dapat merasakan sendiri pengaruh makanan terhadap keadaan jerawat kita. Menurutnya, selain karena faktor hormonal dan gen dari orang tua, penyebab jerawat lebih ditekankan pada faktor gaya hidup yang tidak sehat, seperti jarang berolahraga dan mengkonsumsi makanan yang mengandung lemak dan kalori berlebih.

Sebagiamana dilansir dari livestrong, penyebab jerawat adalah faktor kekurangan cairan dalam tubuh. Tubuh yang kekurangan cairan akan membuat kulit menjadi kering, kulit kering selanjutnya akan mati dan menutup pori-pori sehingga menjadi pemicu munculnya jerawat. Kalau memang dehidrasi adalah penyebab jerawat pada wajah anda, cara mengatasinya cukup mudah, minum air putih 8 sampai 9 gelas perhari dan jangan menunggu haus.

Kesimpulan Penyebab Jerawat

Belum (sepertinya tidak akan pernah ada) ada yang pasti masalah penyebab jerawat, setiap orang punya masalah yang spesifik mengenai penyebabnya. Namun, apapun penyebabnya, anda bisa mencoba cara alami untuk mengatasi jerawat..

7 comments… add one

Leave a Comment