Penyebab Mata Bengkak & Solusi Efektif Untuk Mengatasinya

by Ummi on August 16, 2015

Penyebab Mata Bengkak

Ada banyak penyebab dan begitu juga pengobatan yang diduga bisa mengatasi mata yang bengkak sehingga membentuk kantung dibawah matamu. Kurang tidur, infeksi sinus, makanan yang asin, kurang olahraga dan bahkan posisi tidurmu yang keliru bisa berperan dalam masalah yang tidak mengenakkan ini. Dan, ada satu alasan lagi yang tidak ingin dibahas oleh setiap orang : Usia. Yap! suka atau tidak, wajah dan begitu pula bagian tubuh yang lain akan berubah seiring berjalannya waktu. Dengan bertambahnya usia, ligament akan meregang, otot mulai melemah, dan lemak menjadi mudah sekali terlihat, sehingga kulit wajah tidak begitu elastis lagi, terutama setelah umur 40 tahun, dan walhasil, kulit yang kendur dibagian mata berubah menjadid kantung.

penyebab kantung mata

Lalu, apa solusinya?

Beberapa ramuan tidak lain hanyalah rumor belaka dan cerita zaman dulu. Jika mata bengkakmu tampaknya disebabkan oleh infeksi sinus, yang merupakan hasil dari retensi liquid (penyimpanan cairan), maka solusinya dengan menngubah posisi tidurmu hingga infeksinya berlalu. Coba gunakan bantal tambahan untuk mencegah cairan berkontraksi dibawah matamu. Jika infeksi sinus ini berulang terus menerus, coba untuk mengurangi jumlah allergen (pemicu alergi) yang ada di tempat tidurmu dan jauhkan area tidurmu dari debu. Begitu juga mata bengkak yang disebabkan oleh alergi. Cari tahu apa yang menjadi penyebab alergimu, dan rubah ketinggian kepalamu saat tidur. Belilah obat antihistamin di apotek untuk mengurangi pembengkakan tersebut.

Jika kamu menyadari bahwa kantung atau bengkak di matamu terutama akan terlihat setelah kamu lelah bekerja seharian, atau begadang semalaman, maka kurangilah kerjamu sebisa mungkin. Tentu kamu mungkin tidak akan mampu untuk merubah jam kerja atau lama waktu tidurmu,  namun kamu bisa menghilangkan penyebab sekunder seperti kebiasaan makan yang buruk dan kurang olahraga. Asupan garam yang tinggi akan menyebabkan retensi air, dan sebaliknya minum lebih banyak air sebenarnya mampu membantu tubuhmu menyiram keluar cairan yang menyebabkan mata bengkak.

Selain itu, kamu juga bisa mencoba cara yang cepat untuk menghilangkan kantung mata, namun hanya untuk sementara waktu dengan menggunakan bahan alami seperti irisan mentimun yang ditempatkan di bawah mata untuk mengurangi pembengkakan. Jika tidak ada, kamu juga bisa gunakan kantung bekas teh celup atau kain lap dingin sebagai gantinya.

Kaitan kantung mata dan faktor genetik

Jika kamu sudah melakukan semua solusi di atas, kamu sudah rajin berolahraga, sudah cukup tidur, menghindari jumalh garam yang tinggi, membersihkan semua pemicu infeksi sinus, namun kamu masih memiliki kantung mata? Maka itu berkat usia dan faktor keluarga.

Produksi kolagen akan berkurang seiring bertambahnya usia, dan daya elastisitas kulit wajahmu juga berkurang, dan sebagai akibatnya, area dibawah mata menjadi mengendur. Selain itu, kecenderungan mata yang berkantung, juga juga bisa menjadi sifat genetik. Salah satu cara termudah untuk mengetahui bahwa kantung matamu adalah sesuatu yang harus kamu terima sebagai bagian dari sifat genetik yang kamu miliki, adalah dengan melihat jam. Apakah kantung dimatamu lebih mendominasi di jam-jam pagi hari? Apakah kamu akan baik-baik saja setelah siang hari? Kantung mata yang menghilang setelah siang hari, sebenarnya merupakan pertanda baik. Hal itu berarti kamu tidak memiliki masalah kantung mata yang permanen. Berarti kamu hanya berurusan dengan  masalah retensi cairan yang bisa berkurang (surut) seiring berlalunya waktu.

Mata bengkak yang tetap ada terlepas dari lingkungan sekitarmu, dan kondisi kerja yang membuat stress, berarti merupakan sebuah bawaan lahir yang harus kamu hadapi. Namun, jika kamu kurang puas dengan kondisi tersebut, ada prosedur kosmetik yang tersedia untuk membantu meningkatkan tampilan kulit dibawah matamu. Kamu bisa melakukan operasi kosmetik untuk menghilangkan kantung matamu. Namun ingat, diskusikan hal tersebut terlebih dulu dengan dokter kulitmu.