Penyebab Panu & Cara Ampuh Mengobatinya

by Ummi on February 23, 2014

Penyebab panu

Panu disebabkan adanya jamur Pityrosporum ovale yang terdapat pada tubuh seseorang. Sedangkan jamur tersebut ada karena berbagai faktor seperti;

Penyebab panu dan cara menghilangkan panu secara alami

  1. Kondisi lembab, seperti contoh pada seseorang yang mengalami obesitas. Tubuh orang gemuk lebih cenderung lembab sehingga adanya jamur penyebab panu lebih besar dibandingkan dengan orang yang memiliki berat badan ideal. Atau setelah olahraga dimana banyak keringat. Keringat ini bisa menjadi pemicu timbulnya jamur penyebab panu.
  2. Kondisi udara yang panas dengan didukung pemakaian pakaian yang tidak bisa menyerap keringat.
  3. Pemakaian obat-obatan tertentu dalam jangkan waktu yang cukup lama.

Cara menghingkan panu secara alami

Jika kamu sudah pusing dengan cara menghilangkan panu dengan obat-obatan medis, ada baiknya cari alternatif lain dengan mengobati panu secara alami. Tentunya pengobatan ini juga dibarengi dengan menghindari hal-hal yang menjadi pemicu atau penyebab munculnya panu. Simak tips cara menghilangkan panu secara alami berikut ini;

  • Belerang

Belerang sudah sangat populer digunakan sebagi obat berbagai penyakit kulit, termasuk penyakit panu. Hal ini karena mineral yang ada pada belerang bisa mensterilkan jamur penyebab panu. Cara menggunakannya; belerang yang sudah ditumbuk halus dicampur dengan air perasan jeruk nipis ditambah dengan minyak kelapa. Gunakan campuran ini untuk mengolesi pada bagian kulit yan terkena panu 2-3 kali sehari.

  • Bawang putih

Kandungan anti bakteri yang terdapat pada bawang putih sangat manjur untuk membunuh jamur penyebab panu. Cara membuatnya; satu siung bawang putih dibelah, gunakan belah dari bawang putih tersebut untuk mengolesi kulit yang terkena panu 2-3 kali sehari. Dengan sendirinya nanti panu akan mengering dan secara otomatis akan mengelupas sendiri.

  • Daun pare

Selain buahnya yang bermanfaat sebagai sayuran, ternyata daunnya juga berhasiat untuk menghilangkan panu secara alami. Cara membuatnya; beberapa daun pare yang sudah dihaluskan dengan cara ditumbuk, lalu campur dengan kapur sirih secukupnya. Gunakan campuran ini untuk mengolesi pada bagain kulit yang terkena panu pada setiap malam menjelang tidur atau pada pagi hari.

  • Lengkuas

Bumbu dapur yang satu ini sudah sangat terkenal digunakan sebagi obat panu alami. Cukup pilih lengkuas yang banyak mengandung air, lalu iris tipis-tipis dan gunakan irisan tersebut untuk mengolesi pada bagian kulit yang terkena panu..