Perawatan & Cara Mengurangi Rambut Beruban

by Ummi on August 10, 2015

Setelah kamu mengetahui penyebab munculnya rambut beruban di usia muda, maka kiniĀ  saatnya kamu juga tahu bagaimana solusi dan cara untuk mengatasinya. Pemutihan rambut adalah suatu fenomena yang tidak bisa kita hentikan. Karena produksi Melanin dari akar rambutmu mulai melambat, rambutmu akan mulai kehilangan warna aslinya dan mulai berubah menjadi abu-abu atau putih. Solusi terakhir untuk mengatasinya adalah, dengan mewarnai rambutmu. Namun, itu bukanlah satu-satunya cara yang bisa ditempuh. Dengan menjalani gaya hidup yang sehat, pola makan yang tepat dan seimbang, serta perilaku yang positif, kamu bisa benar-benar menunda proses pemutihan rambut ini.

cara menghitamkan rambut beruban

Ingin tahu solusi mudah untuk mengurangi rambut beruban prematur? Simak ulasannya beirkut ini :

  1. Berjalanlah dengan tanpa alas kaki

Jalan-jalan pagi sangatlah bagus bagi keseluruhan kesehatanmu, dan juga bermanfaat bagi rambutmu. Jalan-jalan tanpa alas kaki diatas rumput hijau yang basah di pagi hari, bisa mencegah munculnya rambut beruban dini.

  1. Sertakan jus segar dalam dietmu

Sertakan jus buah-buahan dan sayur segar dalam dietmu untuk menggantikan minuman bersoda seperti minuman dengan pemanis buatan dan minuman ringan yang berbahaya bagi kesehatan tubuh dan juga rambutmu. Jus segar seperti jus wortel, strawberry, dan bayam, sangatlah bermanfaat. Konsumsi harian secara rutin dari jus wortel misalnya, bisa membuat rambutmu sehat dan mencegah terjadinya pemutihan prematur. Selain itu kamu juga bisa mencoba meminum ramuan alami untuk mengatasi rambut beruban berupa campuran air kelapa dan garam untuk keramas dan memijat kulit kepala.

  1. Tingkatkan asupan vitamin

Sudah kita ketahui sebelumnya bahwa rambut beruban bisa jadi merupakan akibat dari kekurangan vitamin B 12 dalam dietmu. Maka dari itu, lawanlah masalah rambut putih ini dengan meningkatkan asupan makanan yang kaya akan vitamin A dan B, yang merupakan makanan utama bagi rambut yang sehat. Tingkatkan konsumsi sayuran berwarna hijau gelap dan buah-buahan berwarna kuning atau oranye. Untuk suplai vitamin B yang memadai, sebaiknya perbanyak konsumsi sayurang berdaun hijau, pisang, bunga kol, yogurt, ragi, hati, dan sereal. Untuk vitamin B12, bisa kamu temukan dalam daging, produk olahan susu, dan telur. Kamu juga bisa mempertimbangkan untuk menggunakan suplemen vitamin B12.

  1. Makanlah lebih banyak makanan kaya yodium

Makanan yang kaya yodium membantu mencegah rambut memutih. Contohnya saja seperti ikan yang kandungan yodiumnya tinggi. Selain itu, pisang dan wortel juga mengandung yodium. Kamu juga bisa mengganti garam laut biasa dengan garam meja yang mengandung yodium untuk meningkatkan asupan yodiummu.