≡ Menu
werno-werno.com

Pertanda Jika Tubuh Terlalu Bersifat Asam (Acidic)

Tubuh manusia secara umum dikategorikan menjadi dua, bisa bersifat asam (acidic), atau bersifat basa (alkaly). Sifat ‘Keasaman’ dari tubuh merujuk pada jumlah kadar asam dalam cairan tubuhmu, sementara sifat  ‘Kebasaan’ tubuh merujuk pada kemampuan cairan tubuh untuk menetralisir asam tersebut. Cairan tubuh seperti air liur, urine, dan darah sangat penting untuk menjalankan proses inti, seperti mengangkut oksigen dan nutrisi ke seluruh tubuh, pencernaan, dan pelumasan secara keseluruhan serta perlindungan tubuh.

pH tubuh

Dan perlu kamu tahu, tingkat keasaman dalam tubuh harus berada dibawah garis batas tertentu agar tidak berbahaya bagi tubuh. pH adalah singkatan dari “Potential Hydrogen” yang merupakan istilah yang mungkin sudah pernah kamu dengar dalam kaitannya dengan tubuh dan kesehatanmu. pH tubuh adalah ukuran untuk konsentrasi ion-hydrogen dari cairan tubuhmu. Skala pH tubuh berada di kisaran angka 0 hingga 14. Semakin tinggi level pH dari cairan tubuhmu, maka akan semakin kaya oksigen dan bersifat basa. Semakin rendah pH tubuhmu, maka semakin sedikit pula asupan oksigennya dan bersifat asam. pH yang berada di angka 7.0 adalah ukuran pH yang netral.

Tingkat pH cairan tubuhmu harus berada dalam rentang berikut agar dapat dikategorikan sehat:

  • pH darah : 7.35-7.45
  • pH urine : 4.6-8.0
  • pH air liur : 7.0-7.5

Jika tingkat pH tubuhmu berada dibawah kisaran angka yang sudah disebutkan diatas untuk masing-masing jenis cairan, maka mengartikan bahwa tubuhmu tidak mampu melakukan fungsinya dengan benar, dan dari situlah bisa mengindikasikan bahwa tubuhmu terlalu bersifat asam. Berikut adalah beberapa pertanda jika tubuhmu terlalu bersifat asam ;

Kelebihan berat badan

Ketika keseimbangan alkaline tubuh tidak dipertahankan dengan baik, maka akan terdapat kelebihan produk limbah dalam bentuk asam didalam tubuh. Kelebihan asam ini tidak bisa dibuang karena usus, ginjal, sistem getah bening, dan kulit (organ-organ yang bertanggungjawab untuk mengeluarkan racun) sudah kewalahan dengan semburan racun yang keluar dari kelebihan asam tersebut.

Oleh karena itu, tubuh mengatasi kelebihan asam dengan cara mendorongnya masuk kembali ke dalam jaringan lemak, dimana asam akan menempel di sel-sel lemak. Inilah alasan mengapa kamu tidak akan mampu menurunkan berat badan ketika tubuhmu terlalu bersifat asam. Karena tubuhmu membutuhkan sel lemak untuk menyimpan kelebihan asam.

Tulang yang lemah

Ketika cairan tubuhmu terlalu asam, maka tubuhmu akan melakukan segala cara untuk mempertahankan keseimbangan basa (alkaline) untuk menjaga tubuh tetap berfungsi dengan tepat. Tubuh akan mengkompensasi dengan cara menarik mineral dari jaringan tubuh dan organ yang lain untuk membasakan dan mengurangi tingkat keasamannya. Salah satu mineral ini adalah kalsium yang terdapat dalam tulang, yang penting untuk mempertahankan kekuatan tulang.

Sehingga, tulangmu menjadi lemah ketika tubuhmu menghabiskan cadangan kalsiumnya untuk menetralisir keasaman dalam tubuhmu. Jika kamu memiliki penyakit osteoporosis atau osteopenia, atau tulangmu mudah patah, maka bisa jadi tubuhmu terlalu bersifat asam. Inilah alasan mengapa pasien dengan osteoporosis atau osteopenia akan diminta untuk menghindari makanan yang bersifat asam seperti daging, kafein, dan soda.

Masalah gigi

Sepeti halnya tulang yang menyimpan cadangan kalsium, maka begitu juga dengan gigi. Kelebihan asam dalam tubuh juga bisa mengakibatkan sistem tubuhmu menarik kalsium dari gigimu untuk membasakan tubuhmu dan mencegahmu agar tidak sakit.

Seiring dengan keasaman tubuh yang mulai mempengaruhi gigi, kamu mungkin juga bisa mengalami sensitifitas terhadap makanan atau minuman yang terlalu dingin atau terlalu panas. Kamu juga bisa menderita gigi berlubang, yang bisa saja semakin bertambah sakit ketika kamu mengkonsumsi sesuatu yang manis. Gejala lain yang berhubungan dengan tubuh yang terlalu asam, bisa meliputi gusi berdarah, yang biasanya terjadi sesaat setelah kamu menggosok gigi.

*Lanjutannya, klik page 2 yang ada di bawah

0 comments… add one

Leave a Comment