Pertolongan Pertama Untuk Mengatasi Kulit Gatal & Bengkak

by Ummi on July 3, 2015

Apakah kamu pernah mengalami kejadian dimana kulitmu gatal dan bengkak tanpa adanya alasan yang jelas? Kulit gatal dan bengkak adalah kondisi yang menjengkelkan dan tidak sedap dipandang, yang bisa disebabkan oleh banyak faktor, termasuk hiper sensitif terhadap makanan, produk pembersih, bulu hewan, virus, atau jamur. Jika kamu mengalami iritasi dan pembengkakan kulit, beberapa opsi perawatan diri dapat meredakan gejala yang kamu derita sembari tubuhmu menyembuhkan diri. Meski begitu, jika kamu belum mengalami peningkatan dalam waktu 1-2 hari selama perawatan pribadi ini, maka segera hubungi tenaga medis untuk mendapatkan penangan yang lebih lanjut :

cara atasi kulit gatal

Langkah 1

Letakkan sekantong es batu di atas area yang gatal / bengkak selama 15 menit, beberapa kali sepanjang hari. Es batu akan mendorong pembuluh darahmu untuk menyempit, sehingga akan mengurangi pembengkakan.

Langkah 2

Naikkan area yang bengkak dengan mengangkat tungkai atau topang dengan menggunakan bantal. Peninggian ini akan mendorong pengaliran cairan di dalam tubuh, sehingga nanti akan mengurangi pembengkakan.

Langkah 3

Mandi atau berendamlah dengan air dingin jika ruamnya terletak pada titik-titik yang acak di seluruh tubuh. Seperti halnya es batu, mandi air dingin akan membantu pembuluh darahmu menyempit dan mendorong bengkaknya berkurang dari waktu ke waktu. Hindari mandi atau berendam dengan air hangat / panas, karena dapat mengiritasi kulit dan membuat kondisinya semakin bertambah buruk.

Langkah 4

Jangan dulu menggunakan atau melakukan kontak dengan parfum baru, makanan, minuman, pewarna pakaian, deterjen pencuci baju, minyak mandi atau produk perawatan kulit lainnyab yang bisa memicu alergi. Begitu juga hindari pembersih perabot rumah tangga dan bahkan perhiasan yang mungkin bisa menyebabkan gatal dan bengkak.

Langkah 5

Terapkan krim Hydrocortisone dengan kandungan 0,5 hingga 1 % yang dijual bebas di pasaran untuk mengatasi gatal dan bengkak yang ringan.

Langkah 6

Campur air secukupnya dengan 1 sdm baking soda untuk membuat pasta. Oleskan pasta ini pada area kulit yang gatal-gatal. Biarkan mengering selama 5-10 menit sebelum ditutupi dengan baju.

Langkah 7

Iris lidah buaya seteball 1 ½ inchi, dan oleskan langsung ke kulit yang gatal dan bengkak. Lidah buaya mengandung sifat anti bakteri, anti jamur dan anti inflamasi yang membantu menyembuhkan iritasi dan pembengkakan kulit.

Langkah 8

Minum obat anti histamine yang dijual bebas di pasaran. Obat ini bisa mengurangi pembengkakan pada kulit.

Langkah 9

Jadwalkan pertemuan dengan dokter jika tidak ada satupun pengobatan rumahan ataupun penggunaan salep dan obat oral di atas yang bekerja padamu. Kamu mungkin mengalami infeksi yang hanya akan merespon terhadap antibiotic oral, yang harus diresepkan oleh doktermu.