≡ Menu
werno-werno.com

Perubahan Psikis Selama Kehamilan & Cara Mengatasinya

Selain mengalami perubahan fisik sebagaimana telah dijelaskan dalam artikel tanda awal kehamilan, kondisi psikis ibu hamil juga akan mengalami perubahan. Perasaan tidak nyaman akan kondisi fisik tentunya akan mempengaruhi emosional bumil pada masa kehamilan. Terlebih jika selama hamil, terjadi gangguan kesehatan. Banyak sekali kekhawatiran yang dirasakan oleh bumil, diantaranya kemungkinan bayinya lahir tidak normal, khawatir akan kecantikan yang memudar setelah melahirkan, badan yang terlihat melar dan tidak se-langsing dulu, perhatian suami yang berkurang, dan masih banyak lagi. Kondisi ini akan memuncak disaat mendekati proses persalinan.

Lalu, bagaimana solusi untuk mengatasinya ? cukup dengan adanya keyakinan bahwa kita akan mampu melewati semua proses kehamilan dengan baik dan sehat dengan disertai upaya menjaga kehamilan secara maksimal dengan berdoa, menjaga kesehatan, dan melakukan control secara rutin ke bidan atau dokter. Hal-hal tersebut bisa mengontrol dan memperkecil resiko gangguan kesehatan pada ibu hamil dan janin yang dikandungnya. Ada hal lain yang juga sangat penting untuk diperhatikan, yaitu lingkungan sekitar. Bagaimanapun, bumil sangat membutuhkan dukungan , kasih sayang, rasa tenteram dan bantuan selama menjalani proses kehamilan dari orang-orang di sekitarnya terutama suami, keluarga, dan teman-teman terdekatnya.

Untuk suami, harus pandai-pandai mengerti apa keinginan istri terutama menjelang proses kehamilan. seorang istri biasanya menginginkan disanding (ditungguin) ibu kandungnya atau mertua dai suami. Jadi, bagi suami harap mengerti akan hal itu dan bisa memakluminya..

1 comment… add one

Leave a Comment