Pewarna Rambut Alami Tanpa Bahan Kimia

by Ummi on August 1, 2016

Entah kamu ingin menutupi rambut ubanmu atau hanya ingin suatu perubahan yang baru, mewarnai rambut bisa membuatmu menjadi merasa seperti pribadi yang baru. Namun daftar panjang bahan yang mencurigakan yang terdapat dalam pewarna rambut sintetis bisa menakutkan. Menurut National Cancer Institute, ada lebih dari 5.000 bahan kimia yang berbeda digunakan dalam produk pewarna rambut, dan banyak diantaranya dikenal sebagai karsinogen (meskipun kanker belum terkait langsung dengan pewarna rambut dalam studi). Untungnya, ada banyak cara yang benar-benar alami, bebas racun untuk memperbarui tampilan rambutmu. Berikut adalah beberapa alternatif pewarna rambut alami yang bisa kamu coba :

Madu : Dari warna pirang kusam menjadi pirang keemasan

Madu mengandung senyawa hydrogen peroxide, sebuah agen pemutih alami, sedangkan kayu manis memiliki kemampuan untuk merubah warna rambut menjadi emas. Kebanyakan resep menyarankan jumlah yang sama antara madu dan kayu manus, plus satu bagian dari kondisioner atau minyak zaitun. Campur semua bahan menjadi satu, pijatkan ke rambut, dan biarkan selama sekitar satu jam sebelum dibilas. Berhubung ini adalah pewarna rambut alami, maka kamu perlu untuk melakukannya sebanyak beberapa kali untuk mendapatkan hasil yang kamu mau.

Sekam kenari hitam (black walnut hull)

Bubuk kulit buah kenari hitam bisa memberimu warna rambut alami yang lebih permanen dibandingkan dengan pewarna rambut alami yang lain. Mulailah dengan menghaluskan kulit buah kenari hitam (atau kamu bisa membeli bubuk kenari hitam kemasan), lalu rebus ke dalam sepanci air selama kurang lebih 30 menit untuk membuat teh kenari super pekat. Setelah dingin, rendam rambutmu ke dalam larutan pewarna ini selama hingga 20 menit, tergantung dari warna apa yang kamu ingin (semakin lama akan berwarna semakin gelap). Namun jangan gosokkan pewarna ini terlalu banyak ke kulit kepala agar tidak membekas.

Teh chamomile : Dari warna merah solid menjadi pirang terang

Jika kamu ingin warna rambut yang bernuansa pirang terang, maka gunakanlah teh chamomile. Caranya, seduh tehnya, dan kemudian bilas rambutmu dengan teh tersebut setelah menerapkan shampoo. Kamu sebaiknya menuangkan teh tersebut di atas rambutmu sampai beberapa kali (jadi tadahi tehnya dengan mangkuk besar agar bisa kamu gunakan kembali). Biarkan rambutmu terendam didalamnya selama kurang lebih satu jam sebelum membilasnya dengan air bersih. Agar lebih mudah dan praktis, kamu juga bisa membuat deep conditioner chamomile buatanmu sendiri. Kamu akan mulai melihat hasilnya dalam  waktu 3 minggu jika kamu menggunakannya sebanyak beberapa kali setiap minggu.

Henna : Dari setiap warna menjadi merah

Henna adalah sejenis tanaman bunga tropis yang telah digunakan sejak zaman dulu untuk mewarnai kulit, rambut, kuku, sutera, kulit hewan, dan yang lainnya. Daun henna dikeringkan dan ditumbuk menjadi bubuk halus, lalu dicampur dengan bahan yang bersifat asam (bisa berupa lemon juice/ bubuk amla/ cuka) dan air, kemudian di biarkan dalam wadah selama 6-24 jam. Warna dari henna akan bertahan selama 1-3 bulan, jadi ini termasuk warna yang permanen, namun tanpa menimbulkan kerusakan.

Henna akan memberikanmu warna yang berkisar mulai dari pirang strawberry hingga auburn gelap, tergantung pada warna rambut alamimu dan seberapa sering kamu menerapkannya. Warna ini akan bertahan selama beberapa bulan sebelum kamu butuh untuk mewarnainya lagi, mirip dengan pewarna rambut sintetis.

Sage : untuk menutpi uban

Cobalah  bilas rambutmu menggunakan bahan herbal, yaitu sage (tetapi hanya jika rambutmu secara alami berwarna gelap). Sage tidak akan memberikan cakupan 100%, tapi itu akan membaurkan warna  abu-abu uban untuk mengurangi kontras antara coklat gelap dan silver. Sage telah digunakan selama berabad-abad untuk menggelapkan rambut, dan kamu bisa menambahkan teh hitam untuk menambahkan kekuatannya. Untuk menggunakannya, cukup tuangkan bilasan sage ke rambut setelah keramas seperti biasanya, dan biarkan terendam selama beberapa menit sebelum dicuci. Rambutmu  akan bertambah gelap secara bertahap dari waktu ke waktu, sehingga sebaiknya tetap gunakan secara teratur.