≡ Menu
werno-werno.com

Pola Makan Sehat Bergizi Untuk Sehari-Hari

Pola makan sehat dan bergizi akan sangat penting bagi manusia. Jika hal ini dipenuhi kesehatan manusia akan stabil dan terhindar dari penyakit-penyakit akibat pola makan tidak sehat, misalnya penyakit maag. Pola makan sehat dan bergizi tidak hanya sekedar makan tiga kali sehari secara teratur, tapi juga harus memperhatikan kandungan gizi pada makanan tersebut.

Pola Makan Sehat Bergizi Untuk Sehari-Hari

Pola makan sehat

Digolongkan makanan sehat bergizi adalah makanan-makanan yang mengandung beberapa hal berikut ini.

Karbohidrat – makanan yang mengandung karbohidrat sangat diperlukan tubuh agar kuat dalam menjalankan aktivitas sehari-hari. Namun karbohidart dalam makanan ini yang diperlukan hanya berkisar antara 30 persen sampai 50 persen dalam satu porsi makanan yang dikonsumsi.

Protein – dau jenis protein yang dibutuhkan dalam satu porsi makanan adalah 10 sampai 20 persen saja. Baik berupa protein hewani, seperti daging kambing, sapi, ayam dan telur, ataupun protein nabati seperti tahu dan tempe.

Vitamin & mineral – yang tidak kalah penting adalah vitamin dan mineral yang dibutuhkan untuk merubah jenis makanan tertentu, misalnya seperti protein dan karbohidrat. Cukup mengkonsumsi sekitar 5 sampai 10 persen dari sayuran dan buah-buahan yang merupakan jenis makanan yang mempunyai kandungan vitamin dan mineral.

Lemak – yang dimaksud lemak yang dibutuhkan oleh tubuh di sini adalah lemak tak jenuh. Sekitar 10 persen dari satu porsi makanan tubuh membutuhkan lemak tersebut. Lemak ini bisa didapatkan dari minyak wijen yang tidak dipanaskan, minyak zaitun, minyak ikan. Lemak ini sangat baik untuk kesehatan jantung dan dapat menurunkan kolesterol.

Jadwal pola makan sehat

Selain makanan yang memiliki kandungan seperti disebutkan di atas, pola makan sehat dengan jadwal yang teratur juga harus diterapkan. Misalnya dimulai dengan menu sarapan pagi dan mengkonsusi buah sebagai camilan setelah selesai sarapan. Makan siang dan kemudian makan malam. Semua itu harus dilakukan sesuai dengan jadwal yang diterapkan.

Memang sangat sulit untuk menjalankan pola makan sehat dan bergizi, apalagi kesibukan dan aktivitas yang padat kadang sering membuat kita lupa makan yang pada akhirnya penyakitlah yang mengincar kesehatan tubuh kita. Tapi dengan konsekuensi tinggi, pasti kamu bisa menjalankan semuanya. Selamat mencoba.!.

1 comment… add one

Leave a Comment