≡ Menu
werno-werno.com

Rahasia kecantikan untuk tampil awet muda part 1

Bagian 1

Wanita mana yang tidak ingin tetap cantik dan terlihat awet muda? Bahkan, beberapa orang rela mengeluarkan dana yang tidak sedikit demi merawat tubuh mereka agar selalu tampil cantik dan awet muda. Namun tidak bisa dipungkiri, penuaan merupakan proses alami yang akan dihadapi oleh setiap orang tanpa terkecuali. Cepat atau lambat hal itu pasti akan terjadi.

Rahasia kecantikan untuk tampil awet muda bagian pertama

Tapi jangan terlalu khawatir, semakin cepat kamu mulai mengikuti gaya hidup sehat dan merawat kulitmu dengan benar, maka kulitmu akan menjadi semakin sehat dan tentunya akan menunda tanda-tanda penuaan muncul lebih awal seperti kerutan, keriput, bintik hitam, dan kulit yang kendur. Jadi, meskipun proses penuaan tidak bisa terelakkan, bukan berarti kamu tidak bisa tampil lebih muda beberapa tahun dari usiamu sebenarnya.

Berikut ini adalah beberapa tips rahasia kecantikan yang bisa membuat penampilanmu, terutama wajah bisa tampak lebih muda dari usiamu yang sebenarnya:

  1. Ikuti cara perawatan kulit yang baik dan benar.

Demi menjaga usiamu, kamu perlu untuk mengikuti perawatan kulit yang baik agar kulitmu tetap sehat. Saat kulitmu sehat, maka tanda-tanda penuaan tidak akan segera muncul. Berikut adalah cara perawatan kulit yang benar:

-Bersihkan wajahmu setiap hari dengan pembersih wajah yang lembut setiap pagi dan malam. Hal ini akan menjaga kulitmu tetap bersih, lembut, dan bebas dari penyumbatan pori-pori. Saat memilih pembersih, hindari pembersih yang mengandung alkohol yang tinggi atau bahan lainnya yang bisa membuat kulit menjadi kering.
-Oleskan pelembab berkualitas baik ke seluruh wajah, leher, tangan, dan kaki dua kali sehari. Ini akan mencegah kulit menjadi kering dan menua.
-Lakukan eksfoliasi alias pengelupasan sel kulit mati setiap seminggu sekali dengan scrub wajah yang lembut. Hal ini berguna untuk menghilangkan sel kulit mati dari wajah dan meregenerasi sel kulit yang baru sehingga kulitmu tampak lebih muda, lembut, segar, dan bercahaya. Selengkapnya, kamu bisa baca pada artikel Cara mengelupas kulit mati pada wajah
-Sangat baik sekali perawatan tersebut diimbangi dengan konsumsi makanan super pencegah penuaan dini

  1. Pilih produk perawatan kulit dengan bijak.

Beberapa orang membuat kesalahan dengan menggunakan produk perawatan kulit yang tidak sesuai dengan tipe dan jenis kulit mereka. Hal ini bisa menyebabkan kulit iritasi, kering, terasa sakit, dan kemerahan. Untuk menghindari kesalahan tersebut, ikuti langkah berikut ini:

-Untuk menentukan tipe dan jenis kulitmu, silahkan baca pada artikel ‘Cara mengetahui jenis kulit wajah’. Pilihlah produk yang sesuai dengan jenis kulit untuk menjaganya tetap sehat dan muda. Hindari pula pemakaian kosmetik yang berlebihan pada wajah.
-Saat usiamu sudah memasuki kepala 2, gunakan produk kosmetik yang mengandung Retinol, Peptida, dan Antioksidan. Retinol akan memicu peningkatan produksi kolagen dan Elastic. Peptide bisa menstimulasi produksi kolagen dan perbaikan sel untuk membuatmu tampil lebih muda. Sedangkan antioksidan akan melindungi kulitmu dari paparan sinar matahari dan memepercepat sistem perbaikan sel kulit. Jika kamu masih ragu, konsultasikan dengan ahli kulit (dermatologist) untuk menemukan produk yang tepat untuk perawatan wajahmu.

  1. Gunakan tabir surya setiap hari.

Memilih tabir surya yang tepat adalah peralatan utama yang direkomendasikan oleh para pakar kecantikan untuk mencegah terjadinya penuaan dini. Entah itu di musim kemarau atau musim hujan, kamu tidak boleh melewatkan penggunaan tabir surya pada setiap anggota tubuh yang tidak tertutupi pakaian.

Terlalu sering terpapar sinar UV bisa merusak kulitmu, terutama daya elastisitasnya, dan bisa mengakibatkan kulit kehilangan kolagen. Hal ini juga bisa menyebabkan munculnya noda sengatan matahari, kerutan, perubahan warna kulit,  kekeringan, kulit menjadi kasar, dan terbakar. Gunakan tabir surya yang mengandung paling tidak SPF 15 setiap hari, meski itu di musim penghujan. Untuk pencegahan penuaan dini yang maksimal, pastikan kamu juga mengoleskan tabir surya pada telinga, leher, kaki, dan tangan bersamaan dengan wajah.

  1. Tidur yang cukup.

Agar tetap terlihat lebih muda beberapa tahun, tidurlah setidaknya 7-8 jam sehari. Faktanya, tidur merupakan perawatan peremajaan kulit yang paling ampuh untuk tetap menjaganya agar awet muda. Saat kita tidur, tingkat hormone Adrenalin dan Corticosteroid akan menurun dan tubuh akan memulai memproduksi hormone pertumbuhan. Selama masa ini, akan terjadi proses perbaikan dan pertumbuhan sel. Jika kamu tidak punya waktu tidur yang cukup, maka proses ini akan terganggu dan memicu peradangan yang bisa menimbulkan beberapa tanda penuaan seperti kerutan dan garis halus pada kulit.

Tidur malam yang cukup juga memiliki manfaat lain seperti meningkatkan memori, mood, perhatian, dan konsentrasi serta mampu mengurangi resiko terkena serangan jantung atau stroke. Untuk meningkatkan kualitas tidurmu, aturlah jam tidur yang rutin, hindari konsumsi caffeine sebelum tidur, mandi dengan air hangat dan beberapa tetes aroma terapi pada sore hari, dan gunakan tempat tidur dan bantal yang tepat.

Untuk bagian kedua, klik Rahasia kecantikan untuk tampil awet muda part 2.

2 comments… add one

Leave a Comment