Rahasia Yang Bisa Diungkapkan LIDAH Tentang Kesehatanmu

by Ummi on January 3, 2016

Ternyata, tidak hanya kuku saja yang bisa berkata tentang kesehatanmu. Jika kamu berpikir, kenapa dokter atau dokter gigi akan secara rutin memintamu untuk menjulurkan lidah selama pemeriksaan rutin, maka jawabannya adalah : Lidahmu bisa mencerminkan tentang kesehatanmu secara menyeluruh dalam cara yang mungkin tidak kamu sadari. Hal ini karena, lidah sebenarnya memiliki tujuan yang lebih besar dari sekedar menjadi indera perasa dan memungkinkanmu untuk menjilat es krim.

kondisi lidah

Lidah berfungsi sebagai jendela untuk melihat setiap kekurangan (defisiensi) yang mungkin kamu miliki, dan itu bisa jadi gejala fisik yang mungkin terwujud dari berbagai penyakit serius yang utama. Setelah gusi, lidah adalah situs persembunyian penyakit yang paling umum di mulut. Berikut ini akan kami ulas tentang rahasia yang bisa diungkapkan oleh lidah tentang kondisi kesehatan yang kamu alami :

Lidah berwarna merah cerah

Orang yang sehat biasanya memiliki lidah yang berwarna merah muda (pink). Saat lidah menjadi berwarna merah yang lebih cerah, maka hal itu bisa jadi pertanda dari berbagai kondisi, seperti animea, penyakit Kawasaki (penyakit yang membuat pembuluh darah meradang yang terjadi pada anak-anak yang umumnya berusia dibawah 5 tahun), dan scarlet fever (penyakit bakteri yang bisa menyerang siapa saja namun lebih sering menyerang anak dengan usia antara 25 – 12 tahun). Lidah yang berwarna merah cerah bisa menjadi gejala dari kekurangan vitamin B12. Tubuh membutuhkan vitamin B12 untuk memproduksi sel darah merah. Kekurangan vitamin B12 bisa menyebabkan kelelahan dan animea.

Lapisan atau bercak-bercak putih creamy pada lidah

Sebuah lapisan pada lidah yang berwarna putih seperti keju cottage, yang biasanya berupa bercak-bercak kecil dan bisa disertai dengan luka, adalah salah satu gejala yang paling umum dari kandidiasis oral, yakni sejenis infeksi jamur pada mulut. Ini paling sering terjadi pada orang tua, bayi dan orang-orang dengan kekebalan yang lemah.

Infeksi yang diakibatkan dari pertumbuhan jamur yang berlebih  di lidah, biasanya disebabkan oleh obat-obatan tertentu (misalnya pil KB dan antibiotik), obesitas atau kondisi kesehatan seperti sistem kekebalan tubuh yang lemah, psoriasis dan diabetes. Ketika ditangani dengan baik, kandidiasis oral tidak akan berlangsung lama. Namun, juga dapat bertahan selama bertahun-tahun. Kandidiasis oral kronis dapat mengindikasikan penyakit mendasar sistem kekebalan tubuh yang serius, seperti HIV atau leukimia.

Kelembutan lidah yang abnormal

Lidah yang normal memiliki struktur yang seperti rambut super kecil (disebut papila) pada permukaannya yang membuat lidah menjadi terasa kasar. Lidah yang terasa lembut baik secara menyeluruh atau pada bagian-bagian tertentu yang tidak memiliki kekasaran, adalah suatu kondisi yang tidak normal. Kondisi ini disebut dengan glositis atrofik.  Lidah yang terasa lembut juga bisa saja disertai dengan rasa perih, nyeri dan sensasi terbakar. Glositis atrofi biasanya berhubungan dengan kekurangan gizi dari beberapa jenis vitamin.

Lapisan kuning tebal pada lidah

Lapisan berwarna kuning dan tebal pada lidah bisa menjadi akibat dari overheating (terlalu panas) pada tubuhmu atau kelebihan bakteri. Menurut pengobatan tradisional Cina, lapisan kuning yang terdapat pada lidah yang merah merupakan indikasi dari terlalu banyak panas di tubuh. Menurut pengobatan barat, lapisan kuning dan tebal di lidah bisa menunjukkan adanya kelebihan aktivitas bakteri. Kebersihan mulut yang buruk, pernapasan mulut yang berlebihan dan demam adalah penyebab umum dari kelebihan bakteri di papila.

*Lanjutannya, klik page 2 yang ada di bawah

Page: 1 2