Ramuan Alami Mujarab Untuk Mengobati Sakit Gigi

by Ummi on April 19, 2016

Pernahkah kamu mengalami sakit gigi? Tentu sangat menyiksa bukan? Bahkan ada yang bilang, lebih baik sakit hati daripada sakit gigi. Sakit gigi bisa sangat bervariasi, mulai dari nyeri ringan sampai nyeri berdenyut tak tertahankan di gigi atau sekitar rahang. Beberapa penyebab utama sakit gigi adalah gigi berlubang, infeksi, akar gigi terekspos, gigi retak, penyakit gusi, gigi longgar, atau gangguan sendi rahang. Untuk itu, sangat penting bagi kita untuk menjaga kesehatan gigi dan gusi.

ramuan obat sakit gigi

Sakit gigi bisa terjadi ketika wilayah tengah gigi, yang dikenal sebagai pulp, menjadi teriritasi atau meradang. Pulp sendiri terdiri dari beberapa ujung saraf yang sangat sensitif. Pulp dapat menjadi meradang atau terjadi iritasi karena berbagai alasan, dan beberapa di antaranya telah disebutkan di atas.

Memang, kini sudah banyak tersedia obat sintetis yang berkhasiat menyembuhkan sakit gigi. Namun, terlalu banyak bergantung bergantung pada obat-obatan kimia juga bisa berakibat buruk bagi kesehatan. Jika kamu ingin mengambil ramuan alami sebagai obat alternatif untuk mengobati sakit gigi, berikut akan kami ulas tentang beberapa ramuan alami mujarab untuk mengobati sakit gigi :

Garam dan cabe bubuk

Garam yang dicampur dengan bubuk cabe bisa sangat bermanfaat ketika gigimu menjadi sangat sensitif, karena kedua bahan baku tersebut, memiliki khasiat anti bakteri, anti inflamasi, dan analgesik yang akan manjur untuk mengobati sakit gigi.

  • Campur bubuk cabe dan garam dengan takaran yang sama dengan beberapa tetes air untuk membentuk pasta.
  • Terapkan pasta ini langsung ke area gigi yang sakit dan biarkan tetap di situ selama beberapa menit.
  • Lakukan hal ini setiap hari selama beberapa hari.

Bawang putih

Bawang putih juga bermanfaat untuk memberikan rasa lega dari siksaan sakit gigi. Bawang putih memiliki khasiat antibiotik dan khasiat kesehatan lain yang bisa sangat efektif dalam mengurangi sakit gigi.

  • Campur satu siung bawang putih yang sudah dilumatkan dengan sedikit garam dapur dan terapkan langsung di bagian gigi yang sakit untuk mengurangi rasa sakit. Jika kamu mau, kamu juga bisa langsung mengunyah satu atau dua siung bawang putih untuk meredakan sakit gigi.
  • Lakukan perawatan alami ini selama beberapa hari.

Cengkeh

Cengkeh memiliki khasiat anti inflamasi, anti bakteri, antioksidan, dan anastetik yang membantu meredakan sakit gigi dan melawan infeksi.

  • Haluskan dua biji cengkeh. Campur dengan sedikit minyak zaitun atau minyak sayur jenis apapun dan oleskan pada bagian gigi yang sakit.
  • Pilihan lain yang bisa kamu coba adalah dengan mencelupkan bola kapas ke dalam minyak cengkeh, dan gosokkan langsung ke bagian gigi yang nyeri. Atau, kamu bisa mencampur beberapa tetes minyak cengkeh ke dalam segelas air dan gunakan larutan tersebut sebagai pembilas mulut (untuk kumur-kumur).

Bawang merah

Bawang merah memiliki khasiat antiseptik dan antimikroba yang bisa mengendalikan sakit gigi. Bawang merah juga bisa meringankan sakit gigi dengan cara membunuh kuman yang menyebabkan infeksi di gigi.

  • Pada awal-awal kamu mengalami sakit gigi, kunyahlah bawang merah mentah selama beberapa menit untuk meredakan sakitnya.
  • Jika kamu tidak tahan atau tidak mampu untuk mengunyahnya, maka taruh irisan bawang merah di bantalan gigi atau gusi.

Air garam hangat

Segelas air garam hangat yang gampang sekali dibuat, bisa membantu merawat sakit gigi. Kamu tinggal mencampur setengah sendok garam ke dalam segelas air panas dan gunakan untuk membilas mulutmu secara menyeluruh. Ramuan ini akan membantu mengurangi pembengkakan dan inflamasi, dan juga melawan bakteri penyebab infeksi.

*Lanjutannya, klik page 2 yang ada di bawah

Page: 1 2