≡ Menu
werno-werno.com

Ramuan Alami Pengusir Serangga

Serangan serangga seperti nyamuk, ngengat, dan kutu memang sangat mengganggu. Bahkan, dalam beberapa kasus, gigitan nyamuk bisa sangat berbahaya bagi kita seperti serangan nyamuk Aides Aigepty yang menyebabkan demam berdarah, dan nyamuk Anopheles yang menyebabkan malaria. Dan kita, biasanya menggunakan bahan kimia pestisida untuk mengusir dan membasminya. Namun, cara itu benar-benar keras dan membahayakan, terutama jika kamu punya riwayat alergi terhadap bahan kimia. Jika kamu menginginkan alternatif lain yang lebih aman dan menyehatkan, kamu bisa menggunakan beberapa ramuan alami pengusir serangga berikut ini:

ramuan alami pengusir serangga

  • Cara menghindari nyamuk & kutu

Untuk menjauhkan kutu, pakailah celana panjang, kaos lengan panjang, topi, atau syal. Tarik pula kaos kakimu hingga menutupi bagian bawah celanamu, dan mandilah dengan banyak sabun setelah berada pada daerah yang banyak kutunya. Untuk menjauhkan nyamuk, gunakan pelindung jendela dan pintu serta pasanglah jarring nyamuk ke semua ruangan yang biasa di tempati ank-anak. Dari sisi makanan, kamu bisa minum 1 atau 2 sdm cuka apel organik dan makan banyak bawang. Konsumsi vitamin B1 setiap hari juga diduga mampu mengusir serangga.

  • Ramuan alami pengusir serangga

Pengusir serangga alami hanya membutuhkan beberapa menit untuk membuatnya, dan ramuan ini bisa benar-benar efektif. Beberapa campuran minyak esensial dan bahan herbal bisa ampuh untuk mengusir serangga. Berikut ini adalah beberapa ramuan alami pengusir serangga:

# Sabun Pengusir Serangga

Cara membuatnya : tambahkan 10-15 tetes minyak esensial seperti citronella (serai), pennyroyal, geranium, lavender, atau eucalyptus ke dalam tiap 1 ons sabun cair. Lalu mandi dengan sabun tersebut setiap sebelum dan sesudah menghabiskan waktu di luar ruangan. Memang agak susah mendapatkan konsentrasi yang tepat dari minyak esensial sebagai pengusir serangga alami. Namun secara umum, lebih sedikit lebih baik. Untuk mendapatkan dosis yang diperlukan dalam mengusir serangga, mulailah dengan mencoba 1 atau 2 tetes ke dalam campuran sabun. Lalu, tingkatkan jumlahnya sampai kamu masih bisa mentoleransinya ( paling banyak 10-15 tetes ).

Resep # 1 minyak pengusir serangga buatan sendiri. Untuk membuatnya, bahan yang diperlukan adalah :

  • 10-25 tetes minyak esensial seperti lavender, geranium, peppermint, kayu putih, atau citronella.
  • 2 sendok teh minyak sayur
  • 1 sendok teh gel lidah buaya (kalau suka)

Campur semua bahan tadi ke dalam botol kaca, aduk hingga tercampur rata. Oleskan beberapa tetes pada kulit atau pakaian.

Resep # 2 minyak pengusir serangga

  • 25 tetes minyak esensial
  • ¼ mangkok air atau cuka apel organik

Campur semua bahan tadi ke dalam botol kaca. Kocok hingga tercampur rata. Oleskan beberapa tetes ke kulitmu atau pakaian.

Jika kamu sudah terlanjur terkena gigitan serangga, berikut adalah bahan alami yang ampuh untuk meredakan luka akibat gigitan serangga:

  • Gosok dareah yang terkena gigitan dengan bagian dalam kulit pisang.
  • Oleskan cuka apel ke area yang terkena gigitan.
  • Buat pasta dari campuran baking soda dan air lalu oleskan ke area yang tergigit.
  • Oleskan minyak esensial lavender atau tea tree untuk meredakan sengatan serangga.

Seiris bawang merah akan segera menghilangkan rasa sakit akibat gigitan serangga

2 comments… add one

Leave a Comment