Ramuan Alami Untuk Atasi Berbagai Masalah Rambut

by Ummi on February 26, 2015

Apakah kamu bermasalah dengan rambut yang kering? Berminyak? Atau masalah rambut yang lain? Jangan khawatir. Resep-resep yang mudah berikut ini terbuat dari bahan-bahan yang banyak tersedia di dapurmu. Ramuan ini mampu memperbaiki berbagai masalah umum pada rambut, di antaranya:

ramuan alami atasi masalah rambut

  1. Merawat rambut kering

Bahan yang digunakan : Madu

Bahan alami seperti madu bisa menjadi penyelamat ketika digunakan untuk menjinakkan rambut yang kering dan susah di atur. Mereka membantu rambutmu tetap bertahan pada tingkat kelembaban yang di dapat dari perawatan kondisioner.

Cara membuatnya : Siapkan 1 sdm madu dan ¼ cangkir kondisioner.

Aduk madu ke dalam kondisioner, lalu terapkan campuran tadi secara merata ke seluruh rambut yang basah dan bersih. Kemudian tutupi kepalamu dengan topi plastik dan biarkan selama 15 menit, karena panas yang terperangkap di bawah tutup kepala membantu rambutmu menyerap kelembaban. Setelah itu, bilas dengan air hangat.

  1. Merawat kulit kepala berminyak

Bahan yang digunakan : Daun mint

Daun mint bisa bekerja sebagai astringent, membantu menyingkirkan kelebihan minyak.

Cara membuatnya : Siapkan 3 kantung teh peppermint dan ½ cangkir air panas.

Seduh kantung teh ke dalam air panas selama beberapa menit, biarkan menjadi dingin. Gunakan ramuan tadi ke rambut setelah kamu selesai keramas dengan shampoo. Terapkan ramuan tadi ke kulit kepala dengan menggunakan cotton bud yang dicelupkan ke dalamnya. Biarkan selama 5 menit, lalu bilas dan gunakan kondisioner seperti biasa.

  1. Merawat rambut rusak

Bahan yang digunakan : Rosemary

Ada beberapa bukti yang menyatakan bahwa minyak herbal esensial seperti yang ditemukan pada rosemary, bisa mendorong pertumbuhan rambut baru. Jadi, kamu bisa gunakan tonik rosemary untuk mengatasi rambut rusak.

Cara membuatnya : Siapkan segenggam segar dan 4 mangkuk air mendidih.

Siramkan air mendidih tadi di atas rosemary, dan biarkan terendam selama 20 menit. Saring daunnya, dan saat sudah dingin, masukkan air herbal tadi ke dalam botol semprotan. Setelah memakai shampoo, ikuti dengan menyemprotkan tonik rosemary ke seluruh permukaan rambut yang basah dan bersih. Konsentrasikan pada bagian akar rambut. Biarkan selama 10-15 menit, lalu bilas. Setelah itu pakailah kondisioner.

  1. Merawat kerusakan rambut akibat paparan panas

Bahan yang digunkan : Alpukat & minyak zaitun.

Proses pewarnaan dan penataan rambut dengan alat pemanas bisa merusak rambutmu. Alpukat dan minyak zaitun sangat penuh dengan asam lemak dan protein yang bisa melakukan penetrasi mendalam untuk memperbaiki kerusakan dan menambahkan kilau pada rambut.

Cara membuatnya : Siapkan ¼ buah alpukat dan ½ sdt minyak zaitun.

Hancurkan alpukat dengan menggunakan garpu hingga halus, dan tambahkan minyak zaitun. Blender campuran tadi hingga bertekstur creamy. Pijatkan pada rambut yang basah dan bersih. Diamkan ramuan tadi selama 20 menit, lalu bilas menyeluruh dengan air hangat.

  1. Merawat rambut kusam

Untuk mengatasi rambut yang kusam, hancurkan ¼ buah pepaya matang hingga menjadi seperti bubur encer. Terapkan pada rambut yang basah. Bungkus rambut dengan handuk panas dan biarkan selama 20 menit, lalu bilas. Enzim yang terdapat pada buah papaya akan menghilangkan penumpukan sisa protein, dan memancarkan kilau alami rambut..