Ramuan Alami Untuk Atasi Masalah Pencernaan

by Ummi on November 13, 2017

Sistem pencernaan adalah bagian penting dari tubuh dan masalah yang terkait dengannya dapat menyebabkan banyak ketidaknyamanan. Fungsi utama dari system pencernaan adalah membantu tubuh Anda menyerap nutrisi penting dan membuang produk limbah. Menurut National Institute of Diabetes and Digestive and Kidney Diseases, sekitar 60 sampai 70 juta orang Amerika menderita beberapa jenis masalah pencernaan.

obat masalah pencernaan

Beberapa masalah pencernaan yang umum meliputi gangguan pencernaan, kembung, gas, sakit maag, diare, konstipasi, asam refluks, ulkus peptik, intoleransi laktosa, intoleransi makanan, divertikulitis, penyakit usus inflamasi (IBD), penyakit celiac, dan irritable bowel syndrome (IBS). Sementara itu, penyebab masalah pencernaan bisa bervariasi, beberapa faktor umum adalah pola makan yang buruk, kebersihan yang tidak tepat, kurang olahraga, dehidrasi, merokok berlebihan, asupan alkohol berlebihan, stres, kurang tidur dan kekurangan gizi. Anda bisa menggunakan pengobatan rumahan alami dan perubahan gaya hidup untuk mengobati beberapa masalah pencernaan yang umum, seperti gangguan pencernaan, sembelit, diare dan kembung. Sedangkan untuk masalah pencernaan yang serius, bagaimanapun juga, mungkin memerlukan perawatan oleh spesialis. Berikut adalah ramuan alami untuk atasi masalah pencernaan ;

Jahe

Untuk memperbaiki pencernaan dan mencegah masalah pencernaan, Anda harus memasukkan jahe ke dalam makanan Anda. Jahe akan merangsang cairan pencernaan dan aliran enzim yang dibutuhkan untuk mencerna makanan dengan benar. Hal ini efektif untuk mencegah dan mengurangi mual, muntah, perut kembung, gangguan pencernaan, kembung dan diare. Selain itu, ia memiliki sifat karminatif, antibakteri, antiviral dan anti-inflamasi yang membantu mencegah masalah pencernaan.

  • Minumlah 2 sampai 3 cangkir teh jahe setiap hari. Untuk membuat teh, rebus 1 sendok teh jahe yang baru diparut dalam 1½ gelas air panas. Biarkan mendidih selama 10 menit, saring jahenya, tambahkan beberapa madu murni dan nikmati teh Anda.
  • Sebagai alternatif, tambahkan 2 sendok teh air perasan jahe dan 1 sendok teh madu ke secangkir air hangat. Minumlah sekali atau dua kali sehari.
  • Untuk memperbaiki pencernaan, kunyah sepotong kecil jahe setelah selesai makan.

Makanan Probiotik

Makanan probiotik membantu menjaga sistem pencernaan Anda tetap sehat dan berfungsi secara efisien. Probiotik mengandung strain Lactobacillus dan Bifidobacteria (bakteri baik) yang membantu mengembalikan keseimbangan alami bakteri usus Anda. Mereka dapat membantu mengobati dan mencegah masalah pencernaan seperti diare, perut kembung, flatulence dan IBD. Sebuah studi 2010 yang diterbitkan dalam jurnal Therapeutic Advances in Gastroenterology menyoroti khasiat probiotik, baik sebagai strain tunggal atau kombinasi probiotik, dalam mengobati beberapa masalah pencernaan.

Beberapa makanan probiotik terbaik diantaranya adalah yogurt Yunani, kefir, miso, sauerkraut, kimchi, tempe, buttermilk dan acar asam. Anda bahkan bisa mengkonsumsi suplemen probiotik, tapi hanya setelah berkonsultasi dengan dokter Anda.

Peppermint

Herb peppermint juga membantu pencernaan dan mencegah gangguan pencernaan. Sifat karminatif, antispasmodik dan anti-inflamasinya membantu mengobati gas, kembung, kram usus serta mual dan muntah. Selain itu, membantu menenangkan sistem pencernaan yang tidak nyaman dan mempercepat penyembuhan.

Sebuah penelitian tahun 2007 yang dipublikasikan di jurnal Digestive and Liver Diseases menunjukkan bahwa ramuan ini membantu memperbaiki gejala perut pada orang-orang yang menderita IBS. Ia bahkan dapat mengobati gejala yang serupa seperti intoleransi laktosa atau penyakit celiac.

  • Minumlah teh peppermint satu atau dua kali sehari. Untuk membuat teh, tambahkan 1 sendok teh daun peppermint kering ke dalam secangkir air panas. Tutup dan leramkan selama 10 menit. Saring dan minumlah.
  • Makanlah daun peppermint segar setiap hari dengan menaburkannya ke dalam makanan Anda atau menambahkannya ke dalam
  • Pilihan lainnya adalah meminum kapsul berisi minyak peppermint enterik 3 atau 4 kali sehari selama beberapa minggu.

*Lanjutannya, klik page 2 yang ada di bawah

Page: 1 2