Ramuan Alami Untuk Mengatasi Mulut Kering

by Ummi on December 24, 2016

Mulut kering, yang dalam istilah medis dikenal dengan istilah Xerostomia, sangat sering dialami oleh banyak orang. Kekeringan di mulut bisa disebabkan oleha adanya perubahan dalam komposisi air liur atau berkurangnya aliran air liur. Mulut kering seringkali merupakan gejala dari kelenjar air liur yang tidak bekerja dengan normal, karena hal itu sering dikaitkan dengan proses penuaan, dehidrasi, stress, kegelisahan, mengorok, depresi, merokok atau minuman beralkohol. Wanita hamil atau menyusui juga mungkin mengelami kondisi mulut kering akibat dehidrasi dan perubahan hormonal yang mereka alami selama masa kehamilan dan menyusui.

Mulut kering juga bisa menjadi efek samping dari beberapa jenis obat-obatan dari pengobatan yang digunakan untuk merawat depresi, nyeri saraf (neuropathy), dan kegelisahan, begitu juga dengan obat-obatan antihesthamin, decongestant, pelentur otot, dan obat pereda nyeri. Penyebab lain yang mungkin, meliputi kemoterapi, terapi radiasi, diabetes, kerusakan saraf, dan penyakit autoimun.

Beberapa gejala mulut kering diantaranya meliputi air liur yag terasa kental dan berserabut, perasaan kering di mulut, lidah terasa kasar, haus yang berlebihan, luka di mulut, bau mulut, hilangnya rasa, bibir pecah-pecah dan kesulitan mengunyah, berbicara atau menelan.

Mulut kering bisa sangat menjengkelkan, terutama karena perasaan lengket di mulut. Orang kadang-kadang menyebut ini sebagai seolah memiliki ” mulut kapas”. Masalah ini dapat dengan mudah diobati dengan perubahan gaya hidup sederhana dan pengobatan rumahan. Pastikan kamu mengikuti pengobatan dengan menggunakan ramuan alami berikut ini setiap hari sampai gejala hilang :

Tingkatkan asupan cairan

Dehidrasi adalah salah satu penyebab paling umum dibalik mulut kering. Jadi, hal terbaik yang bisa kamu lakukan adalah dengan meningkatkan asupan carianmu untuk menjaga tubuhmu tetap terhidrasi. Hidrasi yang mencukupi akan membuat tubuhmu lebih mudah untuk memproduksi lebih banyak air liur dan membantu menyingkirkan gejala dari mulut kering. Berikut adalah langkah-langkah yang bisa kamu ambil untuk meningkatkan asupan cairan :

  • Konsumsi sejumlah air putih yang memadai sepanjang hari (8 gelas sehari). Jika kamu tidak suka air putih, kamu bisa meminum air berperisa (flavoured water atau mengunyah es batu).
  • Minum smoothies, jus buah, atau jus sayuran.
  • Makanlah buah-buahan yang mengandung banyak air seperti semangka, nanas, dan mentimun.
  • Minumlah 1-2 gelas air kelapa muda setiap hari.
  • Minum teh herbal seperti the hijau, the chamomile, dan yang lainnya.
  • Makanalah makanan yang lembut dan berkuah seperti sup dan stew.
  • Hindari minuman yang berkafein, soda, dan minuman beralkohol karena mereka akan semakin memperparah dehidrasi.

Cabai rawit

Cabai rawit dapat merangsang produksi air liur, membuatnya menjadi salah satu solusi terbaik untuk mulut kering. Selain itu, akan membantu meningkatkan selera sehingga kamu dapat lebih membedakan mana rasa asam, manis, asin dan pahit.

  • Tempelkan sedikit bubuk cabai rawit pada jari yang basah, kemudian gosokkan di sekitar lidahmu. Hal ini dapat menyebabkan sensasi terbakar selama beberapa waktu, tetapi akan merangsang kelenjar ludahmu.
  • Juga, taburi bubuk cabe ke dalam sup, salad dan hidangan makananmu yang lain.
  • Atau, kamu dapat mengambil kapsul cabai rawit setelah berkonsultasi dengan dokter.

Oil pulling

Oil pulling, adalah praktek pengobatan Ayurvedik kuno yang membantu menjaga mulutmu tetap lembab dan sangat membantu dalam mengatasi mulut kering. Oil pulling juga sangat bermanfaat dalam mempertahankan kesehatan mulut dan menyingkirkan bau nafas tak sedap. Oil pulling dapat kamu lakukan dengan menggunakan minyak kelapa, minyak wijen, atau minyak sayuran yang lain.

  • Masukkan 1 sdm minyak kelapa extra virgin ke dalam mulutmu.
  • Desirkan minyak ke sekitar mulutmu secara merata selama sekitar 15 menit.
  • Keluarkan minyaknya dan bilas mulutmu dengan air hangat.
  • Lalu sikat gigimu seperti biasanya.
  • Ulangi prosesnya setiap hari, di pagi hari sebelum kamu makan makanan apapun.

Catatan : jangan sampai kamu menelan minyaknya.

Lidah buaya

Lidah buaya merupakan ramuan zaman dahulu untuk mengobati mulut kering. Selain itu, lidah buaya juga membantu melindungi jaringan yang sensitif di mulut dan meningkatkan indra pengecap.

  • Minumlah ΒΌ cangkir jus lidah buaya setiap hari untuk menyembuhkan mulut kering.
  • Kamu juga bisa membilas mulutmu dengan jus lidah buaya beberapa kali sehari.
  • Alternatif lainnya, oleskan gel lidah buaya langsung ke sekitar mulutmu menggunakan kain kapas. Biarkan tetap di sana selama beberapa menit lalu bilas mulutmu dengan air dingin. Lakukan hal ini 2-3 kali sehari.

Lemon

Jus lemon bisa merangsang produksi air liur dan meredakan mulut kering. Plus, sifat asam alaminya dapat membantu membersihkan mulutmu dan menghilangkan bau mulut.

  • Tambahkan air perasan dari setengah buah lemon dan sedikit madu ke dalam segelas air. Seruputlah air ini selama seharian untuk menjagamu tetap terhidrasi.
  • Kamu juga bisa menaburkan sedikit garam ke atas seiris lemon. Gosokkan ke lidahmu untuk meningkatkan indra pengecapmu.