Ramuan Alami Untuk Mengatasi Ruam Kulit

by Ummi on May 3, 2017

Ruam pada kulit biasanya ditandai dengan kulit merah dan gatal, sering disertai benjolan kecil atau perubahan warna, penampilan atau tekstur kulit yang lainnya. Mereka mungkin bisa muncul pada bagian tubuh manapun atau disebarkan secara luas pada sebagian besar kulit. Masalah kecil namun menjengkelkan ini sering disebabkan oleh beragam masalah seperti eksim, psoriasis, alergi, gigitan serangga, tungau, jerawat, keringat berlebih, atau kontak dengan tanaman beracun tertentu seperti poison ivy atau ek. Sabun, deterjen, shampo atau kosmetik yang tidak sesuai dengan kulit juga bisa menyebabkan ruam kulit.

obat ruam

Ruam mungkin juga merupakan gejala dari infeksi jamur, bakteri, atau virus tertentu. Jika kamu mengalami ruam yang tidak membaik atau hilang dalam beberapa hari setelah menggunakan ramuan alami ini, maka kamu harus berkonsultasi dengan doktermu. Berikut adalah ramuan alami untuk mengatasi ruam kulit :

Minyak zaitun

Minyak zaitun extra virgin bisa bekerja sebagai pelembab kulit yang bagus, yang akan menyembuhkan ruam dan mempromosikan peremajaan kulit karena kaya akan vitamin E dan antioksidan. Minyak zaitun juga akan menenangkan kulitmu dan mengurangi rasa gatal

  • Cukup gosokkan extra virgin olive oil atau kombinasi dari minyak zaitun dan madu dengan takaran yang sama pada ruam selama beberapa kali setiap hari sampai sembuh sepenuhnya.
  • Aternatif lain, kamu bisa menambahkan sedikit bubuk kunyit ke minyak zaitun dan terapkan dua atau tiga kali sehari selama beberapa hari. Dikemas dengan khasiat antibakteri dan antiinflamasi, kunyit akan menenangkan ruam dan melegakan rasa gatal.

Selain minyak zaitun, kamu juga bisa menggunakan minyak kelapa atau minyak jarak untuk menyembuhkan ruam, kombinasi dari minyak vitamin E dan minyak hati ikan cod juga merupakan ramuan populer lain untuk mengobati ruam.

Baking soda

Baking soda membantu mengeringkan ruam kulit. Plus, ini mengurangi gatal dan pembengkakan yang terkait dengan ruam.

  • Tambahkan satu bagian baking soda ke dalam tiga bagian air. Oleskan campuran ini di area yang terkena ruam. Biarkan selama beberapa menit sebelum membilasnya. Lakukan ini setiap hari selama beberapa hari.
  • Kamu juga bisa mencampur baking soda dengan beberapa minyak kelapa untuk membuat pasta dan menerapkannya pada ruam. Biarkan selama sekitar lima menit dan kemudian bilas. Ulangi ini satu atau dua kali sehari sampai kamu melihat perbaikan.

Catatan: Jangan membiarkan baking soda di kulit terlalu lama karena bisa menyebabkan iritasi lebih lanjut.

Oatmeal

Oatmeal sangat bagus untuk mengurangi iritasi dan peradangan kulit karena sifat menenangkan dan anti-inflamasinya. Ini sangat baik untuk ruam yang disebabkan oleh poison ivy, eksim, sengatan matahari, cacar air dan alergi.

  • Giling oatmeal dalam blender, food processor atau coffee grinder. Campurkan satu cangkir oatmeal halus ini di bak mandi air hangat. Berendamlah di dalamnya setidaknya selama 15 atau 20 menit. Lakukan ini setiap hari sampai ruam hilang.
  • Sebagai alternatif, kombinasikan satu setengah cangkir oatmeal, seperempat cangkir susu bubuk dan dua sendok teh madu. Masukkan campuran ini ke dalam kain muslin, kencangkan dengan tali, pita atau karet gelang, dan letakkan di bak mandi yang berisi air hangat. Berendamlah dalam air mandi susu ini setidaknya selama 15 menit. Terakhir, keringkan tubuhmu dan lembabkan kulitmu. Ulangi setiap hari selama beberapa hari.
  • Untuk ruam di wajah, oleskan pasta tebal dari campuran oatmeal dan yogurt tawar dicampur dengan sedikit madu. Biarkan selama sekitar setengah jam sebelum dicuci. Lakukan ini setiap hari sampai kamu melihat perbaikan.

Lidah buaya

Karena sifat anti-inflamasi, emolien, antibakteri dan antijamurnya, lidah buaya sangat baik untuk mengobati sejumlah penyakit kulit termasuk ruam. Selain menyembuhkan, lidah buaya juga menenangkan kulit, mengurangi rasa gatal dan mengurangi kemerahan.

  1. Ekstrak gel lidah buaya segar dari daun lidah buaya.
  2. Terapkan pada area yang terkena ruam.
  3. Biarkan selama setidaknya 20 menit, lalu bilas.

Lakukan ini setidaknya tiga kali sehari sampai ruam sembuh. Jika kamu tidak memiliki gel aloe vera segar, maka kamu bisa membeli gel atau ekstrak lidah buaya siap pakai di toko kesehatan terdekat.

Kompres dingin

Kompres dingin bisa bermanfaat dalam mengurangi ruam, terutama yang disebabkan oleh panas, gigitan serangga, poison ivy dan herpes zoster. Perawatan ini membantu meredakan gatal, bengkak dan peradangan, dan bisa sangat berguna jika ruam mulai berkembang menjadi lecet.

  • Masukkan es batu ke dalam kantong plastik tertutup dan letakkan di area yang terkena dampak selama beberapa menit. Ulangi beberapa kali sehari selama beberapa hari.
  • Sebagai alternatif, kamu bisa dengan mudah merendam kain lap bersih di air dingin dan meletakkannya di ruam selama sekitar 10 menit.

Catatan: Jangan menaruh es batu secara langsung pada kulit.

Cuka sari apel

Cuka sari apel mentah dan organik adalah obat rumahan yang sangat baik untuk mengobati ruam kulit dan menenangkan gatal. Selain itu, kandungan asam asetatnya membantu melawan infeksi kulit yang bisa menyebabkan atau memperparah masalah.

  1. Celupkan bola kapas ke cuka sari apel dan letakkan di daerah yang terkena.
  2. Biarkan selama beberapa menit, lalu lepaskan bola kapas.
  3. Lakukan ini beberapa kali sehari selama beberapa hari atau sampai ruam hilang.

Catatan: Jika cuka sari apel menyebabkan iritasi, cobalah mengencerkannya dengan air sebelum mengaplikasikannya. Jika iritasi berlanjut, maka coba obat alami yang lain.

Chamomile

Chamomile adalah obat lain yang berguna untuk ruam. Chamomile akan menenangkan kulit, mengurangi rasa gatal, mengurangi peradangan dan meningkatkan penyembuhan karena sifat anti-iritasi dan anti-inflamasinya. Plus, ia memiliki efek antibakteri, antijamur dan antivirus.

  • Rendam kain lap bersih ke dalam teh chamomile dan letakkan di area yang terkena dampak sebagai kompres. Biarkan selama 10 sampai 15 menit. Lakukan ini setidaknya dua atau tiga kali sehari selama beberapa hari.
  • Kamu juga bisa menggunakan minyak esensial chamomile dengan mengencerkan beberapa tetes dalam dua sendok teh minyak kelapa atau minyak carrier Aplikasikan beberapa kali sehari sampai ruam hilang.