Ramuan Alami Untuk Mengatasi Telapak Tangan & Kaki Berkeringat

by Ummi on September 14, 2016

Apakah kamu takut untuk menjabat tangan seseorang karena telapak tanganmu berkeringat? Atau kamu malu akibat telapak kakimu bau karena keringat yang berlebih ? tenang saja, kamu tidak sendiri. Banyak orang yang ternyata juga mengalami telapak tangan & kaki yang berkeringat.

Keringat berlebih yang ada di telapak tangan & kaki terjadi ketika kamu berkeringat lebih banyak dari yang kamu harapkan akibat suhu sekitar atau tingkat aktivitasmu atau stress. Dalam istilah kedokteran, kondisi ini disebut dengan hyperhidrosis. Kondisi ini bisa mempengaruhi setiap anggota tubuh manapun, namun area yang paling umum terkena adalah telapak tangan, telapak kaki, ketiak, dan wajah. Kondisi tersebut juga seringkali dikaitkn dengan riwayat genetik karena sebagian besar pasien ternyata juga memiliki saudara atau orang tua yang menderita kondisi yang sama.

Penyebab mendasar dari keringat berlebih adalah overaktifitas dari saraf yang memicu kelenjar keringat. Ini bisa dipicu oleh beberapa jenis obat tertentu, obesitas, menopause, gula darah rendah, thyroid yang over aktif, atau penyakit infeksi seperti malaria atau TBC. Bahkan kekurangan gizi begitu juga diet dan gaya hidup  yang tak sehat juga bisa berkontribusi pada keringat berlebih. Berikut adalah ramuan alami untuk mengatasi telapak tangan & kaki yang berkeringat :

Cuka sari apel

Salah satu ramuan alami paling efektif untuk mengatasi telapak tangan & kaki yang berkeringat adalah cuka sari apel. Ramuan ini memiliki khasiat astringent alami yang membantu mengendalikan keringat berlebih dengan cara menjaga pori-pori kulit tetap rapat. Juga, saat dikonsumsi secara internal (dari dalam), cuka sari apel juga dapat membantu menyeimbangkan kadar pH tubuh. Plus, cuka sari apel juga membantu meningkatkan metabolisme tubuh untuk melawan obesitas, salah satu alasan dibalik hyperhidrosis.

  • Bilas area yang paling banyak berleringat menggunakan air hangat-hangat kuku. Lalu, gunakan bola kapas untuk mengoleskan cuka sari apel murni dan mentah ke area tersebut. Biarkan selama semalaman. Jika kulitmu sensitif, maka campur cuka sari apel dengan air dalam jumlah yang sama lalu oleskan.
  • Kamu juga bisa menambahkan 1 atau 2 sendok makan cuka sari apel dan sedikit madu ke dalam segelas air hangat dan minum sebanyak dua kali sehari.

Jus lemon

Lemon adalah ramuan alami lain yang sederhana dan mudah tersedia untuk mengobati telapak tangan  kaki yang berkeringat. Jus lemon akan bekerja sebagai deodorant alami. Selain itu, lemon juga membantu menyingkirkan bakteri dan menjagamu tetap berbau harum dan segar.

  • Peras jus dari satu buah lemon segar kedalam 1 sendok teh baking soda dan campur hingga membentuk pasta yang lembut. Oleskan pada area dimana kamu berkeringat paling parah. Tunggu 10 menit, lalu bilas pastanya. Ulangi satu kali sehari.
  • Alternatif lain, tambahkan jus dari 1 buah lemon ke dalam segelas air. Celupkan kain lap ke dalamnya, dan gosok-gosokkan ke setubuh. Biarkan selama 20 menit, lalu mandilah. Lakukan ini satu kali sehari.
  • Cara lain adalah taburkan sedikit garam ke atas irisan lemon dan secara perlahan gosokkan pada area yang terdampak hingga kering. Ramuan ini akan memperlambat aktifitas kelenjar keringat.

Catatan : jangan terburu-buru pergi ke luar ruangan setelah menggunakan jus lemon, karena untuk sementara waktu, lemon akan menyebabkan kulit menjadi lebih sensitive terhadap sinar UV.

Tomat

Khasiat mendinginkan dan astringent dari tomat juga bisa membantu mengendalikan masalah telapak tangan & kaki berkeringat. Sebagai astringent alami, tomat membantu menciutkan pori-pori dan memblokir saluran yang mengeluarkan keringat. Bahkan meminum jus tomat bisa membantu menurunkan suhu tubuh, yang pada gilirannya akan mengurangi keringat.

  • Cukup potong-potong tomat dengan ukuran sedang, dan gosokkan ke atas area tubuhmu yang mengalami keringat berlebih.
  • Alternative lain, oleskan ekstrak jus tomat segar pada bagian tubuh yang berkeringat dan biarkan selama 10-15 menit. Lalu bilas dengan air hangat. Lakukan satu kali sehari.

Teh hitam

Teh hitam yang biasanya kamu minum di pagi hari juga bisa menjadi ramuan efektif untuk hyperhidrosis. Teh hitam kaya akan tannin yang memiliki kulaitas astringent. Ini berarti bisa efektif untuk menghalangi pori-pori dan mencegah keringat berlebih untuk merembes keluar.

Disamping itu, tannin juga membantu menjaga suhu tubuh tetap dingin, sehingga mengurangi  keringat berlebih.

  • Genggam kantung teh hitam celup yang lembek di telapak tanganmu selama 5 menit. Lakukan 2 atau 3 kali sehari.
  • Alternative lain, buatlah semangkuk besar seduhan teh hitam ringan menggunakan kantung teh celup bekas. Biarkan dingin, lalu rendam kaki atau tanganmu ke dalamnya selama 30 menit, dua kali sehari.