≡ Menu
werno-werno.com

Ramuan Alami Untuk Mengobati Batu Ginjal

Batu ginjal atau kencing batu bisa menjadi kondisi kesehatan yang sangat menyakitkan dan mengganggu. Jika kamu belum pernah menderita penyakit ini, maka kamu bisa menganggap dirimu beruntung. Meski begitu, deposit mineral yang keras dan berukuran kecil yang menumpuk di ginjalmu ini bukanlah sesuatu yang bisa dianggap enteng. Batu ini terbentuk ketika ginjal menjadi terlalu terkonsentrasi, membiarkan mineral yang ada di urin mengkristal dan terikat satu sama lain. Hal ini bisa terjadi ketika ginjal tidak berfungsi dengan benar, atau kamu mengalami dehidrasi.

Ada banyak sekali jenis batu ginjal, tergantung pada penyebab penumpukan mineralnya (apakah itu kalsium, asam urat, struvite, atau batu cystine). Mengetahui dri mana batu itu terbentuk, bisa membantu mengarahkan strategi perawatanmu dan mengira-ngira perubahan gaya hidup mana yang harus dibuat.

Efek yang paling menonjol dari batu ginjal adalah nyeri di bagian punggung dan samping tubuh, di ruang di bawah tulang rusuk, tapi itu akan menyebar menjadi nyeri di pangkal paha dan perut bagian bawah, sering datang dalam gelombang, terutama saat buang air kecil. Seringkali, batu ginjal akan menyebabkan dorongan untuk buang air kecil sangat sering, tetapi hanya sejumlah kecil urin akan diproduksi, dan proses ini sering menyakitkan, dengan urin menjadi berwarna keruh, merah muda, merah atau coklat, disertai dengan bau busuk.

Meskipun ada pengobatan resmi dari dokter untuk mengobati batu ginjal, kamu juga bisa mencoba ramuan alami rumahan berikut ini :

Minum lebih banyak air

Salah satu penyebab paling dasar dari batu ginjal adalah dehidrasi. Sejatinya, saat tidak ada cukup air di dalam tubuh, maka urin menjadi lebih terkonsentrasi dengan mineral dan zat lain yang biasanya dihilangkan urin. Berhubung mineral ini mengalami kalsifikasi dan terikat bersama-sama, mereka membentuk batu yang akan lebih sulit untuk bergerak melalui ureter. Dengan minum air dalam jumlah besar, dapat membantu menyiram ginjal dan memecah beberapa dari batu ginjal yang telah terbentuk, atau setidaknya membuat proses lewatnya batu menjadi tidak terlalu menyakitkan.

Jus delima

Bisa dibilang solusi terbaik yang berbasis buah untuk batu ginjal adalah penggunaan delima – baik biji maupun jusnya. Antioksidan dan sifat astringent alami buah ini dapat membantu untuk memecah batu ginjal ketika nutrisi tersebut mencapai ginjal, dan mencegah tingkat oksalat yang tinggi dalam tubuh. Meminum satu gelas jus delima setiap hari semestinya menjadi tindakan pencegahan yang baik untuk pengembangan batu ginjal.

Semangka

Orang-orang sering lupa bahwa semangka bukan hanya sekedar camilan musim panas lezat, tetapi juga makanan kesehatan dengan kandungan kalium tinggi yang dapat membantu melawan batu ginjal, terutama yang terbentuk dari magnesium dan kalsium fosfat. Kalium merupakan bagian integral untuk menurunkan kadar asam dalam urin, yang dapat mencegah perkembangan batu-batu ini. Selanjutnya, semangka hampir seluruhnya terbuat dari air, yang membuatnya menjadi buah yang bagus untuk hidrasi!

Kacang merah

Meskipun penamaan kacang merah yang juga disebut dengan kidney bean, didasarkan pada bentuk mereka, mereka juga kebetulan menjadi kacang yang sangat baik untuk batu ginjal. Semua kacang-kacangan, pada kenyataannya memiliki tingkat serat tidak larut yang tinggi, yang dapat mengikat kalsium dalam tinja, daripada membiarkannya masuk ke dalam sistem kemih. Dengan tingkat kalsium yang lebih rendah dalam urin, itu akan lebih sulit bagi batu ginjal untuk terbentuk. Makanan lain yang kaya serat larut termasuk jagung, terong, kacang polong, bawang merah dan bawang putih.

Hindari makanan asin

Kamu pasti tahu, jika tingginya kadar garam dalam tubuh bisa menyebabkan retensi air, menyebabkan kembung dan edema (bengkak di beberapa bagian tubuh). Hal ini juga berarti bahwa air tidak bisa melewati ginjal menuju ke kandung kemih, sehingga menjadikan urin terlalu terkonsentrasi. Dengan mengurangi makanan asin, kamu memiliki peluang lebih besar untuk menghindari pembentukan batu ginjal.

Magnesium

Salah satu ciri umum di kalangan penderita batu ginjal adalah kekurangan magnesium. Bahkan, penelitian menunjukkan bahwa meminum suplemen magnesium bisa menyembuhkan lebih dari 90 % kasus batu ginjal. Beberapa makanan yang memiliki kandungan magnesium tertinggi meliputi bayam, kacang tanah, buncis, alpukat, yogurt, dan coklat pekat.

Cuka sari apel

Sifat astringent yang sangat tinggi dari cuka sari apel, dapat membuat batu ginjal lebih sulit untuk terbentuk. Cuka sari apel membantu melarutkan batu ginjal dan juga memiliki efek alkalinasi pada darah dan urin, sehingga penggunaan cuka sari apel secara rutin merupakan langkah pencegahan yang bagus untuk kondisi ini, terutama jika kamu berada pada resiko tinggi.

Kemangi

Ramuan alami kuno ini telah lama dianggap sebagai tonik ampuh untuk batu ginjal, terutama bagi deposisi mineral, yang membantu mengusir material ini dari ginjal pada awal pembentukannya, sehingga ukurannya menjadi lebih kecil dan tidak terlalu menyakitkan saat melewati ureter.

0 comments… add one

Leave a Comment