Ramuan Alami Untuk Mengobati Gatal-gatal

by Ummi on September 2, 2017

Rasa gatal bisa menjadi lebih dari sekedar gangguan kecil. Hal ini dapat menyebabkan banyak ketidaknyamanan dan bahkan bisa menjadi gangguan serius. Kulitmu bisa terasa gatal karena berbagai alasan. Misalnya, kamu mungkin telah menyentuh sejenis tanaman tertentu yang memicu gatal, seperti jelatng atau poison ivy. Psoriasis juga merupakan kondisi umum yang menyebabkan kulit bersisik, kering karena penumpukan sel kulit. Alergi, gigitan serangga, atau proses penyembuhan dari luka bakar atau tergores juga bisa menyebabkan kamu merasa gatal.
Baca terus beberapa tips dibawah ini tentang cara menyembuhkan gatal secarar alami :

obat alami untuk gatal

Oatmeal

Oatmeal mengandung senyawa yang disebut avenanthramides yang mengurangi peradangan. Ini adalah trik populer yang sudah ada sejak lama; Ini juga biasa digunakan untuk mengobati gatal akibat terkena poison ivy dan eksim. Anda bisa menambahkan oatmeal ke bak mandi, atau membuat tapal oatmeal.

Cara menggunakannya : Untuk membuat tapal oatmeal, tambahkan sedikit air ke secangkir atau semangkuk oatmeal polos, organik, dan tidak dimasak, lalu biarkan selama beberapa menit sampai mencapai konsistensi seperti pasta. Oleskan pasta ke area gatal sesuai kebutuhan.

Lidah buaya

Lidah buaya bagus untuk setiap jenis iritasi kulit. Lidah buaya mungkin paling terkenal karena kemampuannya menyembuhkan sengatan matahari, tapi sangat serbaguna karena juga bias untuk menenangkan kulit dan mengurangi pembengkakan dan iritasi.

Cara menggunakannya: ambil satu daun dari tanaman, dan potong daunnya memanjang dari atas ke bawah dengan pisau. Ambil gel atau lendir yang ada didalamnya, dan gosokkan langsung ke kulit yang teriritasi. Jika kamu memiliki sisa gel tambahan, kamu dapat menyimpannya di kulkas dalam wadah kedap udara selama seminggu.

Daun kemangi segar

Daun kemangi mengandung senyawa anti gatal yang disebut kamper dan timol. Ini adalah trik praktis untuk mengonbati gigitan serangga, karena sangat cepat dan mudah. Plus, menggosokkan daun kemangi ke kulit akan melegakan dorongan kompulsif untuk menggaruk.

Cara menggunakannya: Lumatkan daun kemangi dan gosok langsung ke kulit yang gatal.

Cuka sari apel

Cuka sari apel adalah agen antiseptik, anti jamur dan anti bakteri yang efektif yang dapat mengurangi rasa gatal, terutama gatal yang berhubungan dengan kulit kering (misalnya: sengatan matahari dan ketombe). Ini juga populer digunakan untuk hewan peliharaan dengan kulit kering dan gatal juga, dengan menambahkan beberapa cup ke air mandi mereka.

Cara menggunakannya: Tuang berberapa tetes cuka sari apel ke atas bola kapas atau kain lap dan oleskan ke area yang terkena gatal. Gunakan cuka sari apel yang mentah, organik, tanpa filter (Bragg’s adalah merek yang bagus).

Baking soda

Gatal yang terbatas pada area kecil bisa diatur dengan baking soda. Yang perlu kamu lakukan adalah menambahkan 1 bagian air ke tiga bagian baking soda untuk membuat pasta; lalu oleskan pasta ini ke area gatal. Namun, jangan gunakan obat ini jika kulitnya pecah. Jika gatal itu menyebar ke seluruh tubuh, tambahkan secangkir baking soda ke bak yang berisi air suam-suam kuku dan berendamlah di dalamnya selama setengah jam; lalu keringkan di udara.

Minyak kelapa

Entah itu karena kulit kering atau gigitan serangga, apapun penyebab gatalnya, minyak kelapa bisa menimbulkan keajaiban. Cara terbaik untuk menggunakannya adalah menggosokkan sedikit minyak kelapa langsung ke daerah yang terkena. Jika kamu menderita gatal yang meluas di sekujur tubuh terutama pada musim dingin, maka berendamlah dalam bak air hangat suam-suam kuku; lalu keringkan dan oleskan minyak kelapa ke seluruh tubuh.

Lemon

Dengan kandungan vitamin C dan khasiat pemutih yang kaya, lemon adalah salah satu obat terbaik untuk kulit gatal. Minyak atsiri dalam lemon memiliki kemampuan untuk mematirasakan sensasi gatal dan juga baik untuk melawan peradangan. Cukup potong lemon menjadi dua dan peras sedikit jusnya di atas area gatal; biarkan kering dengan udara dan kamu akan segera merasa lega.