Ramuan Alami Untuk Obat Cacingan

by Ummi on December 30, 2016

Cacing usus adalah parasit yang hidup di dalam saluran pencernaan, terutama pada dinding usus, yang mempengaruhi orang dan organisme lainnya. Ada berbagai jenis cacing usus yang mempengaruhi orang, tapi yang paling berbahaya adalah cacing gelang, cacing kremi, cacing cambuk dan cacing pita.

Parasit masuk ke tubuh manusia melalui makanan atau air yang terkontaminasi, transmisi agen seperti nyamuk, kontak seksual dan bahkan melalui hidung dan kulit. Penyebab umum lainnya dari cacingan termasuk kebersihan yang buruk, paparan di daerah yang diketahui memiliki parasit, sistem kekebalan tubuh yang lemah dan makan daging mentah dan kurang matang.

Sebagian besar orang yang tinggal di daerah tropis dan sub-tropis sering menderita cacingan. Tapi itu juga dapat mempengaruhi orang dewasa dan anak-anak di seluruh dunia. Tergantung pada jenis cacing ususnya, seseorang mungkin mengalami gejala dan tanda-tanda cacingan yang berbeda-beda, seperti sakit perut, gas, disentri, diare, bau mulut, perasaan kelaparan yang konstan (terus menerus), tidur gelisah, gatal di sekitar dubur, anemia, kelemahan, penurunan berat badan, sering sakit kepala, demam, mual, nyeri di kaki dan gangguan gizi.

Memang ada banyak obat over-the-counter (yang dijual bebas di pasaran) dan obat resep dokter untuk cacingan yang mungkin harus kamu minum selama beberapa hari atau beberapa minggu, tergantung pada seberapa parah cacingannya. Namun, ada banyak juga perawatan alami sederhana dan mudah yang dapat diterapkan bersama dengan obat konvensional untuk menyingkirkan cacingan.

Berikut adalah beberapa ramuan alami untuk mengobati cacingan yang bisa kamu buat sendiri di rumah :

Kelapa

Kelapa adalah ramuan yang sangat efektif untuk menyingkirkan segala jenis cacing usus. Kelapa akan bertindak sebagai agen anti-parasit yang sangat kuat. Baik daging buah kelapa maupun minyak kelapa sama-sama bisa digunakan untuk mengobati cacingan.

  • Makanlah satu sendok makan kelapa parut yang disertakan pada menu sarapanmu. Setelah tiga jam, minumlah satu gelas susu hangat dengan dicampur dua sendok makan minyak jarak (castor) di dalamnya. Ulangi proses ini setiap hari sampai cacing usus menghilang. Meskipun begitu, minyak jarak tidak dianjurkan untuk individu yang menderita penyakit gastrointestinal dan anak-anak di bawah usia lima tahun.
  • Juga, makanlah 4-6 sendok makan minyak kelapa extra virgin setiap hari. Minyak ini sarat dengan trigliserida rantai menengah yang membantu mengusir parasit dari tubuh dan juga meningkatkan sistem kekebalan tubuh untuk melawan mereka.

Bawang putih

Bawang putih adalah makanan anti parasit populer yang membantu mengatasi berbagai jenis cacing usus. Bawang putih mentah memiliki sulfur yang mengandung asam amino yang merupakan anti parasit alami. Plus, khasiat antibakteri, antijamur, dan antiseptik dalam bawang putih membantu membunuh mikroba di dalam tubuh.

  • Memakan 3 siung bawang putih mentah dalam kondisi perut masih kosong setiap hari selama satu minggu adalah salah satu cara termudah untuk menyingkirkan segala macam jenis cacing usus.
  • Alternatif lain, kamu bisa merebus dua suing bawang putih yang sudah dilumatkan di dalam setengah cangkir susu dan minumlah dalam kondisi perut kosong. Lakukan hal ini selama sekitar satu minggu.

Pepaya muda

Pepaya muda telah digunakan secara luas dalam pengobatan Ayurveda untuk mengobati berbagai macam penyakit, termasuk cacingan. Getah dari buah pepaya muda kaya akan enzim papain, yang memiliki khasiat anthelmintik (obat cacing) yang secara efektif bisa membantu memusnahkan cacing usus.

  • Campur satu sendok makan dari masing-masing jus pepaya muda dan madu dengan 3-4 sendok makan air panas. Minumlah ramuan ini di pagi hari saat perut masih kosong. Setelah dua jam, segera susuli dengan minum segelas susu hangat yang dicampur dengan dua sendok makan minyak castor di dalamnya. Lakukan perawatan ini selama dua atau tiga hari. Saat menggunakan ramuan ini untuk mengobati cacingan pada anak-anak, maka kurangi dosisnya separuh.
  • Kamu juga bisa menggiling biji buah pepaya muda untuk dijadikan bubuk. Campur dua sendok makan bubuk biji papaya muda ini dengan segalas susu atau air hangat. Minum ramuan ini di pagi hari saat perut masih kosong selama tiga hari.
  • Selain itu, kamu juga bisa membuat smoothie dengan cara menggiling biji buah pepaya muda hingga halus, lalu tambahkan pula satu sendok makan minyak kelapa, satu cangkir santan matang, dan irisan buah pepaya, dan blender semua bahan hingga tercampur rata. Terakhir, campurkan satu sendok makan madu dan blender lagi hingga bertekstur lembut. Minum ramuan ini setiap hari di pagi hari selama setidaknya seminggu.

Kulit batang pohon delima

Kulit batang, akar, batang serta daun dari pohon delima mengandung khasiat obat cacing dan inilah mengapa delima dianggap sebagai obat yang baik untuk cacingan. Alkaloid punicine yang hadir dalam kulit pohon delima sangat beracun bagi cacing usus dan terutama cacing pita.

  1. Tambahkan sepotong kulit pohon delima berukuran dua inci ke dalam satu cangkir air.
  2. Rebus sampai menjadi setengah dari jumlah airnya.
  3. Biarkan ramuan ini dingin dan minum tiga kali sehari, dengan interval beberapa jam.
  4. Kemudian makanlah buah pencahar seperti pisang atau alpukat untuk memfasilitasi gerakan usus.
  5. Minum obat ini selama beberapa hari.

Bila menggunakan obat ini untuk anak-anak, maka kurangi dosis rebusannya menjadi sepertiga. Makan buah delima atau minum jus delima juga dapat membantu mencegah serangan cacing usus.

Wortel

Wortel kaya akan beta karoten, prekursor vitamin A yang dapat merusak telur cacing usus. Plus, vitamin C dan zinc yang hadir dalam wortel juga mendukung sistem kekebalan tubuh. Sebuah sistem kekebalan yang kuat akan melawan parasit dengan cepat.

  1. Parut dua buah wortel.
  2. Makan mereka pertama kali saat perut kosong di pagi hari.
  3. Hindari makan apa pun selama pagi hari.
  4. Lakukan hal ini setiap hari selama seminggu untuk menyingkirkan cacingan.

Biji buah labu

The University of Maryland Medical Center merekomendasikan penggunaan biji labu untuk menyingkirkan cacingan. Sebuah senyawa yang disebut cucurbitacin dalam biji labu memiliki sifat anti-parasit yang dapat melumpuhkan parasit. Hal ini pada gilirannya mencegah mereka untuk menempel  pada dinding usus dan mereka segera dikeluarkan dari tubuh.

  • Tambahkan dua sendok makan biji labu yang sudah dikupas dan dihancurkan ke dalam tiga cangkir air mendidih. Biarkan leram selama 30 menit. Biarkan hingga dingin, dan kemudian minum. Cobalah untuk berpuasa selama sehari dan minum jus plum kering yang direbus untuk membantu membersihkan usus sebelum meminum ramuan biji labu ini.
  • Campur satu sendok makan biji labu panggang dan ditumbuk dengan madu dalam jumlah yang sama. Makan ramuan ini setiap pagi dengan kondisi perut kosong selama seminggu. Kemudian sertakan pula makanan laksatif seperti pisang atau kiwi dalam sarapanmu.