≡ Menu
werno-werno.com

Ramuan Alami Untuk Obati Luka Teriris dan Tergores

Luka teriris dan luka tergores adalah beberapa jenis luka yang paling umum terjadi. Hal itu terjadi ketika lapisan luar kulit terpotong atau tergores. Luka teriris bisa menembus lebih dalam ke dalam kulit daripada luka tergores dan menyebabkan pendarahan dan rasa sakit. Hal itu bisa terjadi akibat kecelakaan saat memegang benda tajam seperti pisau atau pecahan kaca.

obat luka teriris

Luka tergores terjadi akibat gesekan pada kulit terhadap permukaan yang kasar, sehingga menyebabkan permukaan luar kulit menjadi robek. Ini biasa terjadi saat kamu terjatuh atau terserempet. Hal ini bisa menyakitkan dan mungkin sedikit berdarah. Biasanya, luka tegores akan menutupi area kulit yang lebih besar daripada luka teriris.

Sesaat setelah mendapatkan luka teriris atau tergores, segera hentikan pendarahan dengan melakukan Pertolongan Pertama untuk mengobati luka teriris. Setelah pendarahan berhenti, kamu bisa menggunakan beberapa ramuan alami berikut ini untuk mempercepat penyembuhannya  dan mencegah timbulnya infeksi:

Madu

Madu adalah obat yang telah lama terbukti ampuh untuk mengurangi luka ringan berkat adanya beberapa enzim ramah kulit dan khasiat antibakteri alaminya. Bahan ini juga membuat daerah yang terkena luka menjadi lembab, bersih dan bebas dari infeksi untuk memudahkan penyembuhan.

  1. Balurkan beberapa madu murni di daerah yang terkena luka teriris atau tergores.
  2. Balut lukanya dengan perban dan biarkan selama 1 jam.
  3. Lepaskan perban dan bilas daerah itu dengan baik dengan air.
  4. Terapkan obat ini beberapa kali sehari selama beberapa hari.

Bawang putih

Bawang putih adalah obat lama untuk penyembuhan luka dan goresan berkat sifat antibiotik dan anti-inflamasinya. Ini akan memudahkan penyembuhan dan mengurangi rasa sakit. Plus, ia memiliki senyawa antimikroba yang disebut allicin yang membantu mencegah infeksi.

• Hancurkan beberapa siung bawang putih, campurkan dengan sedikit madu, dan taruh di atas area yang terkena luka selama 5 sampai 10 menit. Angkat bawang putih dan bersihkan daerah itu dengan air hangat.
• Anda juga bisa mencampur 3 siung bawang putih cincang dalam 1 cup anggur (wine). Biarkan selama 2 sampai 3 jam, lalu saring. Oleskan larutan ke luka teriris yang sudah dibersihkanterlebih dulu  dengan baik dengan kain bersih. Ulangi salah satu dari pengobatan ini 2 kali sehari sampai kulitmu benar-benar sembuh.

Catatan: Jika bawang putih menyebabkan iritasi kulit, maka berhentilah menggunakannya.

Cuka putih

Cuka putih memiliki keasaman yang ringan berkat kandungan asam asetat yang bisa membersihkan dan mendisinfeksi luka. Plus, khasiat astringent dan antiseptiknya juga membantu dalam mencegah infeksi.

1. Campur 1 sendok makan garam ke dalam 2/3 cangkir air yang disaring sampai garam benar-benar larut.
2. Tambahkan 1 sendok teh cuka dan aduk rata.
3. Rendam bola kapas ke dalam larutan ini dan oleskan ke luka teriris yang masih baru.
4. Ulangi prosesnya setiap 2 sampai 3 jam sekali.
5. Terapkan obat ini setiap hari sampai kulitmu terlihat lebih baik.

Lidah buaya

Anda juga bisa menggunakan lidah buaya untuk mempercepat penyembuhan luka teriris dan goresan. Ini berkhasiat menenangkan, anti-inflamasi dan antibakteri, dan karenanya direkomendasikan oleh para ahli untuk memfasilitasi penyembuhan luka ringan.

1. Buka selembar daun kecil dari tanaman lidah buaya dan ekstrak gelnya.
2. Oleskan gel tersebut pada area yang terkena dan biarkan mengering dengan sendirinya.
3. Ulangi setiap beberapa jam.

Tea tree oil

Minyak tea tree memiliki khasiat antiseptik, antimikroba dan penyembuhan yang dapat membantu mengobati luka ringan dan goresan. Ini akan melawan infeksi, meningkatkan penyembuhan dan membantu menenangkan rasa sakit yang terkait.

• Campur sekitar 1/2 sendok makan minyak tea tree dalam 1 cangkir air hangat. Gunakan larutan ini untuk membilas luka teriris dan kulit di sekitarnya dua kali sehari.
• Sebagai alternatif, Anda bisa mencairkan beberapa tetes minyak tea tree dengan 1 sendok makan minyak almond atau minyak zaitun. Oleskan larutan encer ini pada area yang terkena 2 atau 3 kali sehari.

Kunyit

Kunyit adalah obat lain yang sangat berguna untuk luka ringan dan goresan karena memiliki khasiat antiseptik, anti-inflamasi dan antibakteri. Ini bisa membantu menghentikan perdarahan, mengurangi rasa sakit dan mencegah infeksi.

• Untuk menghentikan aliran darah dari luka, tempatkan sedikit bubuk kunyit di atasnya dan tekan dengan lembut.
• Untuk membantu penyembuhan, siapkan pasta dari beberapa kunyit dan cukup air dan oleskan di area yang terkena. Biarkan selama 20 menit, lalu bilas dengan air hangat. Ulangi dua kali sehari selama beberapa hari.

Gula

Asupan gula yang berlebihan mungkin berbahaya bagi tubuh Anda tapi gula pasir yang sama benar-benar dapat memberi keajaiban pada luka yang kamu alami. Ini dapat menyerap air yang ada di luka.

  • Taburkan sejumlah gula pasir di daerah yang terkena.
  • Pastikan kamu membersihkan luka tersebut dalam 15 menit kemudian.

Kantung teh celup bekas

Sebagai astringent yang ringan, kantong teh membantu menyembuhkan luka, gigitan dan goresan. Menerapkannya pada luka juga membantu menghentikan aliran darah.

0 comments… add one

Leave a Comment