≡ Menu
werno-werno.com

Ramuan Alami Untuk Obati Sakit Perut

Apakah kamu pernah merasakan perutmu serasa mau meledak bahkan sebelum kamu menyelesaikan makanmu? Atau kamu merasakan rasa sakit yang menusuk di tulang dada? Itu apakah gangguan pencernaan ataukah mulas? Memang kedua kondisi ini memiliki gejala yang hampir sama, namun keduanya adalah berbeda. Mulas (heartburn) adalah sensasi terbakar di bagian dada dan rasa asam di mulutmu yang mungkin saja disebabkan oleh memakan makanan berlemak dan asam. Namun jika kamu merasakannya berulang-ulang, bisa jadi itu adalah gejala dari kondisi lain, seperti penyakit asam lambung, atau bisa juga gejala dari gangguan pencernaan (indigestion). Gangguan pencernaan bisa disebabkan oleh memakan makanan yang kurang begitu sehat, mengkonsumsi terlalu banyak kafein, dan makan terlalu cepat.

Gangguan pencernaan juga bisa dikaitkan dengan stress, kecemasan, dan penyakit pencernaan lainnya. Selain mulas, tanda-tanda dari gangguan pencernaan meliputi gas, perut kembung, dan perut terasa penuh untuk menyelesaikan makanan. Jika lain kali perasaan ini kembali menyerangmu, maka gunakan ramuan alami berikut ini untuk mengatasinya ;

Teh peppermint

Menyeruput secangkir teh peppermint setelah makan bisa melenturkan otot perut dan meningkatkan aliran empedu, yang membantumu untuk mencerna lemak lebih cepat, mengurangi gejalanya. (Namun, jika Anda memiliki penyakit gastroesophageal reflux (asam lambung), maka kamu tidak boleh minum teh peppermint karena benar-benar bisa membuat segalanya memburuk.)

Meditasi

Jika gangguan pencernaanmu disebabkan oleh stress, latihan meditasi secara rutin dapat membantumu bersantai, yang pada gilirannya dapat menenangkan gejala sakit perutmu. Bahkan, meditasi telah dilaporkan efektif dalam mengurangi masalah pencernaan yang terkait dengan kesehatan mental.

Teh lemon

Teh lemon setelah makan juga bisa menenangkan gas dan perut kembung. Hampir sama seperti peppermint, teh lemon juga memiliki pengaruh menenangkan pada perut.

Cuka sari apel

Tampaknya ini bertentangan jika kita minum sesuatu yang asam ketika gangguan pencernaan sedang menyerang, tapi banyak orang bersumpah bahwa ini bekerja. Memang tidak ada dukungan ilmiah untuk itu, tetapi obat tradisional mengatakan segelas air hangat yang dicampur dengan percikan cuka sari apel dan satu sendok teh madu sebelum makan bisa membantu dan mencegah sakit perut yang disebabkan oleh gangguan pencernaan.

Akupuntur

Sejumlah kecil penelitian menunjukkan bahwa terapi akupuntur bisa mengurangi gejala gangguan pencernaan dengan cara menghalangi jalur yang mengirimkan sinyal rasa sakit ke otak dan dengan mengubah sekresi asam.

Teh cammomile

Meski tidak terlalu banyak diteliti oleh ilmuwan, namun pengobatan tradisional mengatakan bahwa teh cammomile bisa membantu meredakan sakit perut dan menghilangkan gas yang disebabkan oleh gangguan pencernaan.

Yogurt

Menurut Dr. Andrew Weil, makanan probiotik seperti yogurt bisa membantu meringankan pencernaan dan meningkatkan populasi bakteri baik di usus, membuatnya lebih mudah bagi tubuhmu untuk memproses makanan yang bisa saja memicu gangguan pencernaan.

0 comments… add one

Leave a Comment