Sayuran Yang Ternyata Jauh Lebih Sehat Dari Yang Kamu Kira

by Ummi on September 13, 2016

Memang, beberapa jenis sayuran telah menikmati kepopuleran dalam beberapa tahun terakhir. Sebut saja seperti brokoli, asparagus, bunga kol, dan bayam. Namun, siapa bilang kamu harus mengikuti tren yang ada agar bisa makan makanan yang sehat? Kamu akan terkejut oleh nutrisi dari beberapa jenis sayuran yang tak cukup dikenal masyarakat luas. Berikut adalah beberapa jenis sayuran yang ternyata jauh lebih sehat dari yang kamu kira selama ini :

Wortel

Warna oranye yang menyala semestinya sudah bisa memberimu petunjuk betapa hebatnya sayuran ini. Warnanya yang terang mengindikasikan tingginya level karotenoid, senyawa kuat yang telah terbukti terkait dengan pengurangan resiko dari beberapa jenis kanker dan penyakit mata.

Menurut laporan Calorie Count, 1 cup irisan wortel mengandung 50 kalori, 3 gram serat, sejumlah vitamin C yang lumayan, dan kandungan vitamin A hingga 408% dari kebutuhan harianmu. Berhubung gizi terakhir (yakni vitamin A) adalah vitamin yang larut dalam lemak, maka kamu sebaiknya juga selalu menyertakan sesuatu seperti minyak, kacang-kacangan atau alpukat bersamaan dengan sayuran ini.

Bok choy

Menjadi anggota dari keluarga sayuran crucifera(kubis-kubisan), bok choy kurang mendapatkan perhatian yang sangat banyak di kalangan masyarakat. Anggap saja bok choy sebagai senjata rahasiamu, karena, menurut Livestrong, 1 cangkir bok choy hanya mengandung 10 kalori, tetapi memberimu dosis serat dan vitamin A dan C yang baik. Studi mengindikasikan bahwa makan sayuran crucifera juga dapat membantu mencegah beberapa jenis kanker. Selain itu, harga dari bok choy juga sangat terjangkau. Sayuran ini merupakan bahan makanan pokok dalam masakan khas Cina, jadi cobalah memasaknya dengan cara di tumis atau di kukus dengan beberapa ikan. Teksturnya juga cocok untuk di grill.

Seledri

Kita biasa menggunakan seledri sebagai hiasan (garnish) atau taburan di atas berbagai jenis masaakan seperti mie, sop, atau soto. Namun kini, cobalah untuk memberikan lebih banyak cinta kepada seledri karena ternyata seledri dipenuhi dengan berbagai jenis vitamin dan mineral, termasuk sejumlah asam folat yang lumayan. Jenis vitamin B ini sudah lama dikabarkan sebagai nutrisi yang penting bagi ibu hamil. Disamping itu, salah satu meta analisis yang diterbitkan dalam Nutrition, Metabolism, and Cardiovascular Diseases tahun 2012 menemukan bahwa asupan folat yang memadai dapat mengurangi resiko penyakit jantung.

Bawang Bombay

Biasa lebih sering dianggap sebagai bumbu daripada sebuah sayuran, bawang Bombay ternyata juga sangat baik abgi kesehatanmu. Menurut studi terbaru dari British Journal of Nutrition menemukan bahwa dosis teratur dari ekstrak bawang Bombay  mampu membantu menurunkan tekanan darah bagi orang dewasa yang mengidap tekanan darah tingggi. Pemain kunci dalam bawang Bombay ini adalah quercetin, sejenis antioksidan yang bisa juga ditemukan pada the dan buah berry.

Bawang Bombay juga bagus bagi mereka yang sedang berusaha mempertahankan berat badan mereka. Menurut laporan WebMD, satu buah bawang Bombay utuh hanya mengandung 63 kalori dan banyak vitamin C.

Kentang

Ketika mereka tidak digoreng dengan minyak, kentang merupakan sayuran gudang nutrisi. Menurut Mother Nature Network, satu buah kentang ukuran sedang mengandung sekitar 100 kalori dan mengandung banyak sekali vitamin C dan B6, dan kandungan potassium yang ternyata lebih banyak dari sebuah pisang. Kamu bisa menyertakan kentang ke dalam sup, memanggangya lalu ditambahi dengan herbs dan minyak zaitun.