Sebelum membeli berlian, perhatikan dulu 5C berikut ini

by Ummi on March 21, 2014

Apakah kamu termasuk pencinta dan suka mengoleksi perhiasan, khususnya berlian? atau kamu tertarik untuk berinvestasi pada berlian? sebelum kamu memutuskan untuk membeli berlian, kamu harus berhati-hati dan teliti, salah-salah kamu bisa tertipu dengan berlian palsu atau berlian cacat dengan harga yang sangat mahal.

Tips membeli berlian yang harus kamu ketahui

Oleh karena itu, yang terpenting adalah perhatikan terlebih dahulu mengenai 5C, yakni clarity, carrat, cutting, color dan certificate. apa sajakah 5 C tersebut, berikut ini adalah penjelasannya:

  1. cutting, merupakan jenis potongan dari sebuah berlian.
  2. carrat, menentukan besar dan beratnya berlian. Misalnya dengan ukuran 0.20 carrat, maka diameter lebarnya adalah sekitar 3.8 mm. kalau misalnya 1 carrat, maka diameternya 6.5 mm.
  3. clarity, untuk menentukan kejernihan berlian. Semakin jernih berliannya, maka akan semakin mahal pula harganya. Secara sekilas, memang agak susah untuk melihat kejernihan berlian, terlebih pada berlian yang memiliki carrat/ukuran yang kecil. Pada ukuran kecil, terkadang goresan halus atau bintik halus tidak terlihat sama sekali.
  4. color, untuk menentukan warna berlian. Mulai dari colorless (tanpa warna) sampai yang berwarna. Biasanya, berlian colorless adalah yang paling mahal. Dalam berlian, ada beberapa penilaian kelompok warna yang ditandai dengan huruf. Dimulai dari huruf D yang berarti tanpa warna sama sekali (bening), hingga huruf Z yang mewakili warna kuning sekali.
  5. certificate, untuk menjamin bahwa berlian tersebut memang benar-benar asli dan berkualitas. Sertifikat ini biasanya dikeluarkan oleh badan/laboratorium yang sudah berstandar Internasional, misalnya IGI. Jadi, pastikan kalau berlian yang telah kita beli memiliki sertifikat resmi untuk memudahkan penjualan kembali.

.