≡ Menu
werno-werno.com

Sederet kegunaan cerdas dari minyak kelapa

Minyak kelapa adalah salah satu bahan alami yang serba guna dan sangat bermanfaat. Minyak ini bisa digunakn untuk berbagaitugas mulai dari mengatasi rambut kusut, ketombe hingga mengobati luka. Sebelum kamu membeli, pastikan bahwa kamu memilih minyak kelapa murni yang tidak diperkaya karena itu adalah pilihan yang paling alami dan tersehat yang tersedia. Kamu bisa membelinya di swalayan atau toko online terpercaya.

Ingin tahu kegunaan apa saja dari minyak kelapa? Simak ulasannya berikut ini :

Oil pulling

Oil pulling adalah teknik mulut kuno yang berasal dari India yang melibatkan mengumur satu sendok makan minyak kelapa ke dalam mulut selama10-20 menit. Lalu kamu melepeh minyaknya (ke tempat sampah, bukan ke sink karena itu bisa menyumbat), dan itu bertujuan untuk menarik keluar racun dan bakteri dari mulut dan tubuhmu. Lakukan oil pulling setiap hari untuk menuai manfaat terbesarnya.

Pasta gigi bautan sendiri

Pengganti pasta gigi yang cepat bisa kamu buat dengan cara mencampur minyak kelapa dengan baking soda dan beberapa tetes minyak esensial untuk tambahan cita rasa. Minyak kelapa memiliki khasiat anti jamur dan anti bakteri untuk membersihkan gigi.

Menjinakkan rambut kusut

Oleskan sedikit minyak kelapa di sepanjang ujung rambut bisa menjinakkan helai rambut yang kusut. Minyak kelapa bisa mengusir air, yang menjadi dalang dari kekusutan.

Masker rambut

Terapkan minyak kelapa ke rambut yang basah atau kering mulai dari akar rambut hingga ke ujung rambut dan diamkan selama beberapa saat. Bilas minyak kelapa di shower dan kelembaban akan dikembalikan ke rambutmu. Ini adalah salah satu kegunaan paling menakjubkan dari minyak kelapa.

Menghilangkan telur kutu rambut

Bilas rambutmu dengan cuka sari apel; kemudian oleskan minyak kelapa ke kulit kepala. Bungkus dalam rambut dengan topi mandi (sower cap), dan biarkan semalaman atau selama beberapa jam. Ambil shower cap, dan kamu akan dengan mudah menyisir telur kutu tanpa merusak rambut.

Kondisioner

Oleskan minyak kelapa ke rambut yang basah dan kemudian tidurlah. Ketika kamu sedang tidur, asam lemak yang ada di minyak kelapa akan melembutkan rambut. Memang minyak kelapa akan membuat rambutmu sedikit terlihat berminyak, namun baunya enak dan bagus untuk rambutmu.

Mengatasi ketombe

Pijatkan minyak kelapa ke kulit kepala. Minyak ini akan melembabkan rambut dan mengurangi gejala ketombe, seperti rambut gatal dan kulit kepala menyerpih.

Penghilang makeup

Gantikan makeup remover mu dengan minyak kelapa untuk menyingkirkan setumpuk mascara yang terjebak di bulu matamu. Minyak kelapa akan dengan mudah menghilangkan semua bekas-bekas makeup. Hanya saja pastikan pula untuk menghapus kelebihan minyak sehingga tidak akan mengiritasi matamu.

Pembersish kuas makeup

Buatlah pembersih kuas makeup sendiri dengan cara menggabungkan sabun antibakteri dan minyak kelapa. Kombinasi tersebut akan membersihkan dengan seksama residu dari kuas makeup dan merapikan bulu sikatnya.

Mengobati bibir pecah-pecah

Berhubung minyak kelapa akan berasa dalam kondisi semi solid pada suhu ruang, maka itu bisa menjadi konsistensi sempurna untuk sebuah lip balm.minyak kelapa secara alami mengandung SPF4 dan bisa digunakan untuk mengibati bibir pecah-pecah.

Mengobati luka

Gosokkan lapisan tipis minyak kelapa pada luka kecil, goresan, dan memar. Minyaknya akan menenangkan area tersebut dan menciptakan benteng melawan kotoran dan bakteri.

Memasak

Minyak kelapa adalah alternative yang menyehatkan untuk pengganti jenis minyak yang lain untuk menumis atau menggoreng makanan. Minyak kelapa sangat mudah untuk dicerna, cepat diserap oleh hati, dibakar untuk dijadikan bahan bakar, dan mungkin meningkatkan metabolism. Namun jangan berlebohan menggunakannya untuk memasak, karena meski manfaatnya luar biasa namun juga mengandung 130 klori untuk setiap satu sendok makannya.

0 comments… add one

Leave a Comment