Segala Hal Yang Perlu Kamu Tahu Tentang KALORI

by Ummi on April 2, 2016

Kalau kita berbicara tentang masalah diet yang sukses, tentu yang paling menjadi perhatian besar adalah urusan megurangi dan membatasi kalori. Lalu, apa kamu sudah tahu pasti, apa sih kalori itu? Mengapa kalori sangatlah penting dalam proses penurunan berat badanmu? Bagaimana kita bisa mengontrol dan menghitung setiap jumlah kalori yang kita konsumsi sehari-hari? Agar kamu bisa lebih tahu tentang kalori, berikut akan kami ulas dengan lengkap segala sesuatu yang berkaitan dengan kalori :

pengertian kalori

Apa itu kalori?

Kalori adalah ukuran bagi jumlah energi yang terdapat dalam makanan. Mengetahui berapa banyak jumlah kalori yang terdapat dalam makanan kita, bisa membantu kita untuk menyeimbangkan antara energi yang kita masukkan ke tubuh kita dengan energi yang kita gunakan. Dan itulah kunci untuk berat badan yang sehat dan ideal. Kita bisa mengukur jumlah energi yang terkandung dalam sebuah item makanan dalam hitungan kalori, seperti halnya kita bisa menghitung berat sebuah item makanan dalam hitungan kilogram.

Jika kamu sedang mencoba untuk menurunkan berat badan, maka ide bagus untuk makan dengan porsi lebih sedikit dan menjadi lebih aktif. Makan dengan porsi lebih sedikit sangat penting ketika kamu sedang berusaha untuk menguruskan badan, meskipun kamu sudah menjalani pola makan yang seimbang.

Kaitan antara kalori dan keseimbangan energi

Ketika kita makan dan minum, maka kita akan memasukkan energi (kalori) ke dalam tubuh kita. Tubuh kita kemudian menggunakan energi tersebut, dan semakin banyak aktivitas fisik yang kita lakukan, maka akan semakin banyak pula energi (kalori) yang kita gunakan.

Untuk mempertahankan agar berat badan tetap stabil, maka energi yang kita masukkan ke dalam tubuh harus sama dengan energi yang kita gunakan dengan melakukan fungsi tubuh yang normal dan aktivitas fisik. Jika ada beberapa hari dimana kita memasukkan lebih banyak energi daripada energi yang kita gunakan, maka ada kalanya pula kita melakukan kebalikannya (energi yang kita masukkan lebih sedikit dibanding energi yang dipakai), sehingga keseluruhan energi yang masuk dan energi yang digunakan masih tetap seimbang.

Lonjakan berat badan terjadi saat kita secara teratur memasukkan lebih banyak energi ke dalam tubuh kita daripada energi yang kita gunakan. Dan seiring berjalannya waktu, kelebihan energi tersebut akan disimpan dalam tubuh sebagai lemak. Penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar orang dewasa makan dan minum lebih banyak dari apa yang mereka butuhkan, dan mereka berpikir bahwa mereka lebih aktif secara fisik daripada mereka yang sebenarnya.

Memeriksa kalori dalam makanan

Mengetahui kandungan kalori dari suatu makanan, bisa menjadi alat yang berguna saat berbicara tentang meraih atau mempertahankan berat badan normal dan sehat. Hal ini bisa membantu kita terus melacak jumlah energi yang kita makan dan kita minum, dan memastikan jika kita tidak mengkonsumsinya terlalu banyak.

Kandungan kalori dari sebagian besar makanan biasa dinyatakan pada kemasan di bagian label kandungan gizi, yang biasanya sering kamu temukan di bagian belakang atau samping kemasan makanan. Informasi ini akan muncul dibagian bawah judul “Energi”. Kandungan kalori juga seringkali ditulis dengan singkatan ‘kcals’, yang merupakan singkatan dari ‘kilocalories’, dan juga ada yang di singkat ‘kJ’ yang merupakan seingkatan dari ‘kilojoules’. Dan ada juga yang ditulis dengan nama ‘kilocalories’ sebagai sebutan dari kalori.

Label gizi biasanya akan memberitahumu berapa banyak jumlah kalori yang terkandung dalam setiap 100 gram 100 ml makanan atau minuman, sehingga kamu bisa membandingkan kandungan kalori dari merek produk yang berbeda. Banyak label juga akan menyatakan jumlah kalori dalam ‘per sajian’ makanan. Namun ingat, gagasan pabrik untuk menentukan ‘per sajian’, mungkin saja tidak sama bagi pribadimu, karena ada kemungkinan ada lebih banyak kalori dalam sajian yang kamu makan untuk ukuranmu sendiri.

Kamu dapat menggunakan informasi kalori untuk menilai bagaimana makanan tertentu bisa cocok dengan asupan kalori harianmu. Sebagai panduan, laki-laki membutuhkan rata-rata 2,500kcal (10,500kJ) untuk bisa menjaga berat badannya, dan wanita rata-rata membutuhkan sekitar 2,000kcal (8,400kJ). Beberapa restoran juga ada yang menempatkan informasi kalori pada menu mereka, sehingga kamu juga dapat memeriksa kandungan kalori dari makanan ketika kamu sedang makan di luar. Kalori harus diberikan untuk per porsi atau per makanan.

Membakar kalori

Jumlah kalori yang digunakan seseorang dengan cara melakukan aktivitas fisik tertentu, bisa bervariasi, tergantung pada berbagai faktor, termasuk ukuran tubuh dan usia. Semakin berat aktivitas yang kamu lakukan, maka semakin banyak pula kalori yang akan kamu gunakan. Misalnya saja, aktivitas jalan cepat akan menggunakan lebih banyak kalori dibandingkan dengan berjalan pada kecepatan yang biasa saja.

Jika kamu mengalami kenaikan berat badan, maka biasanya itu berarti kamu secara teratur makan dan minum lebih banyak kalori daripada kalori yang kamu gunakan melalui fungsi tubuh yang normal dan aktivitas fisik. Untuk bisa menurunkan berat badan, maka kamu harus menuju ke arah yang sebaliknya. Kamu harus memulai untuk menggunakan lebih banyak energi daripada energi yang kamu konsumsi, dan lakukanlah hal ini selama periode yang berkelanjutan (tidak hanya sesaat).

Kamu bisa melakukannya dengan cara membuat perubahan menyehatkan pada pola makanmu, sehingga kamu bisa makan dan minum dengan lebih sedikit kalori. Pendekatan yang terbaik untuk menguruskan berat badan adalah dengan menggabungkan perubahan pola makan sehat dengan aktivitas fisik yang ditingkatkan.