Segala Hal Yang Perlu Kamu Tahu Tentang Mineral Makeup

by Ummi on May 22, 2016

Mineral makeup ! tentu kata itu sudah tidak asing lagi di kalangan para wanita. Penggunaan mineral makeup memang akhir-akhir ini menjadi sangat booming. Lalu, apakah kamu juga sudah tahu, apa sih sebenarnya yang dimaksud dengan mineral makeup itu? Apa manfaat dari mineral makeup? Dan bagaimana cara menerapkannya? Penasaran? Berikut ini akan kami ulas secara lengkap tentang segala hal yang perlu kamu tahu tentang mineral makeup :

Mengapa mineral makeup begitu spesial ?

Mineral makeup, dalam bentuknya yang paling murni, adalah bubuk yang terbuat dari mineral seperti besi oksida, seng oksida dan mika. Sedangkan makeup konvensional, menurut pemaparan Luci Scarman, pendiri dari perusahaan ECO Minerals, selain mengandung beberapa mineral untuk warna dan cakupannya, tetapi juga mengandung bahan tambahan (aditif), termasuk pengawet yang diperlukan untuk mengontrol pertumbuhan bakteri dan memberikan produk masa pakai yang lebih lama. Makeup konvensional juga sering mengandung bahan kimia dan dipertanyakan keamanannya.

Jika mineral sangat bagus, mengapa masih menambahkan bahan yang lain?

Mineral berkelas kosmetik dan berkualitas tinggi sangatlah mahal dan perusahaan sering berusaha berhemat pada hal ini, sehingga sebagai gantinya menggunakan pengisi murah untuk memenuhi kandungan produk. “Untuk bisa memiliki mineral makeup organik bersertifikat, maka berarti bahwa 70 persen dari bahan-bahan yang digunakan harus berasal dari sumber tanaman – misalnya, air mawar, almond atau minyak jojoba,” kata Scarman. “Ketika memilih mineral makeup, organik tidak selalu sama baiknya. Mineral tidak dibudidayakan dan karena itu tidak dapat disertifikasi organik, sehingga ketika berbicara soal kosmetik mineral, maka carilah makeup mineral yang murni (pure) daripada yang organik. ”

Manfaat mineral makeup

Tidak hanya pure mineral makeup akan terlihat cantik pada kulit, mereka juga sangat lembut, menenangkan, dan menyediakan perlindungan sinar matahari alami karena mereka akan memantulkan sinar UVA dan UVB. Mineral kosmetik yang murni memiliki kandungan SPF sekitar 25, namun masih terasa ringan dan tidak akan menyumbat pori-pori atau memperparah kulit yang sensitif atau berjerawat.

Apa yang harus di lihat saat akan membeli mineral makeup ?

Scarman menyarankan untuk mencari produk yang mengandung hanya bahan kunci utama, yakni mika, iron oxide, zinc oxide, titanium dioxide, tin oxide dan ultra marine.

“Jika kamu melihat pengisi (filller) seperti bedak atau magnesium stearat, paragons atau PEG, maka kamu tidak mendapatkan produk yang paling murni dan berkinerja tinggi serta berpotensi membuka dirimu pada paparan bahan-bahan berbahaya yang dikenal sebagai karsinogen,” katanya. “Dan pastikan untuk memilih produk yang bebas dari nanopartikel karena partikel berbahaya ini dapat diserap secara langsung melalui kulit ke dalam aliran darah dan hati. Sebuah mineral makeup sejati juga harus disertifikasi bebas kekejaman dan vegan, karena tidak perlu untuk menggunakan bahan hewani.

Bagaimana cara pengaplikasiannya?

Mineral makeup dalam bentuk bubuk diaplikasikan dengan menggunakan kuas kabuki. “Letakkan produk yang seukuran sebutir beras di ujung kuas foundationmu dan oleskan ke wajah dengan gerakan melingkar,” kata Scarman. “Untuk cakupan yang lebih merata, kamu tinggal mengulangi langkah ini. Dua atau tiga kali aplikasi kecil bisa memberikan tampilan yang lebih alami daripada hanya satu kali aplikasi besar. “Sementara produk mineral makeup murni yang dapat dibentuk, maka cara menerapkannya adalah dengan mengoleskannya sedikit demi sedikit hingga kamu mencapai akhir yang kamu inginkan -. Sedikit untuk tampilan sehari-hari atau dua atau aplikasi yang lebih banyak untuk cakupan penuh.

Apakah mineral makeup cocok untuk semua jenis kulit ?

Ya betul. Mineral makeup cocok untuk jenis kulit normal, kering, sensitif, kombinasi dan berminyak, begitu pula cocok untuk orang muda dan dewasa. “orang dengan kulit berminyak mungkin akan menyukai foundation dengan bahan sejumlah kecil kaolin clay untuk menyerap minyak dan mengendalikan kilap, sedangakan orang dewasa atau orang dengan kulit kering akan tampak cantik dengan foundation jenis flattering yang tidak memiliki kandungan kaolin clay di dalamnya.” tutur Scarman. Mineral makeup juga bagus untuk kulit sensitif, kulit yang masih muda, dan kulit yang berjerawat. Karena mineral sebenarnya memiliki pengaruh menyembuhkan dan menenangkan pada jerawat dan kondisi kulit yang lain.